Kolom Bersama

Keunggulan Utama Anda

Oleh: Benedictus Erick

Hidup merupakan sesuatu yang unik. Banyak terdapat hal-hal yang kadang bikin kita heran karena mungkin sedikit tidak masuk akal. Ternyata setiap orang, mereka punya jalan hidupnya sendiri yang pastinya itu diikuti juga dengan anugerah dan tantangannya masing-masing. Setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing.

Sebenarnya kita tidak usah ambil pusing dengan hal-hal yang dialami orang lain yang mungkin kita sering kali tampak lebih beruntung dari kita. Saya percaya setiap individu di dunia ini punya keistimewaan masing-masing, punya potensi dan talenta masing-masing, suatu keunggulan dan keunikan yang tidak ada satu orang pun yang bisa mempunyai duplikatnya. Saya juga percaya bahwa setiap orang sebenarnya punya kesempatan dan peluang yang sama untuk mencapai dan menikmati hidup yang berkualitas. Setiap manusia punya potensi dalam diri untuk mewujudkan hal itu. Walaupun jalan dan cara untuk mencapainya sudah pasti sangat beraneka ragam.

Mungkin ada orang yang ia bisa mencapainya dengan cara yang sangat sederhana, tak perlu banyak lika-liku di dalamnya, tapi mungkin ada pula yang untuk mencapainya perlu menempuh jalan yang luar biasa unik, ya, jalan yang unik, jalan yang penuh dengan petualangan, jalan yang penuh dengan berbagai hal dan pembelajaran yang perlu ia terima untuk mencapai hidup yang berkualitas, impian hidup yang paling hakiki, ini penting karena impian hidup setiap orang sudah pasti berbeda-beda.

Sebenarnya tidak ada yag lebih baik atau lebih buruk. Saya percaya itu hanya soal jalan untuk menempuhnya, toh pada akhirnya setiap orang bisa mencapai garis finish yang dalam hal ini impian hidup yang paling hakiki tesebut. Ketika kita termasuk orang yang mempunyai jalan yang sederhana dalam mencapai garis finish, kita perlu bersyukur karena dapat melewatinya dengan proses yang tidak terlalu lama.

Ketika kita termasuk orang yang mempunyai jalan yang unik dan berliku-liku, kita pun perlu bersyukur karena kita diberi kesempatan untuk belajar banyak hal dalam perjalanan, dan yang pasti kita perlu bersyukur karena dengan kita mengalami perjalanan yang sedikit lebih panjang, sudah pasti kita dianugerahi kaki yang kuat untuk berjalan.

Setiap orang punya peluang, hak dan kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang dalam menjawab impian hidupnya yang paling hakiki. Permasalahnya bukan pada mungkin atau tidak, tetapi sebenarnya lebih pada komitmen untuk fokus pada apa yang menjadi keunggulan utama dari masing-masing pribadi. Komitmen pada upaya untuk membangunkan “raksasa tidur” yang ada dalam setiap pribadi yang tidak sama satu dengan yang lain.

Apa keunggulan utama Anda?

*) Penulis memiliki obsesi dan ketertarikan yang sangat besar pada dunia pendidikan, terutama yang berkaitan dengan pembentukan karakter, sikap mental, pemberdayaan dan efektivitas pribadi. Memiliki hobi olah raga, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan dan pengoptimalan pribadi. Dia menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Padjadjaran Jurusan Hubungan Internasional. Saat ini, selain sedang menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Manajemen, Universitas Kristen Maranatha, dia bersama beberapa teman juga memberikan materi pelatihan berkaitan dengan pemberdayaan pribadi dan organisasi dengan bendera Kelompok Studi “Anima” yang bertempat di Bandung. Contact: +628996998353; climber_benedict@yahoo.co.id; erickdananjaya@yahoo.com

Telah di baca sebanyak: 1081
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *