Artikel Terbaru

Dijual, Anak-anak Anjing

flat,550x550,075,f.u1Seorang pemilik toko memasang tanda di atas pintu tokonya yang berbunyi, “Dijual, anak-anak anjing.” Tanda seperti itu memiliki daya tarik bagi anak-anak. Seorang anak laki-laki kecil datang melihat tanda itu.

“Berapa harga anak-anak anjing itu?” tanyanya.

Pemilik toko itu menjawab, “Mulai dari tiga puluh dolar sampai lima puluh dolar.”

Anak kecil itu merogoh sakunya dan mengeluarkan uang recehnya.”Saya mempunyai dua dolar tiga puluh tujuh sen,” katanya.”Bolehkah saya melihatnya?”

Pemilik toko itu tersenyum dan bersiul, dan dari kandang anjing datang si Lady, yang menubruk kursi dan diikuti lima bola bulu yang mungil-mungil. Seekor anak anjing ketinggalan jauh di belakang. Tiba-tiba anak kecil itu ingin memilih anak anjing yang ketinggalan dan pincang itu, lalu ia bertanya, “Kenapa anjing kecil ini?”

Si pemilik toko menjelaskan bahwa dokter hewan telah memeriksa anak anjing itu dan menemukan bahwa anjing itu tidak memiliki sebuah sendi pada. Dia akan pincang selamanya. Dia akan timpang selama-lamanya. Anak kecil itu gembira.

“Ini adalah anak anjing yang ingin saya beli.”

Pemilik toko itu berkata,”Kamu pasti tidak benar-benar ingin membeli anjing kecil ini. Kalau kamu betul-betul menginginkannya, aku akan memberikannya kepadamu dengan gratis.”

Anak kecil itu sangat kecewa. Ia menatap tajam ke mata si pemilik toko, menudingkan telunjuknya, dan berkata, “Saya tidak ingin Anda memberikannya begitu saja kepada saya. Anjing kecil ini sama berharganya dengan semua anjing yang lain, dan saya akan membayarkan harganya  dengan penuh. Saya akan memberi Anda dua dolar tiga puluh tujuh sen sekarang, dan cicilan lima puluh  sen sebulan sampai saya melunasinya.”

Pemilik toko itu membantah lagi, “ Kamu pasti tak akan ingin memiliki anjing kecil ini. Ia tidak akan pernah bias berlari dan meloncat atau bermain-main denganmu seperti anak-anak anjing yang lain.”

Anak laki-laki itu meraih dan menggulung celana panjangnya untuk menunjukkan kaki kirinya yang bengkok, tipang parah dan ditopang penahan logam yang besar. Ia memandang ppemilik toko itu dan dengan lirih menjawab, “Yah, saya sendiri  juga tidak mampu berlari dengan baik, dan anjing kecil ini akan membutuhkan seseorang yang dapat memahaminya!”

*(Dan Clark)

Telah di baca sebanyak: 1323
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *