Andrie Wongso

Belajar Bersyukur

Cerita pagi tadi yang saya bawakan pada talkshow AW Success Wisdom & Motivation di jaringan Radio Sonora adalah Mangkuk Berlubang. Cerita ini merupakan simbolisasi dari sifat manusia yang kepuasannya tak ada habisnya. Berapa pun banyaknya isi yang mau kita tuangkan ke dalamnya, tidak akan mampu membuat mangkuk itu penuh.
Begitupun dengan kepuasan kita. Pernahkah kita merasa puas yang benar-benar puas atas segala apa yang kita peroleh? Dulu saat kita berjuang meraihnya, kita merasakan bahwa itu akan menjadi pencapaian tertinggi yang mungkin sulit kita capai lagi. Karena itu kita sangat termotivasi untuk meraihnya. Siang dijadikan malam, malam dijadikan siang. Kita bekerja keras, membanting tulang. Namun begitu kita berhasil meraihnya, ada kekosongan baru yang kita temukan. Kita merasa hal yang jauh lebih baik masih mampu kita raih. Kita pun memasang target baru yang lebih tinggi.

Ambisi meraih hasil yang lebih baik dan lebih baik lagi adalah hal yang wajar dalam hidup. Tidak ada yang salah. Malahan sebaiknya didorong untuk meraih hasil optimal. Sebab kita sendiri tidak akan pernah tahu sejauh mana prestasi terbaik yang mampu kita raih sepanjang hidup kita. Salah satu caranya adalah selalu mencoba kesempatan baru.

Hanya saja, sering kali ambisi buta melenakan kita. Karena merasa mampu meraih prestasi yang lebih baik setelah kita berhasil meraih mimpi sebelumnya, kita jadi sembrono melakukannya. Kerap membabi-buta dan menabrak norma-norma yang ada. Akibatnya, meski pencapaian lebih baik bisa kita dapatkan, akan tetapi kita kehilangan persahabatan dan tali kekeluargaan.

Netter yang luar biasa,

Tentu kita semua tak ingin sukses yang kita raih tercederai oleh berantakannya hubungan personal kita dengan keluarga, teman, dan lingkungan di sekitar karena ambisi buta. Oleh karena itu satu cara agar kita tetap menjejak bumi adalah mensyukuri apa-apa yang sudah kita capai.

Bersyukur akan menyadarkan kita untuk terus belajar dan saling berbagi. Kita pun akan mendapatkan manfaat dari pencapaian yang kita dapatkan, tak sekadar meraih prestasi buta. Oleh karena itu, mari kita belajar mensyukuri apa yang sudah kita raih agar hidup kita lebih bermakna.

Salam sukses, Luar Biasa!
Andrie Wongso

Telah di baca sebanyak: 1659
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *