Kerja Ikhlas = Kerja Bodoh?

Oleh: Victor Asih

Di jaman yang hampir semua hal diukur dengan materi, kerja ikhlas menjadi hal yang langka. Pelakunya pun kerap disebut orang aneh, orang antik atau orang yang melakukan hal bodoh. Kebanyakan orang di jaman ini memang bekerja dengan ”tulus” tetapi tidak ikhlas!

”Lho, apa bedanya Pak?”, tanya para mahasiswa yang mengikuti kuliah atau seminar saya. Saya sering menjawab,”Tulus adalah singkatan dari TUjuannya fuLUS”. Jadi bekerja karena motivasinya adalah untuk mendapatkan uang. Jika mendapatkan uang banyak maka bekerja keras dengan sangat baik, tetapi jika mendapat uangnya sedikit maka kerjanya asal saja. Hal inilah yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Bekerja untuk memperoleh imbalan yang setimpal dengan pekerjaan menurut ukurannya masing-masing.

Tetapi jika bekerja dengan hati ikhlas, berarti bekerja dengan berdasarkan kasih dan kerelaan hati. Seperti matahari pagi yang selalu rajin tidak pernah terlambat selalu bersinar dan tidak pernah mengharapkan imbalan atau balasan kembali. Matahari juga tidak peduli apakah manusia mau menerima sinarnya atau bahkan menolaknya.

Sebuah kisah nyata yang diceritakan oleh seorang teman saya terjadi di Bandung beberapa waktu yang lalu. Kisah nyata ini dapat dijadikan suatu bahan renungan tentang keihklasan hati dalam bekerja.

Seorang mahasiswa yang baru lulus menjadi sarjana kedokteran di sebuah perguruan tinggi negeri terkenal di Bandung memilih untuk bekerja menjadi asisten laboratorium di almamaternya. Penghasilan yang diterimanya sebagai asisten lab sangatlah kecil, bahkan tidak mencukupi walau pun hanya untuk membayar biaya transportasi ke kampusnya. Tetapi dia mencintai pekerjaan menjadi asisten dan melakukannya dengan ikhlas karena memang mencintai pekerjaan mengajar.

Banyak orang yang mengatakan bahwa dia bodoh karena memilih bekerja menjadi asisten lab. Padahal sebagai sarjana kedokteran dari universitas negeri terkenal, dia memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan swasta yang memberikan penghasilan berpuluh-puluh kali lebih besar.

Walau orang tuanya pun mendesaknya untuk mencari pekerjaan lain, dia tetap memilih membantu almamaternya menjadi asisten lab. Semua hal itu dilakukan dengan hati yang ikhlas. ”Pekerjaan ini membahagiakan hati saya”, katanya.

Suatu saat datanglah seorang profesor dari Jepang berkunjung ke universitas tersebut. Karena semua dosen sedang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, maka ditugaskanlah asisten lab tersebut untuk menemani dan membantu sang profesor selama berada di Bandung.

Asisten tersebut bisa saja menolaknya karena hal itu bukanlah tugasnya sebagai asisten lab. Dia tidak dibayar untuk hal itu. Tetapi dia memilih untuk tetap menerima tugas itu dengan hati yang ikhlas dan berusaha membantu sebisanya tanpa mengeluh.

Walau pun sama sekali tidak bisa berbahasa Jepang, dia berusaha sebaik mungkin membantu sang profesor. Mengantarnya mencari makanan untuk makan siang dan makan malam, berbelanja oleh-oleh Bandung, berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, dan tempat-tempat wisata lainnya. Dia selalu mengantar ke mana pun sang profesor ingin pergi dengan tersenyum.

Setiap hari dia menjemput sang profesor dan mengantarkannya kembali ke hotel tempat sang profesor menginap. Sampai saatnya profesor itu kembali ke Jepang, sang profesor memberikan jam tangannya kepada asisten lab tersebut sebagai tanda terima kasih. Hati sang Profesor sangat tersentuh dengan keramahan dan keikhlasan hati asisten lab yang telah membantunya selama berada di Bandung.

Beberapa tahun kemudian, sang profesor telah terlupakan dalam ingatan asisten lab tersebut. Dan dia masih bekerja masih bekerja ikhlas sebagai asisten di universitas tersebut. Hingga datanglah sebuah kesempatan beasiswa belajar kedokteran sampai jenjang S-3 dari sebuah universitas di Jepang bagi akademisi di universitas negeri di Bandung tersebut.

Dosen-dosen yang lebih senior segera mengirimkan aplikasi permohonan beasiswa ke universitas di Jepang tersebut. Tetapi ternyata oleh universitas di Jepang yang memberi beasiswa tersebut semuanya ditolak!

Ternyata sang Profesor di universitas Jepang itu yang menolaknya. ”Saya hanya mau menerima dan merekomendasikan anak muda yang dulu pernah antar-antar saya selama saya di Bandung!”, katanya dengan tegas.

Akhirnya sang asisten lah yang mendapatkan kesempatan untuk meneruskan kuliah dengan beasiswa di Jepang. Dia melampaui dosen-dosennya yang lebih senior untuk mendapat kesempatan kuliah lebih tinggi. Kabar terakhir yang saya terima, saat ini dia masih sedang menyelesaikan kuliah S-3 kedokterannya di Jepang.

Dari kisah nyata itu saya berkesimpulan bahwa kerja ikhlas bukanlah kerja bodoh, melainkan kerja yang sangat pintar!

Walau pun dengan bekerja ikhlas kita tidak dipedulikan atasan kita, orang disekitar kita, atau tidak dipedulikan orang lain… tetaplah bekerja dengan x-tra kerja ikhlas! Faktor X ke tiga dalam fondasi kesuksesan seseorang, seperti yang saya jelaskan pada buku unik bestseller ” 8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit: Rahasia Dahsyat Meraih Impian”.

Ingatlah! Bahwa walau pun semua orang di dunia tidak peduli dan menutup mata terhadap apa pun keikhlasan yang kita perbuat, tetapi Tuhan akan selalu peduli dan tidak akan menutup mata Nya kepada keikhlasan hati kita.

Di saat yang TEPAT Dia akan memanggil malaikat Nya, ”Kat, Kat, malaikat…kasih BERKAT untuk orang yang ikhlas itu”.

Mengenai Faktor X ke tiga dari fondasi kesuksesan, yaitu x-tra Kerja Ikhlas, anda dapat membacanya lebih lengkap di buku “8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit”. “Buku Ajaib” yang dapat mengubah hati banyak orang, demikian komentar banyak orang yang telah membacanya.

* Victor Asih, Founder Sekolah Bisnis Gratis USB, Mentor, Entrepreneur, Inspirator, Motivator, Software Engineer & Information Technology Consultant, Kolumnis, Penulis Buku Unik Bestseller “8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit”. Penulis bisa dihubungi melalui email victorasih@yahoo.co.id atau kunjungi websitenya www.usbschool.com atau blog usbschool.blogspot.com

Telah di baca sebanyak: 1431

Comments

75 Responses to “Kerja Ikhlas = Kerja Bodoh?”
  1. Rudy Haryanto says:

    Salam Pak Victor

    Saya sangat tersentuh dengan apa yang Bapak terangkan di artikel ini.
    Memang benar, kerja ikhlas bukanlah kerja bodoh.
    Berapapun penghasilan yang kita dapatkan dalam suatu pekerjaan, saat kita menjalaninya dengan penuh cinta, kita akan lebih bahagia dari pada orang lain yang mempunyai penghasilan puluhan bahkan ratusan lebih banyak, namun tidak mencintai pekerjaan mereka. Karena kebahagiaan berasal dari pikiran kita sendiri. kebahagiaan adalah kedamaian hati yang disulut oleh rasa cinta. Termasuk mencintai pekerjaan.
    Saya mengalami hal yang sama mengenai anggapan orang terhadap pekerjaan yang saya lakukan. Namun, jika pekerjaan itu adalah kebahagiaan saya, apa salahnya????

  2. Victor Asih says:

    Selamat Pak Rudy!!!
    Tidak banyak orang di dunia yang bisa bahagia menikmati pekerjaannya saat ini. Anda beruntung jika dapat merasakan bahwa pekerjaan anda adalah kebahagiaan anda…

    Tentang keikhlasan hati, bisa baca lebih lengkap di buku saya “8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit” dan artikel-2 baru saya Pak.

    Salam Sukses!

  3. Puspita W says:

    Salam kenal pak Victor
    Menurut pendapat saya, Kerja Ikhlas = Kerja jenius?, karena bekerja iklas butuh ilmu pengetahuan yang cukup baik ilmu agama, ilmu alam, ilmu sosial maupun ilmu kehidupan itu sendiri.
    Ilmu alam hanya mampu menjelaskan aksi = reaksi (Hukum III Newton), akan tetapi berbeda dengan ilmu agama, 1 aksi = 1 reaksi (hanya berlaku untuk perbuatan buruk), 1 aksi = minimal 10 reaksi (perbuatan baik), tapi saya yakin Tuhan pasti ingin membalas lebih banyak lagi, bisa 100 reaksi atau bahkan 1000 reaksi, karena sangat mencintai ciptaannya.
    Ini sebatas ilmu yang saya pahami dan saya yakini.
    Jadi, melakukan pekerjaan tidak iklas adalah buang-buang waktu dan tenaga, maka lebih baik kita bekerja dengan iklas, Insyaallah dunia dapat kita raih, rasa-rasanya Tuhan memberi semua yang kita impikan, bahkan melebihi impian kita. Dan kita mampu hidup bahagia, bahkan sangat bahagia. Luar biasa, sulit dilukiskan dengan kata-kata.
    Maafkan saya Pak. Saya tunggu karya Bapak berikutnya.

  4. Victor Asih says:

    Salam kenal juga Bu Puspita,

    Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa Kerja Ikhlas adalah Kerja Jenius. Oleh karena itu saya menempatkan X-tra Kerja Ikhlas sebagai level yang lebih tinggi di atas X-tra Kerja Cerdas (Baca buku 8 Langkah Ajaib menuju ke Langit pada bagian Faktor X).

    Marilah kita berlomba-lomba bekerja x-tra ikhlas untuk mencapai kebahagiaan sejati dalam hidup dan membuat banyak kehidupan di dunia menjadi lebih indah.

    Ada beberapa artikel lagi yang saya akan tulis tentang kerja ikhlas. Kalau sudah ada waktu menulis, saya akan posting kan ke pembelajar.com

    Salam Hebat Luar Biasa!

  5. masprie says:

    Salam kenal
    Buagus sekali artikelnya pak..!! Sama nggak pak hakekatnya cerita diatas dengan : “Orang baik itu banyak menjalankan hal bodoh”
    Terima kasih salam sukses untuk anda.

  6. Rachmat Haryanto says:

    Salam Hormat pak Victor,

    Saya percaya kecintaan seseorang dengan suatu profesi atau pekerjaan, adalah syarat utama untuk mencapai hasil yang baik atau lebih dari baik. Dan saya acung jempol untuk orang-orang yang berprofesi sebagai guru, seperti asisten lab yang bapa ceritakan, dan juga untuk bapa Victor yang juga mengajar di sekolah bisnis gratis di Bandung.
    Banyak guru yang mengabdikan hidupnya, walau dibayar dengan sangat tidak memadai, dan hidup dengan sangat sederhana. Saya percaya mereka benar-benar ikhlas, semoga Tuhan yang maha adil memberkati para guru. Dan terima kasih karena akhir cerita ini adalah Happy ending, saya suka sekali akhir yang bahagia.

  7. Victor Asih says:

    Hallo Mas Prie,
    Memang orang baik, bahkan yg terlalu baik, seringkali dianggap melakukan hal yang bodoh oleh kebanyakan orang di dunia ini…
    Tetapi sebenarnya dia sedang melakukan hal yang sangat pintar… yang tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Mereka adalah orang-orang yang sebenarnya sangat cerdas (walau pun mungkin mereka sendiri tidak menyadarinya)

  8. Victor Asih says:

    Salam kembali Pak Rachmat,
    Seorang guru yg sukses tidak dibayar hanya dengan gajinya sebagai guru, tetapi dia juga dibayar dengan “kepuasan mengajar” yg lebih nikmat daripada mendapatkan uang.
    Tetapi kita juga tidak dapat menutup mata bahwa walau pun uang bukan segalanya, tetapi segalanya membutuhkan uang.
    Oleh karena itu saya sedang merancang program untuk para guru agar mereka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka melalui entrepreneurship yg dapat mudah dilakukan oleh para guru tanpa mengganggu keasyikan mengajar mereka.
    Mudah-mudahan dapat diterapkan dalam waktu dekat ini dan berakhir happy ending untuk para guru, pahlawan tanpa tanda jasa…

  9. achmad says:

    TOP bgt!!!!!!!mgkn dgn artikel jadi bnyak orang yang bekerja ga karna fulus aj!!!

  10. Jundi Abdul Syahid says:

    Kerja ikhlas sangat penting tapi keikhlasan tidak identik dengan tidak dibayar atau gaji yang sedikit, dalam pandangan saya seseorang yang ikhlas juga berhak untuk mendapatkan gaji yang wajar,yang mampu membiayai hidup, kalau transport saja tidak cukup saya sangat mengkhuatirkan kelanjutan dari keikhlasan itu.Bekerja memang harus ikhlas tapi kalau diantara kita ada yang mengurus sebuah instansi atau yayasan jangan sampai menjadikan kata IKHLAS sebagai justifikasi menggaji murah para pekerja.Kerja ikhlas OK,tapi perhatian kita kepada orang yang ikhlas harus lebih ok,jangan sampai,maaf, pernah terdengar oleh saya seorang guru ngaji diundang dijama’ah pengajian, 2 jam dia berbicara kemudian para jama,ah bilang naik apa ustadz? naik sepeda jawab ustadz dan mereka membiarkan tanpa memberi uang saku dengan dalil Ustadz pasti ikhlas!?

  11. Victor Asih says:

    Wah, kalau yang itu namanya pelit Pak…kalau menyuruh orang ikhlas karena sebenarnya tidak mau memberi.
    Ikhlas berasal dari dalam dasar hati kita memancar keluar, bukannya meminta orang lain memberi kepada kita. Dengan kata lain, ikhlas berarti memberkati orang lain bukannya meminta berkat dari orang lain…
    Seorang yg ikhlas, biar pun semua orang menutup mata terhadap keikhlasan hatinya dia tidak akan peduli… karena Tuhan pasti tidak akan pernah menutup mataNya bagi orang-orang yang ikhlas hatinya…

  12. Ai says:

    luar biasa !!!

  13. riski says:

    salam hormat mas victor

    sedikit pertanyaan…
    bagaimana menghadirkan ikhlas di dalam melakukan suatu pekerjaan…
    terutama ketika kita bekerja bersama orang2 yang suka melempar tanggung jawab.
    apakah kita harus ikhlas melaksanakan tanggung jawab yang seharusnya menjadi tanggung jawab orang lain….

    terima kasih.

  14. Victor Asih says:

    Salam kenal Rski,

    Untuk bisa ikhlas dalam pekerjaan kita harus mencintai pekerjaan itu sendiri terlebih dahulu. Lalu cari motivasi dalam diri, mengapa kita harus ikhlas melakukan pekerjaan itu? Seperti misalnya, anda telah menyadari bahwa Tuhan sudah begitu baik terhadap anda sehingga anda harus membagi kebaikan ini kepada orang lain melalui pekerjaan anda…
    Dengan bekerja ikhlas, kita tidak usah peduli dengan respon negatif lingkungan kita apakah mereka menghargai pekerjaan kita atau tidak. Yang penting adalah kita sudah melakukan yang terbaik.
    Semoga Riski berhasil menerapkan kerja ikhlas…

  15. riski says:

    Terima Kasih mas victor…

    semoga kita semua dapat lebih mencintai kebaikan, dan lebih ikhlas lagi dalam berbagi kebaikan…
    Amin

    salam hormat.
    Riski

  16. yulian pratama says:

    artikel bapak ini bukan hanya untuk mengubah hati semua orang tetapi bisa merubah kebiasaan seseorang menjadi lebih baik dan lebih berpikir jernih bahkan tidak di duga – duga orang yang membaca danmemahami akan menjadi semangat akan kerja ikhlas dan saya sangat setuju atas artikel bapak buat ini bila seseorang yang berkerja ikhlas maka semua akan terasa ringan se akan -akan tidak ada beban bagiinya tetapi itu juga nasib orang jika beruntung ikhlas menjadi pekerjaan seperti itu bagaimana jika ternyata dia ikhlas tidak mendaptkan seperti itu yah tidak masalah baginya karena dia sudah berkerja dengan ikhlas karena rezki itu tidak datang sia – sia saja atau atau langsung mendadak melainkan kita harus berusaha mencarinya, tetapi jika kita berharap seperti cerita bapak yang diatas jika ada orang yang hanya mengharapkan bahwa dia ingin mendapatkan keuntungan dari orang lain maka akan sia – sialah kerja ikhlasnya ….bukan begitu pak ????
    pak victor ditunggu ,buku terbitan selanjutnya, buku bapak ini sangat bermanfaat sekali tetapi sayang buku bapak ini belum sampai kedaerah saya, kepada bapak victor tolong dong secepatnya buku bapak dikirim kebelitung timur, karena kami sangat membutukhkan motivasi dari biku bapak victor

  17. Victor Asih says:

    BSalam kenal Pak Yulian di Belitung Timur,

    Betul Pak, kalau bekerja ikhlas tidak mengharapkan keuntungan dari orang lain. Tetapi kalau mengharapkan keuntungan dari orang lain berarti tidak ikhlas.

    Saya akan sampaikan usulan kepada penerbit buku saya untuk mendistribusikan bukunya sampai ke Belitung Timur.

    Salam dari Bandung…

  18. hesti says:

    salam pak victor
    bnar pak bwa kerja ikhlas perlu pngrbnan krna tdk smua orang bisa mlkukannya
    maka mnrt kbnyakan orang kerja ikhlas sama dngan krja bodo, tu mnrt orang yg tdak mngrti kerja ikhlas

  19. nataline gloriana says:

    waAah. .artikelnya inspirasional sekali pak,
    di jaman seperti ini memang susah mencari dan menjadi orang yang ikhlas. .
    semoga artikel bapak bisa memotivasi saya,
    trims

  20. Victor Asih says:

    Salam kembali Hesti,
    memang benar kerja ikhlas sering dianggap kerja bodoh…padahal…kerja ikhlas adalah kerja jenius…
    Sejak dahulu memang banyak orang jenius disangka bodoh…seperti diantaranya Thomas Alva Edison

  21. Victor Asih says:

    Ayo Nataline,
    Mari bersama-sama berlatih kerja ikhlas…
    Nataline pasti bisa!

  22. Mulyadi Arya says:

    ikhlas..ikhlas..ikhlas…ngga ada kata lain selain ikhlas dalam menjalani sesuatu hal yang baik..,,mungkin cerita diatas perlu dibaca dan diresapi maknanya oleh seluruh bangsa kita…,,kita udah terlalu terkikis sikap mental kita dalam menjalani atau melakukan sesuatu,kebanyakan dari kita mengharapkan pamrih di akhir dari hal yang kita lakukan…,,semoga kita bisa berubah menuju ke perubahan yang lebih baik untuk bangsa ini…..kita semua harus mulai dari diri kita sendiri dahulu….

    Terima kasih Pak Victor atas cerita inspirasinya…..semoga ilmunya bertambah dan dapat terus membaginya ke seluruh bangsa yang merasa membutuhkan pembenahan…..dalam segala hal………..SSSEEEMMMAAANNNGGGAAATTT…

  23. Wah ini postingan yang sangat menarik sekali. Sangat berguna, terima kasih. Salam kenal :)

  24. Victor Asih says:

    Betul Pak Mulyadi… kita semua harus mau kembali belajar untuk ikhlas…

    Andaikan saya menjadi menteri pendidikan, pasti akan saya jadikan 1 mata pelajaran khusus dari SD sampai SMA dan juga mata kuliah wajib di perguruan tinggi. Agar generasi penerus dapat menjadi generasi yg berkarakter lebih baik lagi… :)

  25. Victor Asih says:

    Salam kenal kembali…
    Mari kita bersama mengembalikan jati diri bangsa ke arah yg lebih baik…dengan belajar bekerja ikhlas…

  26. Heppy Fitriani ( 5211091019 ) says:

    Memang sangat dibutuhkan sekali suatu keikhlasan dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Walaupun perkjaan semidajh ataupun sesulit apapun harus dibarengi dengan suatu keikhlasan. Tanpa adanya suatu keikhlasan pekerjaan yang kita lakukan akanlah sia-sia semata.

    Oleh karenanya, dimulai dari detik ini mari kita berusaha belajar menjadi orang yang ikhlas dalam hal melakukan suatu pekerjaan ataupun hal yang lainnya.

    IKHLAS……IKHLAS…….IKHLAS……!!!!!!!!!!!!!!!

  27. nadia putri (5211091010) says:

    cerita yang anda tuliskan dalam artikel ini sangatlah menggugah hati saya untuk kerja ekstra ikhlas. karena sesungguhnya pekerjaan yang dilakukan secara maksimal niscaya akan mendapatkan hasil yang optimal juga. setiap pekerjaan yang kita lakukan haruslah dikerjakan sepenuh hati agar semuanya dapat berjalan lancar dan tidak akan merasa jenuh dalam menjalankan setiap kegiatan.

    teruslah bekerja ikhlas agar mendapatkan hasil yang optimal

    semangat….semangat…..

  28. asep saepudin ( 5211091002) says:

    zaman sekarang memang susah mncari orng yg bkerja dng ikhlas,,,ke banyakan orang bekerja dngn tulus sperti yg bapak katakan di atas tulus artinya tujuan fulus..padahal apabila kita bekerja dengan ikhlas,,,pekerjaan kita akan terasa bermakana dan terasa mudah tanpa beban…

  29. pada dasarnya apabila kita bekerja di suatu tempat dengan jabatan tinggi dan gaji yang tinggi pula,tetapi kita tidak bekerja dengan iklas,itu merupakan salah satu ciri bahwa kita tidak nyaman dengan pekerjaan itu.

  30. desy gita purwanti - 5211091061 says:

    setiap pekerjaan yang bila dikerjakan dengan hati yang ikhlas pasti akan terasa lebih ringan, sangat berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan dengan hati yang tidak ikhlas. hasil yang bisa kita dapatkan juga tentu akan jauh berbeda. oleh karena itu mulailah bekerja dengan ikhlas agar kita bisa mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan.

  31. Daniar Rahmawati Rahayu 5211091039 says:

    Apabila kita ingin mendapatkan hasil yang baik maka kita harus kerja ikhlas tanpa mengharafkan imbalan,lakukan pekerjaan kita dengan hati senang dan semangat karena apabila kerja malas-malasan dan uring-uringan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik..
    Percayalah kerja ikhlas akan lebih memudahkan kita dalam bekerja dan tidak merasa terbebani . . . ^_^

    Daniar rahmawati rahayu
    Akuntansi A 2009

  32. E USWATUN HASANAH_5211091008 says:

    semangat !!!!

    ayo kita tanamkan rasa ikhlas itu dalam diri kita karena dengan keikhlasan kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri atas apa yang telah kita kerjakan tersebut. juga hikmah yang akan kita peroleh di kemudian hari…….
    mari kita x-tra kerja ikhlas……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  33. Marlina (Akun '09_5211091006) says:

    Keikhlasan adalah salah satu rasa yang langka dalam kehidupan di zaman krisis ini. Sebanarnya kerja ikhlas merupakan salah satu unsur penting dalam menjalani kehidupan kita karena dengan kerja ikhlas suatu pekerjaan akan terasa lebih berarti dan memuaskan diri kita. Keikhlasan akan terasa menyakitkan pada awalnya karena banyak godaan yang muncul dan prasangka-prasangka buruk tetapi keikhlasan akan terasa manfaatnya pada suatu saat nanti.

  34. Danitza Linda Haryadi Akuntansi 2009 says:

    NIM: 5211091007

    . Untuk kerja ikhlas itu memang tidak mudah ..
    banyak sekali orang yang lebih mengutamakan imbalan, baik imbalan dalam bentuk uang ataupun imbalan dalam bentuk yang lainnya ..
    . Apabila kita hanya melakukan pekerjaan dengan mengharapkan imbalan, maka hasil yang akan kita peroleh tidak akan ada kesannya atau tidak bermakna, baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain .karena yang ada dalam pikiran kita hanya imbalan ..imbalan ..dan imbalan ..

  35. weni mw _5211092011_unjani says:

    …..satu lagi cerita yang luar biasa…sebuah kisah nyata yang sangat menginspirasi…kerja ikhlas…saya sangat ingin dapat melakukan kerja ikhlas…bekerja dengan sepenuh hati….:p..

    semoga saja akan ada banyak orang(termasuk saya) yang nantinya dapat berkerja dengan ikhlas…

  36. riska fethy liana_5211091027_unjanni says:

    …artikel yang sangat menginspirasi…mengajarkan keikhlasan disaat semua orang mementingkan uang..dan uang…kerja ikhlas sesuatu yang sangat mahal…saya sangat ingin dapat bekerja dengan ikhlas seperti mahasiswa kedokteran tersebut…

  37. maya puspita/5211091036/2009 says:

    “…bekerja dengan ikhlas berarti bekerja dengan hati…seperti mentari pagi yang tidak pernah mengeluh ataupun terlambat menyinari bumi..tanpa peduli akankah manusia berterimakasih padanya…”
    adalah potongan artikel yang paling saya ingat sepanjang artikel buatan bapak tersebut..membuat saya ingin menjadi sosok matahari yang selalu bekerja ikhlas…^ ^

  38. nurul aeni 08'77 says:

    ngelakuin kebaikan ma orang lai ga salah asal Ikhlas…
    Bner kan Pa?!!!
    trus gali inspirasi2 ya PA…

  39. zeriko dedi kurniawan5211091046 says:

    sangat benar…………………….hukum didunia sangatlah benar jika kita membantu sesama maka kita pasti akan dibantu tanpa terduga………….

  40. SITI KHODIJAH_5211091073 says:

    semua hal yang di kerjakan dengan sepenuh hati akan mendapatkan berkat yang tak ternilai . . . . .
    mulailah untuk bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati . . . .
    SEMANGAT . . . .!! !!

  41. Resty Anggraeni says:

    artikel yang sangat bagus….
    bisa memotivasi orang lain untuk bekerja ikhlas, walaupun pada saat ini banyak orang yang melakukan pekerjaan tidak sepenuhnya ikhlas, mereka mencari materi semata alias imbalan/fulus….
    semoga dengan dibuatnya artikel ini, banyak orang yang melakukan pekerjaan dengan didasari rasa ikhlas dan sepenuh hati….

  42. lucki ludianan5211081086/Ak'08 Unjani says:

    salam sejahtera…
    keberhasilan itu tercipta dengan adanya suatu kerja keras dengan penuh sara tulus dan ikhlas….terkadang kita tidak sadar semua kerja keras yang kita lakukan untuk mencapai sesuatu hal tidak disertai dengan jiwa yang tulus dan lkhlas maka kerja keras yang kita lakukan tidak akan semestinya terjadi…maka dengan adanya artikel mudah-mudahan semua pekerjaan yang kita lakukan penuh dengan rasa ikhlas….amien…

  43. Timotius taungke(UNJANI 09 5211091085) says:

    Sesudah saya membaca artikel tersebut memang sangat benar saat sekarang ini dimana setiap orang melakukan atau memberikan bantuan kepada orang lain pasti ujung-ujungnya ada maksud tertentu dimana hati setiap orang kita tidak ketahui.Oleh sebab itu melalui artikel ini dapat membangun setiap mahasiswa untuk melakukan hal terbaik selama dia memberikan bantuan kepada orang lain.Terima kasih pak atas setiap artikel yang bapak selalu berikan kepada mahasiswa UNJANI.

  44. lastri putrianita_5211091014 unjani akuntansi says:

    di zaman sekarang jarang ada yang menggunakan kerja iklas semua ingin memperoleh imbalan dari apa yang dilakukan. artikel ini bisa memotivasi orang yang membaca supaya memulai kerja iklas. Seperti mahasiswa kedokteran tersebut, dia mengajarkan bahwa melakukan pekerjaan karena dia mencintai pkerjaan tersebut bukan karena menginginkan sesuatu dari apa yang ia telah lakukan karena menurut saya yang terlihat itu lebih berarti daripada apa yang banyak dikatakan.

  45. Reza Pradipta ( 5211091042)UNJANI says:

    Saya jg prnh berpikiran “ngapain krja ikhlas?toh g ada yg pduli m saya”tp setelah membaca artikel bapak,saya mempunyai pikiran positif untuk lebih Xtra kerja ikhlas agar yg saya lkukan bermanfaat bagi orang lain&mndptkn berkah Tuhan,Amin.

  46. Wina Handayani (5211091024) says:

    Sekarang ini memang sangat diperlukan keikhlasan dalam bekerja, pintar saja tidak cukup untuk menjadi orang yang sukses. Salah satunya mungkin menurut saya membantu orang lain dengan ikhlas. Memang sangat tidak mudah untuk kerja ikhlas semuanya butuh hati yang tulus.

  47. Annisa Rizki (5211091021) unjani says:

    Kerja ikhlas adalah satu hal yang sangat penting dalam kita melakukan semua hal dalam hidup ini. Maka bekerjalah dengan ikhlas dan sepenuh hati dan jangan dulu melihat hasil yang akan kita peroleh yang terpenting adalah kita melakukan dengan sungguh-sungguh dan IKHLASS !!!!!!!!!

  48. Dalam bekerja memang kita harus bekerja keras,tapi disamping itu kita juga harus kerja ikhlas seperti yang diterangkan dalam buku 8 langkah menuju langit tentang kerja ikhlas.jadi setiap pekerjaan kita harus kerja ikhlas supaya mendapatkan berkat dari Allah SWT…Amiin..

  49. Belajar untuk ikhlas memang susah, tetapi bekerja dengan ikhlas kita akan mendapatkan Ridho-Nya dan akan mendapatkan sesuatu yang setimpal dengan apa yang telah kita kerjakan.

    Seperti yang telah diungkap diatas”Ingatlah! Bahwa walau pun semua orang di dunia tidak peduli dan menutup mata terhadap apa pun keikhlasan yang kita perbuat, tetapi Tuhan akan selalu peduli dan tidak akan menutup mata Nya kepada keikhlasan hati kita”

    Semangat…!!!

  50. Selamat siang pak,,,,,

    yaa memang benar kita itu harus bekerja dengan ikhlas, karena dengan keikhlasan kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri dan atas kerja ikhlas kita juga akan mendapatkan hikmah di kemudian hari………

    ayoo,,,kita belajar untuk x-tra kerja ikhlas,,,,,

  51. Seila Medira Harahap (5211091009) says:

    Memang benar pak. Kebanyakan orang bekerja hanya untuk mendapatkan uang dan mereka melakukan pekerjaan itu tidak dengan hati yang ikhlas. Tetapi jika kita bekerja dengan hati ikhlas, berarti kita bekerja dengan berdasarkan kasih dan kerelaan hati seperti yang bapak sebutkan di artikel tersebut. Serta kita akan mendapatkan suatu kepuasan dan pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih mudah dan baik dibandingkan dengan bekerja tanpa hati yang ikhlas.
    Oleh karena itu, bekerja dengan hati yang ikhlas merupakan suatu pelajaran berharga yang dapat membawa kita menuju kesuksesan.
    Amin…

  52. Seila Medira Harahap (5211091009) says:

    Memang benar pak. Kebanyakan orang bekerja hanya untuk mendapatkan uang dan mereka melakukan pekerjaan itu tidak dengan hati yang ikhlas. Tetapi jika kita bekerja dengan hati ikhlas, berarti kita bekerja dengan berdasarkan kasih dan kerelaan hati seperti yang bapak sebutkan di artikel tersebut. Serta kita akan mendapatkan suatu kepuasan dan pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih mudah dan baik dibandingkan dengan bekerja tanpa hati yang ikhlas.
    Oleh karena itu, bekerja dengan hati yang ikhlas merupakan suatu pelajaran berharga yang dapat membawa kita menuju kesuksesan.
    Amin…

  53. taufik nugraha says:

    (5211081068) unjani

    menurut saya kerja iklas merupakan hal yg penting karena dg kerja iklas kita dapat mebantu orang lain untuk bersuka cita.

  54. Elzanisa/5211081027/Ak'08 says:

    kita harus percaya keihlasan pada akhirnya pasti akan berbuah manis…
    karna hidup adalah timbal balik..
    tanpa meminta pun jika kita ikhlas kita akan mendapatkan suatu kebaikan dari kerja ikhlas tersebut..

  55. N. Azizah Masitoh (5211081047) UNJANI says:

    Seperti Pepatah mengatakan bahwa: ” Keikhlasan akan menghasilkan keberuntungan” .
    Namun tak setiap orang bisa memaknainya,.,,.,

    Mulai saat ini.,,.,.,. jangan pernah tertipu bahwa keikhlasan itu adalah suatu kebodohan.
    Lakukan segala hal dengan ikhlas tanpa harus memikirkan imbalan yang akan diterima.

    Cayo X-tra kerja ikhlas”,.,.,

  56. Agustinus Sinaga / 5211091049 says:

    mungkin pada zaman sekarang kerja ikhlas itu sudah sangat jarang sekali…….

    tpi dengan mengerjakan sesuatu dengan ikhlas pasti akan memperoleh hasil yang lebih baik……

  57. Mashita Edisa 5211091004_akun 09 says:

    Kerja ikhlas itu memang hal yang sangat MAHAL..!!
    karena tidak semua orang bisa menanamkan kerja ikhlas di dalam hatinya. .
    Kerja ikhlas itu adalah cerminan dari keberhasilan hati. .
    Dan hasil dari kerja ikhlas itu pasti akan di rasakan suatu saat nanti. .

  58. tono wahdianto_5211091038_ak unjani '09 says:

    andai saja artikel ini dibuat dengan tujuan target yang lebih luas,, saya harap orang yang membacanya bisa tertarik untuk kembali bersifat dan bersikap ikhlas serta dapat kembali melakukan sesuatu dengan hanya mengharap ridho dan balasan dari Tuhannya..
    n_n

  59. kerja ikhlas hanya bermodalkan hati yang tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan balasan apapun…jikalau kita mendapatkan sesuatu dari kerja ikhlas tersebut, itu adalah buah dari keikhlasan kita…Tuhan pasti akan membalas perbuatan kita karena Dia Maha Mengetahui…

  60. Iha Julaeha_5211091048 says:

    Salam Hormat!!
    menutut saya artikel yang telah bapak buat sanggat menarik,, karena di zaman seperti ini sangat sulit untuk memberikan satu kerja ikhlas!!
    dan dari artikel bapak ternyata memberi tahukan bahwa satu kerja itu akan terasa lebih bermakna apabila di sertai dengan keikhlasan..
    Terimakasih Pa!!!

  61. Tugas UNJANI / Nindi Maulavia / 0859 says:

    “Carilah Pekerjaan Yang menjadikan Anda Lebih Baik”
    Memang banyak yang berkata “Cari pekerjaan yang gaji-nya lebih besar”, sementara apa gunanya berkeja dengan gaji yang besar, namun menjadikan kita terbebani dan bukan menjadikan diri lebih baik tetapi malah terpuruk.

    Berbeda halnya jika kita bekerja dengan gaji yang bisa dikatakan “Pas-pas an”, tapi menjadikan diri kita selalu lebih baik, senang hati, tidak terbebani karena semua dikerjakan atas dasar tanggung jawab dan keikhlasan..

  62. Akbar Ramdani (5211081105) says:

    Salam Hormat,,,,,
    Setelah membaca artikel bapak saya jadi berpikir bagai mana caranya agar setip apapun yang saya lakukan harus dengan iklas,karna saya pikir di zaman sekarang susah jika segalahal saya lakukan dengan iklas,,,,,
    Terimakasih,,,,,,,,,,,,,

  63. Rika Mardiani (Ak'08-5211081097) says:

    Kerja Ikhlas = Kerja Bodoh….. ??

    pasti pada zaman sekarang ini banyak sekali orang yang berfikir seperti itu. tapi, menurut saya mereka melupakan sesuatu..
    yaitu kepuasan diri pada saat kita melakukan pekerjaan tersebut…

    jika orang melupakan hal tersebut, maka mereka pasti akan menganggap
    Kerja Ikhlas = Kerja Bodoh…..

    tetapi, jika orang tersebut mencintai pekerjaannya dan juga merasa puas saat melakukan pekerjaannya PASTI mereka tidak akan merasa seperti itu.

  64. Dame sintya D.S(5211091045) says:

    Dengan kerja ikhlas,kita akan merasa puas dengan apa yg kita kerjakan.Walaupun untuk dapat kerja dengan keikhlasan itu sulit,maka mulailah dari skrg bekerja dengan ikhlas tidak kerja dengan tulus(tujuan fulus).

  65. irfan felani (5211081036) says:

    banyak orang berpendapat bahwa kerja ikhlas merupakan suatu hal sangat bodoh
    akan tetapi di balik semua itu, banyak hikmah yang bisa di ambil.
    diantaranya adalah:
    kepercayaan atasan kepada pegawainya apabila bekerja dengan ikhlas dan menyelesaikannya dengan lebih baik
    orang yang melakukan kerja dengan ikhlas akan lebih rapih dalam bekerja di bandingkan orang yang bekerja dengan mengharapkan imbalan(gaji).
    orang yang bekerja dengan niatan TULUS (tujuan fulus), akan merasa di kejar-kejar dengan pekerjaannya, apabila dia tidak bekerja dengan rajin maka ia akan merasa minder dalam pekerjaannya.

  66. Yofi Safitri, 5211091082 says:

    Mulailah dari sekarang kita harus belajar bekerja dengan hati yang ikhlas.
    Ikhlas itu sendiri yaitu tidak ada keinginan dari pelakunya terhadap imbalan dan pahala di dunia dan akhirat nanti . Tuhan maha mengetahui segalanya .

  67. sebaiknya kita harus kerja ikhlas dalam melakukan sesuatu. karena dengan hati yang ikhlas dalam melakukan sesuatu maka kita akan mendapatkan ketenangan batin yang sangat luar biasa. oleh karena itu mulailah dari sekarang kita harus kerja ikhlas dalam melakukan sesuatu agar mendapatkan hasil yang memuaskan juga akan mendapatkan ketenangan batin.

  68. sungguh artikel yang sangat menginspirasi…
    ternyata benar sekali apabila kita melakukan suatu pekerjaan dengan ikhlasmaka pekerjaan tersebut akan terasa lebih berarti dan sangat memuaskan . Oleh karena itu marilah kita bekerja dengan ikhlas agar pekerjaan kita akan terasa lebih bermakna…

    semangad…!!

  69. hanna noviana_5211081076 says:

    artikel yang sangat menarik… mengerjakan sesuatu secara ikhlas itu ga merugikan…. karena kita ridak merasa terbebani dan sangat menikmati perkerjaan yang tidak seberapa. tapi dibalik keikhlasan kita itu kita bisa mendpatkan sesuatu yang sangat bermanfaat karena kejakeras kita yang sungguh2 dan ikhlas…
    oleh karena itu merut saya kerja ikhlas itu sangat menguntungkan mungkin karena kita akan endapatkan kepuasan tersendiri ketika mengerjakannya….

  70. Ita Purnamasari(5211081015) says:

    bekerja dengan ikhlas akan membuahkan hasil yang luar biasa. jadi salah bila ada yang beranggapan bahwa kerja ikhlas=kerja bodoh. suatu kekeliruan yang besar mengingat bahwa pekerjaan harus didasari dengan hati yang ikhlas, dan dengan pikiran yang positif. hasilnya mungkin tidak instan, tetapi suatu saat nanti akan merasakan hasil yang sangat memuaskan.
    jadi pada intinya semua pekerjaan harus didasari dengan keikhlasan hati.

  71. muhammad iqbal says:

    memang kerja ikhlas ini adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan, apalagi bila kita ingin menjadi seorang enterpreneur yang baik.. maka selalu ingatlah faktor X yang ada dalam dunia enterpreneur…….

  72. Galih anwar says:

    Kerja ikhlas memang dibutuhkan dalam dunia ini.. Hasil dari kerja ikhlas itu sendiri akan kita petik terus menerus.. Jika didasari dengan yang baik pasti akan mendapatkan hasil yang baik pula..
    dengan begitu apapun yang kita peroleh kedepannya adalah apa yang kita kerjakan di awal. kerja ikhlas merupakan awal yang baik,

  73. Siti Nurrohmi 5211081082 akuntansi'08_unjani says:

    jika kita melakukan segala hal dengan keikhlasan, maka papun yang kita kerjakan akan memberikan hasil yang meuaskan……
    artikel bapak kali ini benar-benar sangat memotivasi saya untuk selalu kerja ikhlas dalam meghadapi segalanya…………………

  74. Hutomo Dwi Wijayanto - 5211091084 says:

    ikhlas diridhoi oleh Allah .
    meskipun kini kebanyakan orang bekerja tidak dengan rasa ikhlas yang seutuhnya. tapi kami mahasiswa/i UNJANI akan merubah pandangan itu .
    hidup Bapak Victor !!!

  75. tiny says:

    IIklas hal yang gk mudah tetapi saya akan belajar untuk iklas apapun yang saya lakukan.terimakasih pak victor atas motivasinya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

Top