Kolom Alumni

Age Regresi dalam Hypnotherapy

Oleh: Yus Santos

Seorang bapak, sebut saja Andi, berputra tiga sudah empat tahun ini merasa sangat sulit tidur. Apalagi kalau sudah lewat jam sebelas malam, bisa dipastikan Rudi selalu begadang sampai pagi. ”Bukan tidak merasa ngantuk. Ngantuk sih ngantuk tapi mata tidak pernah bisa mau dipejamkan alias pikiran melayang layang ke sana kemari”, kata pria berkacamata yang baru saja menginjak usia kepala lima.

Rudi bukan tanpa usaha, sudah ke dokter tepatnya psikiater, dan dikatakan bahwa dirinya menderita insomnia. Dari sang Psikiater Rudi mendapat beberapa macam obat. Memang dengan obat tersebut Rudi bisa terbantu tidurnya, namun begitu obatnya lupa diminum, kembali matanya tidak kunjung mau terpejam. Inilah yang membuat Rudi bingung mencari alternatif guna menyelesaikan permasalahannya. Secara tidak sengaja Rudi sampai ke klinik hypnotherapy. Singkat kata Rudi mempercayakan kasusnya melalui metode hypnotherapy. Setelah beberapa sesi pertemuan, Rudi memberikan testimoni bahwa kini dia bisa mudah tidur walau tanpa obat. Rudi dalam sesi sesi hipnoterapy dilatih untuk relaksasi dan dengan mudah bisa tidur dan selanjutnya Rudi melakukan self hipnosis untuk memudahkan tidurnya.Lewat hypnotherapy Rudi terbantu untuk menemukan akar permasalahan penghambat tidurnya, kemudian lewat metode hypnotherapy Rudi mengkonstruksi alias mereprogram pikiran bawah sadarnya guna mengatasi akar masalahnya. Dengan tuntasnya akar permasalahan yang tersimpan dalam memori pikiran bawah sadar, maka dengan mudah Rudi kembali bisa tidur normal.

Namun proses mencari penyebab utama yang menyebabkan Rudi harus terjaga terus seharian, adalah prose yang tidak sederhana. Rudi mendapatkan treatment melalui age regresi untuk mendapatkan kausa utama dari insomnianya.

Lain lagi kisah Lita, seorang pelajar SMA terkenal di Surabaya yang sejak, kelas lima SD, setiap kali Lita diajak mengunjungi sanak saudaranya yang sakit di Rumah sakit. Tiba tiba Lita merasa mual dan lemas, seiring beberapa langkah kemudian Lita langsung pingsan. Kejadian itu berulang ulang terus, hingga setelah lebih dari 5 tahun Lita merasa sangat ogak kalau diajak ke Rumah sakit. Ya kata Psikolog di sekolahnya Lita mengalami phobia rumah sakit. Betul hingga suatu saat Lita diantar kedua orang tuanya datang ke klinik saya. Saya mencari akar permasalahnnya dengan age regresi, dan setelah ketemu, beberapa prosedur hypnotherapeutic yang lain saya lakukan. Dan oops, Lita langsung saya suruh ke UGD Dr Sutomo dan sesampainya di sana meski melihat pasien yang bocor kepalanya dan mengerang erang kesakitan, Lita tertawa tawa dan menelpon saya, Mas saya sudah tidak pingsan lagi di Rumah sakit. Saya sudah sembuh. Dan terapy itu Cuma memerlukan 40 menit, berikut dengan age regresion therapynya.

Manfaat Hypnosis Medis
Dunia medis memanfaatkan hypnosis pada dasarnya adalah untuk menghilanglan rasa sakit pada pasien yang akan menjalani operasi atau yang mengalami rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Banyak dokter, perawat dan tenaga medis medis lain menggunakan teknik mati rasa untuk membantu pasien menjadi rileks dengan sangat cepat dan menghilangkan rasa sakit dengan mental anestesi.Bahkan sekarang sedang dalam tahp penelitian bagaimana penggunaan hypnotherapy untuk membantu mencegah kesakitan pada penderita kanker tahap lanjut, mempercepat pemulihan pasca stroke. Memperkuat kekebalan tubuh, dan mencegah kambuhnya asma, mencegah melebarnya penyakit diabet. Dan masih banyak lagi dalam taraf penelitian medis di sentra sentra kesehatan di US.

Dan yang marak adalah penggunaan hypnosis untuk mengurangi rasa sakit pada kelahiran atau disebut hypnobirthing.

Hypnotherapy juga berguna sebagai Terapi Psikologis, yaitu segala macam masalah yang berhubungan dengan psikis dan menyebabkan penyakit fisik atau disebut psikosomatis. Diantara penyakir psikologis yang bias disembuhkan dengan hypnotherapy adalah :

Fobia dan Trauma, Gagap (stuttering), latah, Insomnia/susah tidur, Kecanduan spt narkoba dll. Kebiasaan buruk spt merokok dll, Masalah berat badan, Kebiasaan buruk gigit kuku (knil bitting) mencabuti rambut atau hair pulling,Penyakit fisik yang berhubungan dengan emosi dan psikologis.

Regresion Therapy
Salah satu metode therapeutic yang paling popular di kalangan hypnotherapist adalah regresion therapy. Terapi regresi adalah suatu metode dalam hypnotherapy untuk membawa client kembali masuk ingatan masa lalu.

Tujuan utamanya mencari akar permasalahan yang menyebabkan sakit atau trauma di masa lalu dan menyembuhkannya. Tujuan lain adalah memberikan pandangan baru terhadap permasalahan yang telah didapat di masa lalu,sehingga klien punya cara mengantisipasi jika terjadi permasalahan di masa dating. Lewat regresi ini klien pikiran bawah sadar juga bisa di reedukasi.

Kasus kasus yang memerlukan teknik regresi adalah kasus kasus yang berhubungan dengan kejadian masa lalu seperti : phobia yang diderita sejak kecil, berat badan yang terlalu over, asthma yang sering kambuh, trauma seksual sejak kecil, awal kejadian latah. Berbagai penyimpangan seksual seperti masokis, sadistis, berbagai kecenderungan obsessive kompulsif dan masih banyak lagi.

Diperlukan Keahlian Hypnotherapist
Untuk menghantar klien masuk ke regresi masa lalu, diperlukan keahlian khusus hypnotherapistnya kenapa ? Karena dalam regresi memerlukan level kedalaman trance yang harus memadai, minimal medium bahkan hingga deep trance atau somnambulism. Ini memerlukan keahlian dan jam terbang hypnohterapist untuk memilih teknik induksi dan deepening yang secara spesifik bisa membawa klien ke level hypnotic yang diperlukan, karena kalau tidak cukup dalam level trancenya, klien tidak bisa masuk ke regresi umur.

Ada beberapa penyebab kegagalan hypnotherapist membawa ke regresi masu lalu

Kurang jelasnya pre induksi kepada klien sehingga klien tidak mampu mengenali perasaan atau emosi yang terhubung dengan kasusnya. Tidak menggunakan sugesti yang benar, hypnotherapist tidak mengenali tanda tanda kedalaman trance. Namun yang lebih parah lagi sugesti yang diberikan hypnotherapist tidak benar, ibarat memarkir kendaraan di tempat yang salah bayangkan saja bagaimana memarkir pikiran klien di tempat yang salah bisa berabe akibatnya.

Selain itu perlu mempertimbangkan bahwa klien cukup dewasa dan arif untuk masuk ke regresi masa lalu, karena kalau tidak siap terapy ini justru malah menimbulkan trauma baru.

Cara Melakukan Therapy Regresi
Awal masuk ke terapy regresi umumnya sama dengan teknik hypnosis secara umum pertama dilakukan pre induksi, yaitu suatu cara hypnotherapist menerangkan bagaimana regresi dan implikasinya. Klien harus cukup mendapat hypnotherapeutic training yaitu klien mendapat sugestibilitas induksi yang adekuat sehingga bisa masuk trance yang dalam.

Langkah berikutnya adalah melakukan induksi yaitu cara menghantar masuk ke pikiran bawah sadar klien. Induksi ada berbagai mascam, diantaranya relaksasi progresif, metode dave elman, environmental induksi dari Milton Erickson, bisa juga dengan instant induction melalui pemasangan anchor di sesi sebelumnya. Banyak hypnotherapies melakukan regresi setelah sesi pertama.

Setelah dilakukan induction maka dilakukan deepening atau pendalaman tekniknya bisa dengan turun elevator, turun tangga, turun lift, turun lorong, metode hitungan, metode bola cahaya (ball of light) metode tempat favorit. Hingga mencapai level kedalam trance tertentu. Ada berbagai skala untuk mengetahui kedalaman ini diantaranya Davis Husband, Six Aron, Cron Bordeux namun yang banyak dipakai adalah skala tradisonal yaitu level paling atas hypnoidal, lebih bawah ligh trance lebih bawah lagi medium trance , dan deep trance. Untuk regresi minimal harus bisa mencapai medium trance hingga somnambulism.

Lalu dilakukan teknik regresi , ada berbagai macam cara regresi diantaranya ada regresi dengan tahun atau kalender, regresi dengan lorong waktu, regresi gelembung kaca, regresi lorong berpintu. Sedang metode regresi ada dua cara pertama melalui somatic brigde dan affect brigde atau jembatan emosi.

Dari regresi therapist harus menemukan Initial Sensitive Event yaitu hal awal terjadinya masalah atau trauma yang didapat. Setelah itu dilakukan reedukasi pikiran bawah sadar untuk penyembuhan. Untuk reedukasi bisa digunakan berbagai teknik therapeutic yang lain seperti reframing memberikan bingkai baru terhadap permasalahan yang ada sehingga klien menghadapi masalah dengan kaca mata baru yang lebih positif. Bisa dengan cara part therapy yaitu memisalahkan part yang bermasalah dengan part yang ingin sembuh lalu kemudian mengintegrasikan kedua part sehingga mereka mempunyai cara pandang baru dan sembuh.

Kemudian dilakukan terminasi atau awakening yaitu membangkitkan dari hypnosis .Dalam awakening juga disugestikan ketika klien membuka mata nanti, akan bangun dalam keadaan sangat segar, dan sugesti ini akan menjadi realita dalam pikiran klien.

Abreaksi dan Pengamanannya
Selain itu diperlukan jam terbang tinggi untuk melakukan terapy regresi terutama untuk mencegah dan mengatasi terjadinya abreaksi. Banyak hypnotherapist yang tidak mengetahui bagaimana mengatasi abreksi.

Abreaksi adalah reaksi emosional dan bermanifestasi pada fisik yang terjadi pada klien saat dilakukan regresi. Abreaksi bisa merupakan reaksi luapan emosi saat mengalami traumatis di masa lalu yang dirasakan lagi saat regresi. Beberapa tanda bisa berteriak ketakutan, nafas terengah engah, kaku , menangis degup jantung cepat. Bagi hypnotherapist pemula abreaksi bisa membuatnya kalang kabut, namun bagi yang punya jam terbang tinggi abreaksi justru bermanfaat bagi penyembuhan klien.

Sebagai pengaman abreaksi , bisa menggunakan berbagai teknik, yaitu safety valve atau katup pengaman atau bisa disebut safe word, yaitu suatu kata yang diucapkan sebagai presupposisi untuk mengamankan klien ketika terjadi abreaksi, sehingga klien dengan mudah bisa tenang.

Cara lain dengan prayer protection , power of forgiveness dan teknik disosiasi. Jauh lebih penting adalah hypnotherapist tetap tenang dalam menghadapi abreaksi. Karenanya di Alfa Omega NLP-HYPNOCENTER dalam pelatihan hypnosis , setiap siswa dilatih untuk menangani abreaksi.

Pengalaman dengan Therapy Regresi
Adalah Ina bukan nama sebenarnya, wanita umur 39 tahun telah lama menderita phobia durian, yaitu sejak SD kelas lima. Boro boro makan durian, baru bau sebentar saja langsung mual dan lemes bahkan kalau tanpa sengaja melihat durian bisa pingsan atau semaput. Ina adalah siswa di sekolah hypnosis Alfa Omega Center. Lalu dibimbing masuk ke regresi umur, lalu dilakukan part therapy yaitu memisah Ina kecil dan Ina yang dewasa, dalam keadaan trance hypnosis dian kecil dinasehati oleh Ina besar. Awalnya Ina kecil menolah terhadap Ina besar yang menasehati bahwa durian itu enak dan biasa biasa saja, tapi Ina besar membujuk Ina kecil dan akhirnya Ina kecil setuju bahwa durian itu enak dan tak perlu takut lagi terhadap durian. Alhasil Ina sudah mengintegrasi nilai baru dan sembuh dari phobia durian hingga saat ini. Seketika di tes dengan jalan jalan di super market melihat durian, Ina sudah ketawa riang gembira , mentertawakan dirinya sendiri.

Selain Ina masih ada lagi Niken yang mengalami phobia keramaian dan selalu pingsan ketika upacara bendera, pegawai teras di lingkungan pemda jatim ini juga merasakan masuk terapi regresi untuk menghilangkan penyakitnya. Bayangkan mas sejak kelas enam SD saya selalu pingsan kalau mendengarkan aba aba komandan upacara, padahal sebagai pegawai negeri kan harus rutin apel upacara bendera, tapi bagi saya sangat menakutkan karena setiap upacara saya selal pingsan padahal ketika diperiksa dokter kesehatan fisik saya prima. Karenanya saya ikut training hypnosis di alfa omega dan seketika phobia saya terhadap keramaian dan trauma saya saat ucapara kini lenyap.

Lain lagi Rusdi bukan nama sebenarnya yang sejak kuliah di UNESA menjadi latah karena suka dikageti oleh teman temannya. Rusdi juga masuk dalan regesi umur dan bisa melenyapkan latahnya hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Dan kini pemilik sabut coklat bela diri ini dapat tenang bebas dari latah.

Ina, Niken, Rusdi, dan masih banyak lagi orang yang sembuh dari masalah masalah psikoogsis lewat terapi regresi. Regresi therapy atau hypnotherapy sangat mudah dipelajari oleh siapa saja , syaratnya belajar di tempat yang benar dengan instruktur yang berpengalaman. Dan hypnotherapy sangat ilmiah bebas dari klenik. Dan boleh dikatakan age regresi adalah pilar penting dalam hypnotherapy

Yus Santos, MMCCHt(International Certified Clinical Hypnotherapist) member American Hypnosis Association) juga merupakan hypnotherapiy trainer dan firewalking trainer, telah lebih mengajar 70 angkatan hypnotherapy workshop di seluruh Indonesia dan juga mengajar Hypnobirthing workshop.

Ikuti workshop dengan tema ”Ultimate Key of Hypnotherapy” bersama Yus Santos pada hai Rabu-Kamis, 11-12 Maret 2009 di Hotel Manara Peninsula – Jakarta. Info selengkapnya …

Telah di baca sebanyak: 1637
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *