Manfaat Akar Bit Merah Bagi Kesehatan


Oleh: Emmy Liana Dewi

Apakah Anda pernah minum jus yang berwarna merah seperti darah? Bisa jadi, bila Anda pernah meminumnya, jus Anda dicampur dengan akar bit merah yang warnanya memang benar-benar merah seperti darah. Dan Anda akan merasa segar penuh enerji setelah meminumnya. Salah satu khasiat jus bit adalah menambah pasokan enerji, disamping itu masih banyak manfaat lain dari mengasup bit dengan cara dibuat jus, salad, atau sup.

Pada tanaman bit, yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya. Berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah – ungu gelap. Daunnya bisa dimasak seperti sayur hijau lainnya. Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa.

Bit mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak. Banyak cara menyantap akar bit, yaitu: dibuat jus, direbus sebentar untuk salad, dibuat pure (dihaluskan) untuk sup, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang.

Ada yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita. Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda. Dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita Anda kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara (http://en.wikipedia.org/wiki/Beet).

Manfaat akar bit:

1. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)
Penulis membuktikan dengan minum jus bit dicampur jeruk lemon dan apel hijau, bisa membantu menurunkan tekanan darah.

2. Selain itu minum jus bit akan meningkatkan stamina
Minum jus bit d bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.

3. Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir. Bersama ini campuran yang bisa Anda gunakan untuk membuat jus untuk detoks:

A. 1 buah apel, 1 buah pir, ½ buah bit ukuran besar: di masukkan ke alat pembuat jus.
Lalu aduk 2 sdm pysllium husks (bisa beli di toko makanan sehat dan toko organik)
Segera diminum. Psyllium husk adalah serat yang apabila dicampur dengan air bisa mengembang seperti agar-agar. Fungsinya membawa ‘sampah’ di usus besar untuk dikeluarkan dengan lebih cepat.

B. ½ bit ukuran sedang dan 1 buah ketimun ukuran kecil di masukkan ke alat
pembuat jus. Tambahkan 1 ½ cangkir soda water. Lalu beri perasan air jeruk nipis atau lemon.

C. Selain membuat jus dari campuran bit dan buah lainnya, cobalah merebus bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu airnya diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas. Air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik, sehingga keesokan harinya buang air besar lancar.

4. Penangkal anemia
Bit yang berwarna kemarahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

5. Masalah pencernaan
Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalh ‘sebah’ di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cukup sekali sehari.

6. Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu
Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut.

7. Mengatasi masalah ketombe
Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilaslah dan keramaslah bersih-bersih.

8. Jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker. Bersama ini ada jus khusus untuk mengatasi pasien kanker:

Jus Super –Antioksidan.
2 wortel ukuran sedang dicincang, ½ bit ukuran sedang dicincang, 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor, 30 gram bayam dan 4 batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum.

9. Pewarna makanan alami
Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

10. Gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut
Bila Anda akanmewarna rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

Tunggu apa lagi? Yuk kita coba membuktikan khasiat akar bit merah ini.

*) Emmy Liana Dewi; Alumnus Workshop “Cara Cerdas Menulis Buku Best-Seller ini dapat dihubungi di esuhendro@yahoo.com

Sumber:
BBC News dan Juices, Nature’s Cure all for Health and Vitallity, by Jan Castorina & Dimitra Stats, http://en.wikipedia.org/wiki/Beet, http://flavoursofindia.tripod.com/beetroot.html,.

Telah di baca sebanyak: 150744

Comments

48 Responses to “Manfaat Akar Bit Merah Bagi Kesehatan”
  1. Wah , Jus yang luar biasa Tq akan sy coba. Thanks juga utk tulisan yang menginspirasi. Salam sukses

  2. Terimakasih tulisannya yang sangat bermanfaat. Saya benar2 tertarik…gampang nyarinya kan jus akar bit merah?

  3. Reni says:

    Woow…!! Ternyata si buruk rupa manfaatnya sangat luar biasa. Buat pak Agung yang sedang mencari-cari akar ajaib ini bisa kita beli di supermarket-supermarket. Jadi jangan lihat rupanya tapi rasakan manfaatnya. Selamat mencoba si buruk rupa yang banyak kebaikannya untuk kesehatan ini.

  4. Emmy Liana Dewi says:

    @Pak Agung Praptapa: Bisa mencari BIT di supermarket (Macro, Hero, dll). Harganya sekitar Rp. 20-25 ribu/kg. Biasanya hanya disebut BIT dan yang kita beli berupa umbinya/akarnya. Di pasar tradisional kadang-kadang ada juga dan harganya lebih murah. Ada yang sudah berupa jus dicampur dengan beberapa macam sayur buatan Thailand, akan tetapi khasiatnya jauh berbeda. Lebih baik, jusnya membuat sendiri: segar dan tanpa zat tambahan apapun. Selamat mencoba.

  5. Reni says:

    Wow… Ini dia si buruk rupa yang banyak manfaat. Sedang naik daun kayaknya atau aku aja yang gak tau?

  6. Diana says:

    Wah wah kaga menyangka yah, byk jg manfaat nya, soalnya dari bentuknya gak menselerakan banget lah, ternyata tdk bisa nih menilai dr bentuk nya hehehehehe,
    so bgs nya kita di sarankan utk meminum jus bit ini di pagi hari sebelum breakfast ato kah siang sesudah makan siang?biar bs merasakan manfaatnya?
    Thanks for advice nya……..

  7. Emmy Liana Dewi says:

    @ Bu Diana,: Untuk mengambil manfaat minum jus bit yang dicampur dengan buah atau sayur lain untuk kebugaran dianjurkan minumnya di pagi hari, terutama ketika perut masih kosong. Apabila butuh pasokan energi/menambah stamina misalnya untuk olah raga, dianjurkan minumnya setengah jam sebelum olah raga. Menurut penelitian, minum jus bit bisa menambah waktu berolah raga sekitar 16% lebih lama. Terimakasih atas komen Bu Diana.

  8. agus nugraha says:

    Manfaat buah bit sudah kami rasakan, sangat baik untuk penderita maag. Anak saya menderita maag, tiap melaksanakan puasa pasti kambuh, tapi ternyata setelah mengkonsumsi jus buah bit, puasa mereka lancar staminanya juga tidak loyo. Silahkan buktikan sendiri………..

  9. Lina Diponegoro says:

    Terimakasih infonya, akan saya coba…..

  10. Hendri Bun says:

    pengen coba. tapi belum sempat beli. lihat2 khasiatnya … pasti ok banget. thanks tuk sharenya Bu. Sering2 yah!

  11. ellice says:

    Tq,tentang informasi buah bit.
    Saya sering mengkonsumsi jus buah bit,2X dalam satu minggu,kulit saya lebih cerah dan muka jadi lebih cerah,tekanan darah saya selalu normal,saya penderita jantung, jantung saya normal sekarang dan kondisi tubuh tidak mudah lelah dan lebih fit, silahkan ibu2 atau bapak2 coba sendiri khasiatnya,karena lebih baik mengkonsumsi buah2han dan sayur2an daripada obat2an kimia.

  12. Puspita W says:

    Ibu telah membuat saya penasaran. Selama ini saya baru mampu berbagi sirih merah dan jahe merah.

    Bit merah?. Bagaimana mendapatkan bibitnya sementara rumah saya di desa jauh dari Supermarket?. Doakan ya bu supaya Allah memberi kesempatan pada saya mendapatkan bibitnya sehingga bisa berbagi.

    Mari kita kembangkan semangat berbagi. Berbagi bibit tanaman herbal. menyehatkan dan membahagiakan.

    Saya tunggu ilmu berikutnya. Terima kasih.

  13. Emmy Liana Dewi says:

    @ Bu Ellice: Walau terlambat, terimakasih banyak atas tambahan info dari Ibu.

    @ Bu Puspita: Sayangnya bit lebih menyukai tumbuh di dataran tinggi. Saya sendiri membeli bit di supermarket. Terimakasih atas komentar Ibu.

  14. Indrayani Soelistyono says:

    Memang hebat buah yang satu ini loh, saya bisa merasakan pada putri cantikku tersayang, Dia punya penyakit yang namanya ITP (Idiopatic Trombositopheni Purpura) yg mana kadar trombositnya tiba2 bisa menurun drastis sampai 20.000 (normalnya 150.000) padahal anaknya sehat, ceria lincah (tidak sakit atau demam) jika kondisinya kurang fit, dibeberapa bagian tubuhnya kadang timbul lebam biru kehitaman (seperti kalau orang terbentur benda keras). selama kurang lebih 3 bulan kami sudah ikuti terapi minum obat2an dari dokter yang katanya efek sampingnya membuat anak jadi gendut / moon face dan itu memang dialami oleh putri saya, dia jadi gendut yg akhirnya membuat dia tidak “pede” dan malu… akhirnya saya berhenti terapinya.

    Sejak berhenti terapinya lambat laun berat badan anak saya normal kembali, dan dia kembali pede’ tetapi kadang2 masih timbul “biru2 lebam” dibagian tubuhnya, terutama jika kondisinya kurang fit (habis batuk flu, kurang istirahat, cape). ini saya alami kurang lebih hampir dua tahun

    Suatu hari saya ketemu teman yg tau tentang penyakit putri saya, kemudian dia menyarankan agar putri saya di beri minum “jus buah bit” kemudian aku coba buat sendiri “1buah bit dicampur madu dan 1/4 sendok teh angkak” setiap hari saya beri dia minum 1 gelas kecil, Alhamdulilah selama 1 bulan ini saya amati putri saya tidak pernah lagi ada “biru2 lebam” dibagian2 tubuhnya. bahkan saya melihat putri saya lebih sehat dan lebih fit.

    Kami ingin melihat satu2nya putri kami (2 kakaknya laki-laki) tumbuh dewasa normal seperti putri-putri cantiknya lainnya. Dengan kuasa Allah melalui buah ajaib ciptaanNYA, mudah-mudahan doa kami selama ini didengar dan di kabulkan. Amiiin yaa Robbal alamiin…..

  15. artikel nya bagus banget..bermanfaat..soalnya aku keranjingan minum jus bit merah tapi gak tau manfaat nya dengan jelas.. dengan artikel ini aku jadi tau manfaat yang banyak dari bit…Viva Victory Red BeetRoot…
    tulis artikel lain ynag lebih bagus yaa..

  16. emmy Liana Dewi says:

    @Ibu Indrayani Soelistyono: Terimakasih atas tambahan info dan sharing dari Ibu. Tentu tambahan info dari Ibu sangat berguna bagi para pembaca. Terimakasih atas tambahan info tentang penyakit : ITP (Idiopatic Trombositopheni Purpura). Saya ikut berdoa agar putri tersayang Ibu cepat sembuh dan bertambah sehat. Amin.

  17. Emmy Liana Dewi says:

    @Nida Sabiq Ash: Semoga bertambah sehat dengan mengkonsumsi jus bit.

  18. Nini susanna says:

    apa buah beet bs untuk penyembuhan pada penderita luka lambung???..
    thx be4..

  19. tamagochisan says:

    mbak… sebaiknya jus buah bit ni dikonsumsi sebelum ato sesudah makan di pagi ato siang hari ? thanks very much… pls reply

  20. kalau demam berdarah bisa minum ini? says:

    saya ingin tanam bibit ini.

  21. emmy Liana Dewi says:

    @Nini Susana: Maaf baru membalas:
    Buah bit bagus untuk lambung. Coba dicampur dengan wortel.
    Semoga cepat sembuh.

  22. emmy Liana Dewi says:

    @tamagochisan: Minum jus lebih baik pada pagi hari, dalam keadaan perut kosong dan sebelum gosok gigi untuk memanfaatkan enzym d air liur kita.
    Demam berdarah boleh minum jus ini dan bisa dicampur dengan jambu biji warna merah.

    Menanam bisa saja sih… tapi butuh daerah yang sejuk, ya…dan butuh bibitna.
    Terimakasih dan salam sehat selalu.

  23. Sriqueen says:

    saya mau tanya , untuk kekurangan darah , apakah kalau minum buah beet root bisa di campur dengan buah yang lain untuk mengurangi rasa kurang enak, atau harus minum beet root saja tanpa campuran apa-apa.
    terus setiap minum 1 glass, berapa peningkatan darahnya atau kandungan kasiatnya?

  24. Emmy Liana Dewi says:

    Minum jus bit memang lebih enak dicampur buah lain. Peningkatan darah tergantung rutinitas minum jus bit, life style: makan makanan sehat, dan perlu olah raga rutin untuk meningkatkan metabolisme tubuh, serta istirahat yang berkualitas dan pikiran yang positif juga…Salam sehat selalu.

  25. agusforira says:

    tergeletik oleh bbrp buag bit yg dibuat bahan kue red velvet oleh ma’yang, saya gado begitu saja dan mau tahu manfaatnya dari mbah google mampir ke sini…wow banyak manfaatnya, izin share ya bu…
    Cake hasil olahannya boleh deh lihat di dapurnya ma’yang ku
    http://iracahyono.blogspot.com/search/label/red%20velvet%20cake

  26. Icad says:

    Tidakah juice buah bit bisa menyebabkan dara jadi kental, karena zat besinya yang tinggi ? Amankah juice buah bit ini bagi yang punya kecenderungan darah kental ?

  27. Emmy Liana Dewi says:

    @Agusforira: Terimakasih sharingnya…
    Silakan bila mau di sharekan untuk teman-teman.
    Salam sehat selalu…:)

  28. Emmy Liana Dewi says:

    @Icad: Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan jus bit bisa menambah kekentalan darah. Kalau mau lebih aman lagi, bisa dicampur lemon, atau sayuran lain…

    Salam sehat selalu..:)

  29. emi says:

    kalau boleh ditulis juga dong berapa kandungan amylumnya terus kalau boleh disebut apa nama amilum tersebut,TQ
    salam sehat selalu

  30. ade komariah says:

    Terimakasih atas informasinya mengenai umbi bit, Semoga dapat bermanfaat bagi banyak orang

    thx.

  31. Sudaryati says:

    kakak sy cuci drh, bs g ya knsmsi buah bit ? mhn jwbnnya, smg bs bntu ksembuhan kakak sy. amin. mksh.

  32. devi says:

    buah yang mempunyai sejuta fungsi
    dan aku udah buktikan
    MasyaAllah luar biasa

  33. tri says:

    Apakah orang yang mempunyai tekanan darah cenderung rendah,boleh minum jus bit ini?

  34. @Tri:
    Orang yang cenderung punya tekanan darah rendah bisa minum jus bit yang dicampur buah atau sayur lainnya (apel, wortel). Bisa ditambah sedikit jahe untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh. Salam sehat selalu.

  35. @Sudaryati:
    Pertama-tama perlu konsultasi dengan dokter yang merawat. Karena pasien cuci darah perlu hati-hati mengkonsumsi makanan dan minuman. Apabila diijinkan dokter, buah bit perlu dicampur dengan buah atau sayur lain yang tidak bersifat deuretik. Terimakasih. Salam sehat selalu.

  36. Isral Anas says:

    Saya sudah minum jus bit selama 6 bulan… tapi takaran pembuatan jus bit itu berapa. trus sehari berapa kali minumnya… .mohon penjelasannya ya bu… terima kasih…

  37. adeirawan says:

    Salam kenal ibu emmy..!! saya mau tanya tentang bit,untuk penderita tumor,sebaiknya bagaimana??? adakah resep/cara buat (masakan,minuman)dengan bit…??? terima kasih infonya. nb:photo ibu keungu-unguan,kebanyakan konsumsi bit ya…he3x (bercanda)

  38. berel sampul says:

    trimakasih untuk infonya tapi saya ingin tannya dimana sayabisa mendapatkan buah bit itu,alamat saya di bali,trimakasih

  39. nickejj says:

    salam untuk ibu Emmy, mohon ijin copaste wacana untuk blog saya, karena saya akan menurunkan resep Red Velvet Cake (recipe by Ria Helyana) yang menggunakan umbi ini, saya turunkan secara detail karena ternyata buah ini …ehhh ada juga yang ga tau, mencari2 di seluruh SPM (supermarket) katanya ga ada…padahal dia memang tidak tau bentuk nya…, dan pasti tidak tau pula kegunaannya….
    terima kasih buuu, semoga sharing ilmu ibu mendapat balasan yang lebih banyak dan manfaat…

    nickejj

  40. bki says:

    thanks ya bagus banget ntar saya mencoba apa sih rasanya.

  41. dian says:

    maap saya penderita darah rendah, yang suka tiba” ngedrop kalo kecapean.
    nah kk saya kasih saran untuk minum air rebusan buah bit ini.
    ketika saya coba, memang keesokkan harinya bdan saya terasa segar, dan darah saya pun kembali normal.
    namun akhir” ini jadi sering ngedrop, n saya jd sering juga minum air rebusan bit ini karena saya beranggapan bit ini untuk menormalkan tekanan darah.
    mohon penjelasannya..

  42. Bali Villa says:

    Mencoba untuk bergaya hidup sehat itu sangat perlu sekali, dan itu juga tidak harus mengeluarkan biaya mahal….apalagi kalau minum juss sayur atau buah-buahan….selain bagus untuk kulit pasti juga tidak gampang sakit…..

    Bali Prewedding Photography, Bali Wedding Photography, Bali Wedding

  43. ayu ratna says:

    saya sudah mengkonsumsinya, dan baik untuk saya yang memiliki tekanan darah rendah dan sering mengalami kerusakan perut.,.,

  44. alfita says:

    Sy mau tny, ayah sy kreatin ginjalnya 6,3… Apakah jus bit baik buat d konsumsii?? mhon blsnnya

  45. lik suti says:

    bisa untuk meningkatkan trombosit…

  46. Emmy Liana Dewi says:

    @ Bu Theresa: Biasanya bit merah dicampur dengan sayur atau buah lainnya. Sehingga baik juga untuk yang menderita gastritis. Cukup 1/3 atau 1/2 buah bit ukuran sedang dan dicampur dengan bahan lainnya. Terimakasih atas atensi Ibu.

    @Bu Alfita: Lebih baik konsultasi dengan dokter dulu. Dalam hal ini bit dicampur, dan bitnya jumlahnya tidak perlu banyak. Terimakasih atas atensi Ibu.

    @ Bu Lik Suti: Terimakasih buat tambahan infonya.

  47. wati says:

    dimana saya bisa mendapatkan Bibit Umbi Bit,trims

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

Top