Emmy Liana Dewi

Apa Sih Yoga Ketawa Itu?


Yoga Ketawa itu kayak apa sih? Ketawa melulu? Sambil melakukan postur-postur yoga? Pertanyaan ini banyak sekali dilontarkan oleh orang-orang yang belum pernah mengikuti sesi ‘Yoga Ketawa’.

Saya sendiri sebelum kenalan sama Yoga Ketawa tidak punya gambaran sama sekali, kecuali pasti banyak banyak ketawa kalau ikut Yoga Ketawa. Pertama kali ikut Yoga Ketawa di Santa Barbara Juli tahun 2008, ketika mengikuti Perayaan 20 tahun Capacitar International. Kesannya, wah … ger-geran. Bbagus buat intermezzo dan menyegarkan. Lalu pernah ikut Senam Ketawa yang merupakan bagian dari the Advance Meditation Program oleh the Art of Living di Bali pada bulan November 2008. Waduh … 400 orang ketawanya membahana menyaingi debur ombak di pantai Sanur. Dan diakhiri dengan sesi meditasi. Rasanya, sulit digambarkan dengan kata-kata. Plong begitu … bahkan sampai berhari-hari rasanya masih nyaman dan lega sekali.

Setelah itu saya ketagihan dan sering mempraktikkan sendiri maupun dalam presentasi relaksasi bersama peserta. Pelan-pelan, terjadi perubahan besar pada diri saya, ketawa membuat saya makin gembira dan senang. Ketawa membuat saya mudah menertawakan masalah yang tadinya bisa membuat saya uring-uringan. Ketawa membuat saya mudah melihat sisi positif orang lain daripada sisi negatifnya. Ketawa membuat saya merasa nyaman dengan diri saya sendiri. Akhirnya saya memutuskan untuk menjadi guru Yoga Ketawa dan belajar dari pendiri Yoga Ketawa langsung, yaitu Dr. Madan Kataria yang tinggal di Bangalore, India sampai saya menjadi Certified Laughter Yoga teacher.

Yoga Ketawa adalah serangkaian latihan yang unik, yang menggabungkan ketawa tanpa syarat dengan pernafasan yogis atau disebut juga Pranayama. Dalam Yoga Ketawa, semua orang bisa tertawa tanpa perlu alasan apapun, dan tanpa harus mengandalkan humor, lelucon, atau komedi. Mula-mula, ketawa disimulasikan sebagai latihan fisik, sambil tetap menjaga kontak mata dengan peserta lain di dalam kelompok ketawa dan bermain-main layaknya anak kecil. Biasanya latihan ini akan membuat kita tertawa lepas dan plong. Kita semua tahu bahwa ketawa itu menular dan menjalar. Sehingga bila di dalam grup ketawa, bila ada yang sudah mulai tertawa lepas, maka yang lainnya akan ikut tertawa mengikutinya. Kalau ngga percaya, boleh deh mencoba ikut sekali sesi Yoga Ketawa…

Terbukti secara ilmiah bahwa tubuh manusia tidak dapat membedakan antara ketawa yang dibuat-buat (ketawa aspal) dari ketawa yang sungguhan. Ketawa aspal maupun asli akan membuat kita senang dan gembira yang akan meningkatkan kadar hormon gembira kita atau yang disebut endorphin. Yoga Ketawa adalah sebuah teknik yang luar biasa yang dapat membantu orang-orang dewasa untuk dapat tertawa lepas tanpa harus berpikir secara rasional. Yoga Ketawa dapat ‘mengelabui’ sistem intelektual kita yang biasanya dapat menghalangi kita dari tertawa. Orang dewasa hanya akan tertawa bila ada penyebabnya, dan ini logika yang berbicara. Misalnya tertawa bila nonton film Mr. Bean atau Pink Phanter yang dibintangi Steve Martin yang kocak adalah hal yang wajar. Tapi dalam Yoga Ketawa, kita bisa tertawa tanpa menunggu ada penyebab atau alasan untuk memancing tertawa. Tentu saja harus ada yang memimpin, biasanya seorang yang telah menjadi ‘certified Laughter Yoga leader’ yang telah mempelajari teknik pernafasan, senam ketawa, relaksasi dan meditasi ketawa. Training untuk leader Yoga Ketawa diadakan oleh guru Yoga Ketawa yang langsung mendapat training dari Dr. Madan Kataria.

Sesi Yoga Ketawa dimulai dalam kelompok dengan teknik pemanasan ringan seperti peregangan tubuh, tepuk tangan yang berirama sambil mengucapkan ‘hoho…hahaha’, pernafasan yang dalam, mengucapkan afirmasi ‘very good…very goodd.., yeaaah…’, dan lalu diikuti gerakan tubuh yang diikuti ketawa. Latihan-latihan ini dapat membantu membuat kita lebih rileks dan dapat membuat kita merasa ingin bermain seperti anak-anak. Kita akan merasa lepas dan bebas dari tekanan dan emosi-emosi negatif.

Sedangkan latihan pernafasan digunakan untuk mempersiapkan paru-paru kita untuk latihan berikutnya, yaitu serangkaian ‘senam ketawa’ yang menggabungkan metode akting dan teknik visualisasi dengan permainan-permainan anak-anak sambil tertawa. Latihan-latihan tersebut, bila digabungkan dengan dinamika sosial yang kuat dari kelompok ketawa, dapat membuat kita tertawa lepas. Senam ketawa juga baiknya diselingi oleh latihan pernafasan mengingat tertawa membutuhkan banyak enerji dan ketawa adalah bentuk dari pembuangan nafas yang cukup lama. Menurut penelitian ilmiah, tertawa selama 10-15 menit dapat menghasilkan manfaat fisiologis dan psikologis yang utuh. Percaya atau tidak, bahwa 1 menit ketawa terbahak-bahak sama dengan 10 menit kita mengayuh alat ‘rowing machine’ atau latihan aerobik.

Bila ikut sesi Yoga Ketawa, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang santai, celana panjang agak longgar, tanpa ikat pinggang. Bagian perut bawah tidak terikat kuat olah sabuk maupun pakaian yang ketat. Ketawa adalah bentuk pembuangan nafas yang melepas karbon dioksida. Bentuk ketawa dalam Yoga Ketawa adalah pernafasan yang menimbulkan kontraksi di bagian diafragma (perut bawah) sehingga bisa memaksimalkan pembuangan karbondioksida lebih banyak. Dalam bernafas kita bisa membawa 25% oksigen dan sisanya adalah karbondioksida. Dengan ketawa, yaitu pembuangan nafas yang diperpanjang, maka kita bisa membuang karbondioksida lebih banyak dan memberi peluang membawa oksigen masuk ke dalam paru-paru lebih banyak juga.

Pernafasan yang benar dan sehat adalah pernafasan diafragma yang mampu memasok oksigen lebih banyak. Sedangkan pernafasan dada terbatas. Paru-paru kita sebenarnya mempunyai kapasitas mengisi oksigen sebanyak 6 liter. Akan tetapi, dalam keadaan sibuk, duduk di komputer, tegang dengan pekerjaan, nonton film yang memacu adrenalin, atau main games di komputer, seringlah kita ‘lupa’ bernafas dengan benar sehingga kita hanya mengambil oksigen 10% dari kapasitas yang ada, atau bahkan kurang dari itu. Hal ini menyebabkan paru-paru kita kelebihan muatan karbondioksida dan menyebabkan stress. Dan stress yang berkepanjangan adalah akar penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita, misalnya insomnia, hipertensi,diabetes, dll. Stress adalah 70%-80% penyebab penyakit yang bisa membunuh kita pelan-pelan.

Dalam Yoga Ketawa, memungkinkan kita untuk tertawa 10-15 menit berkelanjutan yang akan memberi manfaat terhadap fisik dan juga mental kita. Ketawa yang menyehatkan dan memberi efek penyembuhan adalah ketawa panjang, dengan suara keras dari rongga diafragma, dan dalam waktu yang berkesinambungan. Dan dilakukan rutin. Dalam kelompok Ketawa, kita bisa tertawa keras dan dipandu oleh ketua kelompok dengan melakukan ‘senam ketawa’, yang membuat kita bisa tertawa yang menyehatkan dalam jangka waktu yang lama, yaitu 10-15 menit. Senam ketawa sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum makan, atau 2-3 jam setelah perut terisi.

Yoga Ketawa dapat diakhiri dengan ‘meditasi ketawa’; peserta duduk atau berbaring di lantai dan membiarkan ketawa mengalir dari dalam diri masing-masing layaknya air mancur. Sesi ini dapat menghasilkan katarsis emosi yang sehat dan juga perasaan ‘lepas’ dan kegembiraan yang dapat berlangsung selama berhari-hari. Meditasi ketawa dapat juga dilanjutkan dengan latihan relaksasi. Dalam relaksasi dengan posisi berbaring bisa menimbulkan rasa relaks yang dalam, mengantuk dan bisa tertidur. Bagi yang sedang membutuhkan ‘istirahat’ lebih, dalam relaksasi ini bisa tertidur, walaupun sebentar kualitas tidurnya bisa menggantikan kekurangan tidur selama 3 jam.

Yoga Ketawa berbagi suka, kesehatan yang berkualitas, dan dengan misi mengajak sesama menebar kebaikan dan kedamaian bagi dunia melalui ‘KETAWA’……

Yuuuk…gabung dengan Klub Ketawa…Hoho..hahahaha..

*) Emmy Liana Dewi – Certified Laughter Yoga Coach. (esuhendro@yahoo.com)

Telah di baca sebanyak: 4252
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *