Kolom Alumni

Mau Menopause Tetap Berkualitas? Hypno Aja …

Oleh: Yus Santos

Sudah takdir wanita, bahwa di umur tertentu akan mengalami menopause. Kadang bagi beberapa orang menopause bisaa menimbulkan masalah besar. Nah metode Hypnotherapy bisa membantu bagaimana masuk menopause dengan berkualitas.

Mungkin saat ini kerabat Anda atau teman Anda atau bahkan Anda sendiri sedang menanti masa menopause. Ah … tidak perlu terlalu kuatir, karena cepat atau lambat setiap wanita pasti mengalami saat menopause.

Ciri Fisik dan Emosi
Wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami ciri fisik seperti pengeroposan tulang. Penyebabnya karena kadar estrogen yang jauh menurun dalam tubuhnya. Menurunnya hormon estrogen menyebabkan wanita yang memasuki masa menopause sering mengalami rasa panas disertai warna kemerahan pada kulit dan berkeringat. Juga membuat organ intim wanita menjadi kering dan kurang elastis, serta rentan terkena infeksi saluran kencing.

Selain itu, akan timbul gejala emosional dan kognitif seperti kelelahan mental, lekas marah tanpa sebab, dan perubahan mood serta afek–emosi yang berlangsung cepat. Sebagian wanita juga mengalami ketidaksiapan mental yang mengakibatkan keluhan baru seperti stres hingga depresi. Stres lebih dikarenakan self-talk yang berpikir seolah-olah dunia runtuh karena sudah tidak menstruasi lagi, berarti tambah tua yang juga berarti sudah tak berguna dan sebagainya.

Karena merasa bertambah tua, keriput, tidak menarik lagi, mereka juga stres takut ditinggal suaminya. Sebagian wanita memang dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara menyibukkan dirinya dengan berbagai kegiatan. Tapi, ada pula yang tidak mampu mengatasinya, sehingga sampai pada keinginan mengakhiri hidup.

Hypnotherapy untuk Menopouse
Berbagai penanganan baik medis maupun alternatif banyak dilakukan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi pada masa menopause. Mulai dari pemberian obat-obatan tertentu, diet pengaturan makanan, olahraga, yoga, senam menopause hingga pemberian terapi hormon pengganti. Selain itu juga dilakukan pengelolaan diri yang berguna untuk memotivasi atau mendukung tercapainya proses penyembuhan. Pengeloaan diri tersebut dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah hypnotherapi.

Benar, hypnoterapi bisa membantu menangani masalah-masalah yang dialami perempuan saat menopause. Hypnoterapi bertujuan membuka kesadaran klien untuk mengetahui masalah utama dan dampak menopause. Metode Hypnotherapy bisa membantu menyesaikan masalah keterkaitan menopause dari dirinya sendiri.

Keefektifan terapi secara perlahan akan mengembalikan rasa kepercayaan yang hilang atau gejala lain yang mengganggu. Dengan hypnoterapi, perempuan yang sudah dalam masa menopause bisa menjalani hidup tanpa beban. Bahkan lebih positif dan lebih produktif dalam menjalani kehidupan pasca menopause.

Bagaimana Hypnotherapy Bekerja pada Wanita Menopouse
Hypnotherapy pada perempuan menopause biasanya didasarkan pada macam gejala atau keluhannya. Secara psikis misalnya, nafsu seks perempuan menopause yang berkurang bisa dibangkitkan. Karena organ kewanitaannya mengering, hypnoterapi membuat mereka siap bila harus menggunakan pelumas atau lubricant untuk berhubungan intim. Hypnoterapi membuat mereka tidak takut bahkan percaya diri untuk berhubungan seks dengan suami. Ada banyak teknik hypno untuk membangkitkan kepercayaan diri.

Secara hormonal, hypnoterapi bisa membuat efek basah pada wanita yang menopause. Karena saat menopause wanita merasa organ intimnya selalu kering. Dengan relaksasi yang dalam sehingga masuk gelombang theta, dan keadaan somnbambulism. Pikiran bawah sadar bisa bekerja di tingkat hormonal. Hormon-hormon tertentu bisa disugestikan untuk bekerja. Dan ketika relaksaksi yang dalam endorphin keluar yang bisa menimbulkan efeks bahagia dan segar. Karena boleh dibilang endhorphin adalah morphin alami dalam tubuh. Dengan demikian wanita menopause bisa merasa lebih basah di organ intimnya.

Sugesti hypnotherapy, dengan teknik khusus untuk menopause bahkan bisa meningkatkan stamina fisik. Dan tentu saja juga membuka inner beuty dengan kekuatan kata kata positif dan imaginasi positif.

Metode Hypno-Menopouse
Metode terapi untuk wanita menopause tidak jauh berbeda dengan hypnotherapy yang dilakukan untuk persoalan-persoalan yang lain. Ketika datang ke hypnoterapis, harus digali persoalannya lebih dulu. Selain anamnese (wawancara kasus) secara sadar, hypnotherapist juga harus mendengar cerita si klien dalam keadaan trance (hypnotic state).

Karena dalam keadaan sadar, klien tidak akan langsung mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya. Kadang dalam keadaan sadar, si klien masih mengalami hambatan-hambatan seperti rasa malu atau ketakutan-ketakutan tertentu. Sementara dalam keadaan hipnotis, saat bawah sadarnya relaks, hambatan-hambatan itu bisa dieliminasi.

Saya menggali permasalahan bawah sadar klien dengan menggunakan teknik regresi dan metode hypno-invvestigasi yang lain. Intinya mencari initial sensitive event (ISE) dari klien. Setelah tahu ISE kita bisa me-redukasi pikiran bawah sadarnya.

Ada banyak metode meredukasi klien secara hypnotherapy. Antara lain dengan sugestion therapy, Double dissociation, Part therapy, Role Model, Chair therapy, dan Mirror Guided Imagiry. Tentu saja setiap metode therapeutic yang dipakai berdasar permasalahan klien. Namun setiap teknik yang dipakai menurut hemat saya harus diakhiri dengan post hypnotic sugestion atau sugesti setelah hipnosis. Supaya sugesti dan re-edukasi yang telah diberikan pada saat sesi hypnotherapy akan terus bekerja, meski si klien sudah bangun atau dalam keadaan normal.

Tips Self Hypnotherapy
Lalu bagaimana kalau Anda atau sanak saudara atau teman teman Anda, tidak berkesempatan untuk mengunjungi hypnotherapy. Anda bisa melakukan sendiri dengan self hypnosis.

Caranya:
1. Masuk ke alam relaksasi, cari tempat duduk yang tenang, boleh juga memutar musik relaksasi kemudian perintahkan seluruh wajah rileks, mulai dari kelopak mata rileks, pipi rileks, dahi rileks, dan rasakan … perintahkan seluruh tubuh Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki menjadi rileks.

2. Lakukan deepening atau perdalam rileksasi Anda dengan menghitung dari 10 ke satu dan tiap hitungan membuat seluruh tubuh dan pikiran Anda masuk ke alam relaksasi jauh lebih dalam dan jauh lebih rileks.

3. Lalu visualisasikan ke cermin besar, yang tak lain adalah cermin ajaib di pikiran Anda. Lewat cermin itu Anda bisa melihat wajah dan tubuh Anda. Dan perintahkan ke kelenjar-kelenjar yang mengatur hormon-hormon Anda untuk bekerja sesuai dengan kebaikan tertinggi Anda. Dan lihat, dengar, rasakan setiap bagian tubuh Anda terutama organ intim Anda Anda menjadi lebih sehat, kuat, elastis, dan basah. Sesuai dengan kebaikan tertinggi dari seluruh keseimbangan jiwa, raga, dan pikiran Anda. Dan katakan dalam hati. Tiap hari dan tiap saat tubuh, jiwa, dan pikiranku menjadi semakin sehat dan semakin baik … baik … dan baik.

4. Lakukan sugesti dalam tiga hitungan: saya membuka mata dalam keadan segar.

5. Lakukan setiap hari selama 10-15 menit.

OK. Jika Anda punya masalah menopause tidak ada salahnya resep ringan di atas Anda lakukan, dan nikmati menopause Anda secara berkualitas.

* Yus Santos, MM.CCHt (Certified Clinical Hypnotherapist dan berbagai energy healing and trainer Hypnotherapy) Telah mengajar lebih dari 90 batch training hypnotherapy – hypnobirthing di berbagai kota di Indonesia. Bisa di klik di http://yussantos.wordpress.com untuk training “ULTIMATE KEY of HYPNOTHERAPY” di Jakarta bulan Juli 2009 bisa menghubungi www.proaktif.biz

Telah di baca sebanyak: 1649
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *