Kolom Alumni

Bisnis Distro, Kenapa Tidak?

Oleh: Eko Supriyatno

Sebut saja namanya Agung. Ia adalah salah satu dari ribuan atau bahkan jutaan orang yang tertarik ingin menggeluti bisnis, khususnya bisnis distro. Dengan berapi-api Ia bertanya pada saya: “saya tertarik akan usaha distro tapi saya masih awam dalam hal ini mohon petunjuknya dan apakah usaha ini bagus untuk masa depan”?

Terhadap pertanyaan tersebut saya ucapkan terima kasih. Lalu saya katakan, bahwa saya senang dia berminat menjadi pebisnis. Padahal masih tergolong muda usianya, yakni 22 tahun. Buat Saya itu satu tanda positif yang cukup baik. Kemudian saya bagikan beberapa tips yang bisa membawanya ke jenjang keberhasilan.

Kata “distro” merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang berfungsi menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company local yang memproduksi sendiri produknya. Jadi pada dasarnya, distro adalah semacam distribution channel atau saluran distribusi yang spesifik atau tertentu. Misalnya saja seperti: T-shirt, tas, dompet, jaket, dan lain-lain. Harap diketahui Telkom sebagai perusahaan atau BUMN telekomunikasi-pun menggunakan konsep distro untuk menjangkau konsumen.

Kalau mau dikelompokkan bisnis ini bisa dikatakan masuk dalam golongan retail bisnis. Umumnya pasarnya masih terbatas untuk kaum muda, meskipun cukup banyak juga selain pasar golongan muda. Dalam konteks pemasaran sebenarnya hal ini cukup baik, dalam arti sangat segmented. Ini berarti secara psikografis distro akan menjadi suatu kekuatan tersendiri. Oleh karena masuk dalam kategori retail bisnis, maka untuk dapat sukses dalam bisnis ini menurut Kartono (2007) terdapat beberapa elemen yang dapat mendorong keberhasilan, yaitu pengembangan produk (product development), lokasi (location), koneksi (connection), merek (brand), dan layanan pelanggan (customer care).

Product development disini adalah bagaimana produk-produk yang masuk dalam distro adalah produk-produk yang sifatnya benar-benar spesifik dan unik. Dengan keunikannya ini, maka distro yang kita miliki akan mudah dikenal oleh konsumen. Faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan pengembangan produk ini adalah kecepatan (speed), kualitas (quality) dan biaya (cost). Kecepatan yang dimaksud disini adalah bagaimana produk distro kita lebih cepat masuk ke pasar ketimbang competitor. Namun jangan lupa produk kita harus memiliki kualitas yang diinginkan konsumen baik dari sisi bentuk, model dan tentunya harga yang masuk akal (baca: sesuai daya beli) buat konsumen. Perlu ada perpaduan antara kecepatan, kualitas dan biaya harus menyatu. Ringkasnya produk unik yang cepat keluar di pasaran, dibarengi dengan kualitas produk dan harga yang terjangkau oleh konsumen akan menjadi bauran (mix) yang mantap.

Di lain sisi, Lokasi adalah harga mati yang tidak dapat ditawar bagi pebisnis distro. Carilah lokasi yang mudah dijangkau dan dilihat oleh konsumen. Kalau pasarnya anak muda. kita bisa coba kerjasama dengan kafe, kampus, atau tempat-tempat anak muda nongkrong. Kita juga bisa kerjasama dengan toko-toko kaset yang kemungkinan banyak dikunjungi oleh anak muda. Ini akan memudahkan distribusi produk. Menurut pengamatan saya toko kaset yang ada di mal-mal kebanyakan di kunjungi oleh kaum muda.

Selain pengembangan produk dan lokasi, koneksi merupakan salah satu indikator penting bagi keberhasilan bisnis distro. Kenapa? Karena biasanya pebisnis pemula tidak cukup mempunyai dana, sehingga melalui kerjasama dengan berbagai pihak seperti disebut di atas (kampus, kafe, toko dll) akan menjadi kekuatan pendongkrak (leverage) dalam memulai usaha. Ketika pertama kali memulai bisnis di bidang pendidikan, saya menggandeng orang yang sudah piawai di bidang pendidikan. Hasilnya cukup signifikan. Pembelajaran yang saya dapatkan tergolong cepat. Untuk itu, cobalah kita bangun koneksi dengan berbagai kalangan. Dapat juga kita lakukan koneksi melalui jaringan milis yang anggotanya anak-anak muda. Saya kira cara itu bisa dipakai, mengingat jaringan milis cukup efektif. Prinsipnya gunakanlah banyak kemungkinan koneksi yang memudahkan produk kita terjangkau konsumen potensial kita (anak muda). Sehingga mudah terjangkau oleh mereka. Ingatlah hukum probabilitas. Semakin banyak kemungkinan, semakin besar potensi yang dapat kita bisa capai.

Kekuatan merek sangat penting dalam mendukung keberhasilan distro. Kenapa? Karena pelanggan umumnya tidak mengingat produk, tetapi mereka mengingat merek. Dalam ilmu pemasaran, posisi awareness sangat penting dimana setiap pemasar sangat menginginkan produknya selalu diingat, sehingga ketika pelanggan membutuhkannya lagi, mereka membeli produk yang sama. Namun demikian, perlu diingat adalah bahwa merek yang kuat tidak selalu identik dengan produk berkualitas tinggi, tetapi merek yang kuat akan menjadi kekuatan pendorong pembelian berulang (repeat buying). Repurchase mengindikasikan adanya customer satisfaction dan tentu saja berpotensi pada customer loyalty.

Yang tidak boleh dilupakan adalah mengenai customer care. Customer care jangan ditinggalkan. Karena customer care biasanya mampu menenangkan hati pelanggan. Sebagai contoh adalah, mengapa orang lebih suka belanja ke carefour? Sebab di situ terdapat kenyamanan, kemudahan pembayaran dan ketersediaan barang. Disana ada unsur shopping. Prinsipnya anda harus mampu membuat pelanggan merasa mendapat manfaat tambahan yang tinggi karena berbelanja ke distro kita.

Saya punya keyakinan bisnis distro ini akan berkembang, karena pasartnya sudah jelas dan tersegmentasi. Meskipun segmented tetapi potensinya besar sekali. Saya kira sudah saatnya dimulai.

Buatlah action plan agar mudah dalam menjalankannya!. Kata saya pada Agung. Saya yakinkan padanya bahwa tips di atas memberi manfaat buat dia. Tak lupa Saya mengingatkan untuk selalu minta pada Yang Maha Kaya. Saya katakan padanya juga, “Jangan lupa seringlah berbagi”, karena berbagai adalah cara cerdas agar lompatan leverage bisnisnya semakin menjulang.

*) Penulis adalah Master Terapi Bisnis, Kolumnis dan Trainer berbagai pelatihan. Alumni “Cara Cerdas Menulis Buku Best-Seller” Batch IX. Alumnus PPM. Email: eko_supriyatno2007@yahoo.co.id atau eko@terapibisnis.com Website: www.terapibisnis.com

Telah di baca sebanyak: 2204
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *