Kolom Bersama

Budaya Kekerasan

Oleh: Agus Prasetyo

Kita semua setuju bahwa budaya kekerasan tidak baik.Ledakan bom di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton adalah bentuk budaya kekerasan. Oleh karena itu semua orang (kecuali teroris tentunya) mengutuknya.

Namun pernahkah kita berpikir bahwa budaya kekerasan telah menyelinap masuk demikian jauh dalam kehidupan kita sehari-hari? Bentuk-bentuk umum dari kekerasan adalah perang, atau bentrokan antara demonstran dengan polisi atau peristiwa penggusuran.

Ada baiknya kita mulai berpikir apakah tindakan kita termasuk bentuk kekerasan atau tidak.
1. Dalam Masyarakat
Tindakan penggusuran tentu diamini adalah bentuk kekerasan. Namun pernahkah kita berpikir bahwa perilaku berkendaraan yang buruk di jalan seperti menyalip atau melanggar lampu merah adalah juga bentuk kekerasan?

Perilaku bunuh diri juga merupakan bentuk kekerasan yang ditujukan pada diri sendiri.

2. Dalam Pendidikan
Syarat kelulusan yang sebetulnya baik sering dipakai sebagai dalih untuk beban keuangan tambahan seperti les pelajaran atau praktek jual beli nilai. Namun pernahkah kita berpikir bahwa sikap guru, sekolah dan orang tua murid juga mempengaruhi budaya kekerasan pada anak.

3. Dalam Keluarga
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) adalah salah satu pemicu perceraian. Juga perlakuan yang buruk terhadap pembantu rumah tangga adalah salah satu bentuk kekerasan. Namun pernahkah kita berpikir bahwa kita sering menyamakan kedisiplinan dengan kekerasan. Kekerasan justru banyak terjadi dalam keluarga berupa kemarahan baik sebagai pelampiasan kekesalan karena dimarahi boss di kantor maupun karena harapan kita pada diri sendiri, pasangan hidup atau anak tidak terpenuhi.

Pernahkah Anda tahu bagaimana cara memancing kepiting?

Cara yang umum digunakan di Kalimantan adalah menggunakan sebatang bambu yang ujungnya diikat dengan tali. Di ujung tali diikatkan sebuah batu. Batu kemudian digerakkan ke arah kepiting yang diincar. Karena merasa terganggu maka kepiting tersebut akan mencengkeram batu tadi. Selanjutnya kepiting yang lagi marah tersebut akan dengan mudahnya diangkat ke wajan dengan api yang menyala.

4. Dalam Internet
Salah satu bentuk kekerasan dalam internet adalah spam, maksudnya membanjiri email seseorang dengan email-email yang tidak diharapkan.

Tindakan yang dapat dilakukan:
1. Menyadari bahwa reaksi kitalah yang mementukan terbentuknya budaya kekerasan atau dengan kata lain biasakan untuk berkepala dingin. Umumnya bila kita berkepala dingin alternatip penyelesaian dapat ditemukan.
2. Mengembangkan kebiasaan untuk bersyukur setiap hari .

Siapkah Anda untuk berubah?

BE BETTER EVERYDAY

*) Agustinus Prasetyo adalah karyawan. Saat ini sedang belajar menuliskan hikmah dari peristiwa sehari-hari dan menunggu kelahiran buku pertamanya. Dapat dihubungi di agusprasetyo86@yahoo.com

Telah di baca sebanyak: 1069
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *