Manusia Pembelajar

Manusia pembelajar adalah setiap orang (manusia) yang bersedia menerima tanggung jawab untuk melakukan dua hal penting, yakni: pertama, berusaha mengenali hakikat dirinya, potensi dan bakat-bakat terbaiknya, dengan selalu berusaha mencari jawaban yang lebih baik tentang beberapa pertanyaan eksistensial seperti: Siapakah aku ini?; Dari mana aku datang?; Kemanakah aku akan pergi?; Apa yang menjadi tanggung jawabku dalam hidup ini?; Kepada siapa aku percaya?; dan kedua, berusaha sekuat tenaga untuk mengaktualisasikan segenap potensinya itu, mengekspresikan dan menyatakan dirinya sepenuh-penuhnya, seutuh-utuhnya, dengan cara menjadi dirinya sendiri dan menolak untuk dibanding-bandingkan dengan sesuatu yang “bukan dirinya”.


Andrias Harefa : Menjadi Manusia Pembelajar, Penerbit Buku Kompas, 2000; hlm.30-31.

Telah di baca sebanyak: 2555

Comments

24 Responses to “Manusia Pembelajar”
  1. WALUYO says:

    gmana seh gabung di pembelajar DOT com

  2. Puspita W says:

    Upaya mencetak generasi pembelajar, inilah mimpi seorang guru di kota kecil seperti saya. Tapi meskipun lambat tapi pasti saya melihat hasilnya, rasanya bahagia sekali.

  3. topan says:

    saya ingin sekali belajar.tapi kadang berbenturan dengan keadaan…
    saya pernah membaca buku ” menjadi manusia pembelajar ”
    tapi belum bisa menerapkannya secara nyata.
    mohon bimbingannya.
    thx

  4. Jundi Abdul Syahid says:

    Manusia yang tidak belajar seperti orang naik sepeda menaiki bukit tapi sepedanya tidak dikayuh apa yang terjadi?sepeda dan pengayuhnya akan terjungkir dan terjatuh, manusia pembelajar adalah manusia yang menikmati keindahan sebuah bukit yang sangat indah,bertambah belajar bertambah indah,yuk jadi manusia pembelajar terutama belajar ayat-ayat Alloh baik yang qauliyah(Al Qur,an) maupun yang kauniyah (alam semesta).

  5. Peri Irawan says:

    Sudah sejak lama saya belajar di situs pembelajar.com
    hasilnya sangat luar biasa…, terima kasih kepada para pembimbing dan kolomnis atas transfering knowledgenya, sehingga saya bisa belajar untuk saling memberi inspirasi, belajar dan saling menguatkan untuk meraih sukses dalam kehidupan serta menjalani kehidupan yang penuh dengan makna, salam sukses dari saya Peri Irawan/Irawan Santoso.

    Mari terus belajar…
    Mari terus berkarya…
    Mari kita raih sukses dan bahagia…

    Sukses selalu untuk pembelajar.com dan semua nara sumber yang selalu memberikan konstribusi yang bermanfaat bagi kami.

  6. Rizal Bani says:

    Menjadi manusia pembelajar adalah KEHARUSAN yang HARUS dipilih oleh insan-insan petualang.
    Salam Sukses; untuk Indonesia yang lebih baik….

  7. hasin says:

    biar bermanfaat gimana caranya saya gabung di pembelajar.com ini?

  8. ekafitria says:

    menjadi manusia pembelajar adalah kewajiban setiap manusia.pembelajaran yang sebenarnya adalah pembelajaran tentang mengartikan hidup ini,belajar untuk tidak menuruti apa yang menjadi kehendak hati yang melenceng dari Ajaran-ajaran NYA.Menjadi manusia pembelajar sejati adalah apabila dia belajar dengan apa yang Tuhan potensikan untuknya,tanpa ada yang disia-siakan tapi hatinya tetaplah membumi walaupun ilmunya tinggi.itulah sulitnya menjadi pembelajar yang bisa membumikan rasanya.bahwa dirinya tidak berdaya tanpa adaNya…….

  9. triyono says:

    Iam OK you are OK, tepat sekali bung …….( kenapa aku nggak belajar ngenet dari dulu? truss cari inspirasi di SINI!!!)
    http://waskitamandiribk.wordpress.com

  10. aku dah pernah baca bukunya andreas harefa, ada pencerahan dari situ, ngerasa apa yang aku alami masih kecil dan masih banyak yang mengalami hal yang lebih susah daripada apa yang aku alami, thanks

  11. lazuardi says:

    laur bisa ni website………

    kapan saya bisa bertemu dengan bapak???

  12. Nurul fajri says:

    belajar,belajar dan belajar

  13. amani says:

    luar biasa!semoga saya dapat mengaplikasikan makna kata-kata yang bapak rangkai menjadi sebuah kalimat yng penuh energi…

  14. Lina says:

    Berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari dengan terus belajar dan membuat diri kita selalu sadar dengan sesadar-sadarnya akan peran kita menjadi manusia pembelajar. Sukses buat kita semua.

  15. Untuk menjadi efektif manusia pembelajar kita sebaiknya mulai dengan mengajarkannya (hal positif), tidak harus muluk-muluk misalnya mendidik anak-anak mengenai pentingnya cara hidup bersih dan membuang sampah atau sampai taraf pencapaian tertinggi misalnya berperan sebagai guru besar di sebuah universitas.
    Mengajar berarti akan membuat anda berfikir keras melakukan perbaikan untuk yang terbaik, melatihnya secara berulang dan anda akan terbiasa tentang apa yang harus disampaikan, termasuk dalam mempersiapkan bahan dan memilih padanan kata sampai ke taraf evaluasi setelah pendidikan & pelatihan. “Practice make perfect”.
    Jika anda mengajar berarti anda memberi sesuatu yang berguna kepada orang lain, ada sebuah kiasan luhur tentang mengajar, jika anda mengajar maka anda akan mendapatkan benefitnya 90% walaupun yang anda berikan hanya bisa dicapai 10%. Yang dimaksud dengan benefit disini bisa berupa mungkin kebahagiaan karena telah berbagi, mulai mendapatkan trust karena kita memberinya dengan tulus iklas, anda akan mendapatkan dukungan dari teman2 anda bahkan sampai ketaraf kebutuhan material pun akan mengikuti anda. Perasaaan bahagia ini akan memotivasi anda untuk hidup dan perasaan bangga karena berguna bagi sesama.
    Yang penting dalam mengajar dan pembelajaran dilakukan dengan iklas tadi tanpa selembar benang pamrih apalagi terkontaminasi dalam dunia politik, maka semua akan menjadi sia-sia belaka. Jangan memaksakan diri Anda pindah dunia dari dunia ketulusan menjadi dunia pamrih ini, sehingga tidak jarang walaupun seorang pendidik agama, kiai, pendeta, guru besar di universitas yang ternama sekalipun maka ia akan kehilangan kehormatannya ketika sudah alih profesi ke dunia politik.

  16. kangoyot says:

    sesungguhnya setiap saat kehidupan kita adalah waktu pembelajaran kita… belajar bukan hanya dalam ruang kelas- ruang kelas… tapi dari setiap keadaan yang sedang berjalan….
    belajar seumur hidup…
    salam ^_^

  17. Aswar M. Djulaifah says:

    Gara-gara situs ini nih, saya bisa menulis buku (masih konsumsi pribadi). Bagaimana caranya mendapatkan buku2 Pak Harefa? Khususnya buku Menjadi Manusia Pembelajar. saya kesulitan mencarinya karena tidak ada toko buku di sekitar tempat domisili saya yang baru (Tual, Maluku) Please…. Mungkin bisa saya beli online atau bgm?

  18. M.jauhari says:

    luar biasa, semoga saya dapat menerapkan setiap kalimat yg sangat berkualitas tersbut dalam kehidupan saya

  19. gede upadana says:

    untaian kata yang menghentak,,,,
    tpi darimana saya dapat pelajari itu semua,,,???
    adakah jalan yang mengantarkan saya sampai pada jawaban atas semua pertanyan yang telah bapak ajukan???? kalau ada arahkan saya kejalan itu, karena saya masih tersesat dan terombang-ambing arus kehidupan,,, suka-cita, benar-salah, sukses gagal,,, selalu hiasi hidup ini,,,, bagaimanakah caranya kita melampaui semua itu???? mohon penjelasannya,,, terima kasih..

  20. umay they says:

    saya org yg sangat ingin mengembangkan diri dan bulan lalu sy kebetulan membaca koran lama yang membahas sedikit tentang judul buku Bpk.Andrias “SUKSES TANPA GELAR” saya sudah cari ke banyak tk.buku tapi blm dpt jg, ka;o ad yg tau, mohon informasinya, please.

  21. umay they says:

    skali lg kalo ada yg tau atau memiliki buku SUKSES TANPA GELAR mohon informasinya,ke Email sy ja, hum.hum70@ymail.com

  22. Kino Sebayang says:

    mohon informasi tempat penjualan buku Manusia Pembelajar
    email : ersinalsal@yahoo.co.id
    terima kasih

  23. ilyas afsoh says:

    Saya sangat terinspirasi dengan web ini dan segala isinya

  24. manusia pembelajar,karena kewajiban dan suatu keharusan bahwa kita mesti senantiasa belajar.belajar mengenal diri,belajar menjadi lebih baik,karena kesempurnaan hanya milik Tuhan…………….salam pembelajar! :-)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

Top