Kolom Bersama

Inspiring People

Oleh: Pratama Puji

Beberapa bulan yang lalu saya mengikuti TOT alias Training of Trainer yang diadakan oleh sebuah organisasi di Kampus. Pembicaranya gak main-main, datang langsung dari Jakarta yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wah sebuah big moment bagi saya untuk menimba ilmu dari mereka sekaligus ngeces semangat lagi. Tak rugi saya bisa ikut kegiatan tersebut, karena memang hanya orang-orang yang terpilih essay-nya yang bisa gabung, acaranya sungguh luar biasa, sangat berharga dan manfaatnya guedee banget … apalagi kita didaulat untuk menjadi “duta” KPK dalam rangka sosialisasi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Tak anyal saya pun memasukkan KPK sebagai list “Rumah Saya” selanjutnya di dunia kerja nanti. Semoga saja bisa bergabung…Are you Ready ?!? Indonesia Memanggil.

Namun di tulisan ini, saya tidak akan menceritakan semua materi TOT kemarin, bisa-bisa sampe 1 hari saya baru kelar cerita, hehe…sedikit saya berbagi, ada hal menarik dalam salah satu materi yang disampaikan yaitu “Nilai Tambah Individu”. Ternyata menurut KPK, individu yang mempunyai nilai tambah adalah individu yang tidak hanya Pintar dan Kreatif, namun juga bisa Menginspirasi orang lain. Yaa….dia bisa menggerakkan orang lain di sekitarnya dengan keteladanannya. Sangat jarang sekali kita menemui individu seperti itu, walaupun secara langsung maupun tidak langsung saya banyak menemukan inspirasi dari lingkungan dimana saya berada.

Banyak orang pintar dan kreatif, namun ketika cuma ”dikonsumsi” untuk diri sendiri dan tidak bisa “berbagi” ilmu kepada orang lain ya sama saja bohong. Semoga kita tidak termasuk seperti itu ya ? kalau masih seperti itu ? yaa…segeralah belajar dan berubah sebelum terlambat. Tidak sulit kok menemukan “panutan” di sekitar kita, dalam Islam kita mengenal Rasulullah Muhammad SAW, manusia paling berpengaruh di dunia dengan ajaran, sifat, dan kejujurannya. Di Indonesia, saya jadi ingat dengan sosok pak SBY (bukan saya memihak atau fanatik), sifatnya yang kalem, sopan santun, dan hati-hati membawa karisma tersendiri. Saya melihat itu ketika hasil pengumuman Pemilu Legislatif dan Pilpres diumumkan (terlepas dari masalah yang ada), tak ada raut muka sombong dan ingin “menjatuhkan” yang lain, kerendahhatian tersebut patut ditiru kita semua.

Satu lagi sosok yang menurut saya membawa inspirasi adalah Mas Michael Jackson. Saya bukan pengemarnya, lagi pula generasi kita juga berbeda…lebih pas kalau orang tua saya yang mengaguminya. Lagu-lagu hits Jacko juga baru sering saya dengarkan sekarang, dan menurut saya biasa-biasa saja. Namun yang membuat saya tercengang adalah ketika melihat salah satu konsernya di salah satu stasiun TV Swasta. Woww, Amazing….Dahsyat dan Mengagumkan. Setelah itu, saya baru bilang bahwa Michael Jackson memang Luar Biasa. Salute. Terlepas dari hal-hal negatif yang menjadi sorotan…aksi panggung, kekuatan lirik lagu, totalitas dan sisi humanisme Jacko membawa inspirasi bagi saya. Sekarang saya baru tahu kenapa orang menobatkan dia sebagai The King of Pop, kenapa orang begitu kehilangan dan pada gemblung menangisi kepergiannya. Semuanya terjadi karena dia telah memberikan Inspirasi bagi dunia musik, inspirasi bagi orang-orang disekitarnya dan inspirasi bagi kita semua.

Apakah kita sudah bisa memberi Inspirasi bagi orang-orang di sekeliling kita ?

*) Pratama Puji Widiyanto. Lahir di Pekalongan dan seorang Alumni dari Universitas Jenderal Soedirman tahun 2009. Hobinya adalah membaca, menulis, berdiskusi dan nonton bola. Sangat interest terhadap hal-hal yang berbau pengembangan diri, motivasi, dan kepemimpinan. Ketika kuliah pernah mendapat amanah sebagai Ketua Umum HMJA FE UNSOED 2008. Penulis dapat dihubungi di pratamapuji.widiyanto@gmail.com.

Telah di baca sebanyak: 1224
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *