Kolom Alumni

Hypnoslimming: Langsing dan Sehat dengan Hipnosis

Oleh: Yus Santos

Kalau Anda sudah rajin ke Gym, diet makanan dengan asupan yang benar. Bahkan sudah mengunjungi berbagai pusat pusat pelangsingan badan, namun badan Anda masih melar juga, tak ada salahnya melakukan hypno-slimming.

Pesatnya kemajuan penelitian dan aplikasi hypnotherapy menyebabkan munculnya ragam spesialisasi di bidang hypnotherapy. Diantaranya adalah hypno-aestetic, dan lebih spesial lagi adalah hypnoslimming, yaitu hypnotherapy yang digunakan khusus untuk menjadikan berat badan ideal dan penampilan lebih menarik, termasuk bagaimana menjadi awet muda dan meremajakan keindahan kulit dan pengelolaan inner beuty.

Di banyak kota besar, sudah hadir sejumlah hypnotherapist bekerja sama dengan ahli gizi dan personal trainer gym dalam memuluskan upayanya melakukan hypnoslimming.

Penyebab Obesitas

Obesitas sekarang sudah menjadi permasalahan umum di hampir semua belahan dunia. Tidak saja karena ada pandangan umum bahwa banyak wanita yang kurang suka kalau berat badannya super tambun. Namun lebih dari itu, para ahli sepakat bahwa di balik obesitas juga ada bom waktu yang siap meledak berupa penyakit penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan banyak penyakit lainnya. Penyakit-penyakit itu siap meledak ketika terpicu sesuatu, dan tentu saja berakibat fatal.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi obesitas. Diantaranya adalah faktor organik-medis, seperti kelainan hormonal berupa gangguan aktivitas fungsi kelenjar tiroid (thyroid gland) menyebabkan rasa kantuk dan peningkatan berat badan.

Faktor lain adalah metabolisme yang tidak lancar yang mengakibatkan kegemukan. Selain itu juga ada faktor ketidakseimbangan asupan makanan. Jika jumlah asupan makanan yang masuk lebih banyak dibandingkan yang dikeluarkan atau dibakar menjadi energi, maka akan terjadi penumpukan di tubuh yang mengakibatkan terjadinya badan tambun.

Tengoklah Bawah Sadar Anda

Namun dari pengalaman saya sebagai hypnotherapis, kegemukan atau obesitas merupakan manifestasi dari ketengangan psikis seperti frustasi dari berbagai keadaan, kegagalan seksual, kebosanan, dan terjebak rutinitas.

Akibatnya ada kompensasi bawah sadar yaitu makan berlebihan yang dibarengi dengan kemalasan berolah raga. Selama penyebab psikologis ini tidak dibenahi, akan sulit mencapai berat badan ideal secara permanen. Maka timbul istilah diet yo-yo diet sebentar, sebulan turun 1,5 kg, namun belan depannya berat badan naik lagi 2,5 kg. Sulit turunnya namun mudah berat badannya naik.

Mungkin Anda termasuk golongan yang sulit sekali merubah gaya hidup baru yang dengan diet teratur dan olahraga rutin. Maka tinjaulah pikiran bawah sadar Anda. Selama penyebab utama yang ada di pikiran bawah sadar belum dibenahi atau istilahnya di program ulang.

Penyebab utama itu akan mensabotase tindakan Anda untuk memperoleh berat badan ideal. Ibarat Anda mengendarai mobil Ferrari yang bisa melaju kencang namun rem tangan masih mengunci. Sekencang kencangnya Anda menginjak pedal gas mobil masih akan berat melaju. Itulah self sabotase.

Seorang hypnotherapis akan mencari akar permasalahan dan menata ulang atau meredukasi pikiran bawah sadar supaya self sabotase bisa dilenyapkan. Baru memberikan post hypnotic suggestion berupa gaya hidup baru yang harus dijalankan guna mendapatkan outcome gaya berat badan ideal, langsing, dan menarik.

Langkah-Langkahnya
Pertama, konsultasikan ke dokter atau personal gym Anda, cari tahu berapa berat badan ideal Anda, termasuk data detail berapa kadar lemak yang ideal, berapa perbandingan ideal massa otot dan kadar lemak Anda. Mintalah diagnosa kondisi tubuh Anda saat ini.

Kedua, tentukan outcome atau hasil yang harus Anda dapatkan misal berat badan ideal menjadi 50 Kg dengan kadar lemak 15% serta perut ramping. Sebagai catatan buat outcome ini sebagai suatu keharusan.

Ketiga, strong reason atau cari alasan yang sangat kuat mengapa hal ini merupakan keharusan. Contoh: kalau berat badan saya yang ideal tidak tercapai maka gagal kesempatan saya masuk menjadi pramugari udara. Tanpa berat badan ideal maka mustahil saya lolos tes masuk akademi militer. Dengan alasan kuat maka otak bawah sadar akan mudah menyesuaikan diri.

Catatan untuk membuktikan bagaimana alasan kuat bisa membangunkan tidur anda meski tanpa alarm pembangun tidur. Satu satunya cara adalah memasukkan alasan kuat. Contoh besok pagi Anda harus memberikan training mulai jam 6 pagi. Meski Anda tidur mulai tengah malam, maka pukul 05.00 pagi Anda akan bangun karena ada alasan kuat.

Keempat, susun strategi di tataran pikiran bawah sadar, bagaimana aktivitas olah raga, diet dan pola pikir positif terhadap kondisi berat badan ideal dan penampilan tubuh aduhai.

Kelima, Anda bisa masukkan program hypnotherapy atau self hypnotherapy.

Teknik Hypnotherapy untuk Slimming
Setelah melakukan langkah di atas, seorang hipnotherapis akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan tingkat sugestibilitas, baik sugestibilitas fisikal, sugestibilitas emosional termasuk sugestibilitas intelektual. Memang tingkat sugestibilitas oleh banyak hipnotherapis selama ini hanya menyangkut hypnoidal, light, medium, deep (somnambulism). Alat ukur yang banyak digunakan adalah Stanford Hypnotic Susceptibility Scale. Namun paradigma baru yang berupa Karakteristik Fisikal dan Emosional Sugestibilitas dibahas lengkap oleh John Kappas P,hD, dari Hypnosis Motivation Institute (bisa dilihat di John Kappas, PhD Professional Hipnotism Manual @1975)

Setelah mengetahui tingkat sugestibilitas, seperti biasa bisa dilakukan teknik induksi, baik direct maupun indirect dengan berbagai variasinya. Kemudian dilakukan deepening untuk mendapatkan kedalaman trance yang adekuat. Untuk mengetahui penyebab utama kegemukan bisa memakai teknik regresi umur, yaitu memberikan perhatian khusus pada Initial Sensitive Event. bisa dilakukan hypno-analisis setelah mengetahui causa prima atau penyebab utamanya.

Kemudian dilakukan reedukasi untuk menghalau self sabotase dan kemudian dilakukan reedukasi pikiran bawah sadar . Di sini ada berbagai teknik untuk hypnosliming. Bisa dengan part therapy, bisa dengan swish patern untuk merusak pola atau kebiasaan lama dan mengganti dengan pola baru hidup lebih sehat. Atau menggunakan role model, atau forgiveness therapy untuk menghapuskan beban beban atau luka batin di masa lalu yang mempengaruhi kegemukan. Baru kemudian dilakukan sugesti yang mengandung post hypnotic suggestion dengan tujuan sugesti tetap bekarja setelah proses hypnosliming.

Pengalaman saya angka keberhasilan hypnoslimming sangat memuaskan, tergantung pada alasan kuat mendapatkan outcome, tingkat sugestibilitas dan rutinitas hypnoslimming. Karena salah satu hukum pikiran bawah sadar adalah melakukan berulang ulang untuk mendapatkan sugesti yang adekuat.

Self Hypnoslimming
Cara termudah, susunlah sendiri atau beli rekaman reprogram subsconscious,/i> untuk program slimming. Dalam program ini Anda akan dituntun untuk masuk ke pikiran bawah sadar dengan berbagai metode self hypnosis.

Jika Anda tidak menemukan program yang sudah jadi, langkah sederhana ini mungkin bisa menjadi alternatif.

Pertama lakukan relaksasi menyeluruh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, lalu lakukan deepening sehingga kedalaman trance Anda cukup adekuat.

Kemudian lakukan visualisasi seperti Ambil cermin ajaib pikiran bawah sadar Anda. Dan masukkan wajah Anda yang ideal sesuai outcome Anda. Lalu masuk ke cermin itu sehingga lihat diri anda sekarang sudah mempunyai berat badan ideal meski secara imaginative. Lakukan berulang ulang.

Langkah kedua susun pengalaman pengalaman buruk yang menghalangi Anda memperoleh berat badan ideal seperti suka makan berlebih saat malam hari, suka makanan berlemak jelek, malas berolah raga, kurang minum air putih. Jadikan pengalaman pengalaman itu sebagai tumpukan tumpukan kotak korek api, lalu imaginasikan Anda menjauh dari tumpukan tumpukan korek api itu hinggga tumpukan korek api itu sudah tidak terlihat lagi.

Sadari Anda masuk dalam keadaan sekarang. Kemudian susun gaya hidup baru yang Anda lakukan, lalu affirmasikan.

Akhiri relaksasi Anda dengan melakukan terminasi, satu dua tiga saya buka mata dengan keadaan jauh lebih segar. Lakukan berulang ulang sampai mencapai hasil ideal yang Anda dapatkan.

Oke. Bentuk badan dan kesehatan optimal adalah pilihan, hypnoslimming hanya salah satu cara. Dan Jangan lakukan hypnosliming kecuali Anda tidak menginginkan mendapatkan tubuh ideal, sehat, dan aduhai.

* Yus Santos, MM CCHt, (Certified International Clinical Hypnotherapist member dari American Hypnosis Association dan TICHER USA) sekarang memimpin Alfa Omega Hypnocenter Ruko Mangga Dua Blok A7-3 Surabaya) bisa dihubungi di 031.60379699 atau yussantos@hotmail.comn www.yussantos.wordpress.com. Jika menginginkan training “Ultimate Hypnotherapy di Jakarta Bulan Juli silahkan menghubungi Ina atau www.proaktif.biz

Telah di baca sebanyak: 3640
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *