Andrew Ho

Latihan 1.500 Kali


Dalbert Eugen (1864-1932), seorang pemusik tenar Skotlandia memiliki teknik permainan piano yang telah mencapai tingkat sempurna. Walaupun demikian, ia sangat menaruh perhatian pada setiap pertunjukannya. Dia tidak pernah lengah atau bermain sembarangan. Suatu hari, seorang penyelenggara konser datang menemuinya dan mengundang Dalbert Eugen untuk mengikuti sebuah konser pertunjukan. Dalbert Eugen bertanya, “Kapan konser itu akan dimulai ?“ “Tanggal 1 bulan depan !“ jawab penyelenggara tersebut.

“Maaf, saya tidak bisa. Waktu untuk saya berlatih tidak cukup, jadi saya tidak mungkin ikut dalam pertunjukan itu” Mendengar itu, penyelenggara tersebut sangat terkejut dan bertanya, “Guru Besar, Anda masih perlu berlatih ?“ Dalbert Eugen menjawab, “Setiap kali saya akan menerbitkan lagu baru dan mengadakan konser, paling tidak saya harus berlatih selama sebulan penuh.”

“Apa ?“ jawab penyelenggara itu dengan takjub. “Perlu 1 bulan ? Guru Besar, banyak pemusik tenar yang saya kenal hanya membutuhkan latihan tidak lebih dari 4 kali untuk satu pertunjukan. Sedangkan Anda adalah seorang Guru Besar di bidang musik, tidak mungkin Anda membutuhkan latihan sedemikian lama untuk mengadakan satu pertunjukan !“

Dalbert menjawab. “Setiap saya akan menerbitkan ciptaan baru atau mengadakan pertunjukan, saya harus berlatih setidaknya 1.500 kali. Jika tidak, saya sama sekali tidak berani tampil dalam pertunjukan agar tidak ditertawakan orang. Dalam 1 hari saya dapat berlatih selama 50 kali, jadi saya membutuhkan waktu 1 bulan untuk mematangkan Iatihan, Karena itu, jika Anda bisa menunggu sampai 1 bulan, saya akan ikut dalam pertunjukan Anda. Bila Anda tidak bisa, maaf saya terpaksa menolak undangan Anda!”

Pesan :

Kerajinan dapat menutupi kekurangan. Di zaman informasi seperti dewasa ini, barang siapa yang dapat menguasai pengetahuan baru, dialah yang dapat menciptakan peluang baru. Tetapi, jika Anda tidak menggunakan pengetahuan yang Anda miliki, Anda tidak akan menghasilkan potensi apapun.

Dengan berlatih terus, kita dapat menghasilkan sebuah keajaiban karena kematangan kita dalam menguasai satu hal. Dalam bidang network marketing, “Persembahan” kita yang pertama, baik presentasi produk maupun rencana pemasaran, tidak diperkenankan untuk gagal. Oleh karena itu, sebelumnya kita harus banyak berlatih, agar dapat memberi penampilan yang penuh keyakinan di hadapan konsumen atau calon distributor.

Lazimnya dalam keadaan “siap siaga” ini, transaksi yang kita lakukan pasti akan berhasil. Sebaliknya, jika kita maju ke “medan perang” tanpa persiapan, maka kemungkinan besar, kita akan gagal.

Ingatlah, sang pemusik sukses yang merasa tetap perlu berlatih sebanyak 1.500 kali sebelum mengadakan pertunjukan, barulah dia mendapat keberanian untuk tampil dengan sempurna. Apa lagi para distributor yang berada dalam sebuah usaha MLM/DS yang penuh dengan persaingan dan perubahan yang hebat. Mereka harus lebih rajin belajar dan berlatih, supaya setiap kali “maju ke medan perang”, dapat kembali dengan kemenangan.

Garry Player, golfer terkenal di dunia, pernah ditanya tentang kiat suksenya. Beliau berkata, “Setiap hari, saya melakukan lebih dari 1.000 kali pukulan di padang golf Apabila tangan saya sakit, saya istirahat sejenak, kemudian saya meneruskan lagi sampai 1.000 pukulan selesai.”

“Semua kuasa datang dari disiplin dan ia dikotori apabila kekangan itu diabaikan. “- Roger Caillois

“Tidak ada keberhasilan yang abadi tanpa kesungguhan.” – Anthony Robbins

“Jangan biarkan hidup merontokkan Anda, setiap orang yang sampai di suatu tempat harus memulainya dari tempat dulu ia berada. “- Richard Evans

“Sukses adalah penggoda yang akan mengumpankan Anda pada kepuasan hati dan membuat Anda arogan – dua faktor yang memastikan kejatuhan Anda berikutnya. “- Billi P.S. Lim

“Bangsa Jepang sangat mementingkan budaya KAIZEN (pembaharuan), saya menegaskan semangat CANI (Constant and Never-Ending Improvement). “- Anthony Robbins

*Andrew Ho adalah seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku best seller.Kunjungi websitenya di : www.andrewho-uol.com.


Telah di baca sebanyak: 1944
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *