Artikel Terbaru

Membaca? Selalu ada Waktu!

book-banner

“No matter how busy you may think you are, you must find time for reading or surrender yourself to self-chosen ignorance”
– Confucius –

Secangkir kopi Tongkat Ali menemani saya sore ini. Tidak lupa cemilan biskuit hadir di sana juga, tertata rapi di salah satu meja ruang kerja pribadi saya di kantor. Saat sedang tenggelam dalam keasyikkan, pintu ruangan saya diketuk. Ah, rupanya seorang teman kerja yang baru bergabung dengan kami dalam hitungan bulan. Saya pun persilakan dia masuk.

Ini adalah kali kedua kami ngobrol santai di sela kesibukan masing-masing. Seraya ngobrol, dia melihat beberapa koleksi buku yang ada di belakang meja kerja saya. Sedikit penasaran, dia pun bertanya. “Saya melihat kamu sibuk sekali tiap hari. Kadang juga harus lembur. Emang kamu masih ada waktu untuk membaca buku?”

Sambil tersenyum, saya menjawab. “Membaca buku adalah kebutuhan bagi saya. Karena sebuah kebutuhan, maka saya pasti selalu punya waktu untuk itu. Tidak ada bedanya saya selalu menyediakan waktu untuk makan dan tidur.”

Merasa kurang puas dengan jawaban saya, dia bertanya lagi. “Memangnya kapan kamu sempat baca buku? Wong setiap hari aja kamu pagi-pagi sudah harus ke kantor. Sampai kantor sudah sibuk seharian. Pasti pulang sampai rumah sudah malam. Kalau saya jadi kamu, kayaknya ngga mungkin masih ada waktu.”

“Mau tahu saja atau mau tahu banget?” Ujar saya sambil bercanda. “Sebenarnya saya bisa membaca buku kapanpun dan dimanapun. Saat antri di bank, saya bisa baca. Saat tunggu pesanan makanan datang, saya bisa baca. Bahkan saat di dalam toilet sekalipun saya juga bisa baca buku.” Dia hanya mangut-mangut mendengar jawaban saya. “Bahkan kadang jika saya berpas-pasan dengan staf
yang sudah tahu kebiasaan saya baca buku di toilet, mereka pasti akan nyeletuk ringan sambil nyengir kuda, ‘wah bakal lama nich Bu …’ atau bilang, ‘pasti mau semedi ya Bu’. Saya hanya tersenyum saja mendengar celetukan mereka.”

“Wah kalau saya rasanya lebih seru lihat facebook dan bbm dech kalau nongkrong di toilet,” sahutnya dengan bangga.

“Iya. Jadi semuanya tergantung sama niat. Kalau memang kita niatkan untuk baca, pasti deh selalu ada kesempatan,” demikian lanjut saya.

Seolah tidak pernah puas dengan jawaban yang saya berikan, dia kemudian mengajukan pertanyaan lain. “Kalau di rumah ada waktu gak untuk membaca? Kamu kan sudah berkeluarga, bahkan memiliki anak 3 orang yang masih kecil. Pasti dong kamu juga harus meluangkan waktu untuk keluarga …”

Kuseruput sedikit kopi Tongkat Ali yang masih hangat. Sambil mencomot biskuit, saya menjawab pertanyaannya dengan penuh antusias. “Di sela kesibukan kantor saja saya masih ada waktu untuk membaca, apalagi di rumah. Biasanya saya baca buku setelah anak-anak sudah tidur dan suami sedang sibuk nonton berita politik atau bola. Atau tak jarang pula saya buat waktu khusus untuk membaca bersama anak-anak. Jadi saya latih mereka untuk membaca sejak dini. Ketika mereka asyik dengan bukunya, maka saya juga melakukan hal yang sama. Setelah itu biasanya saya akan menanyakan kepada mereka satu per satu apa isi dari buku yang mereka baca. Hal ini saya lakukan agar mereka terlatih untuk tidak sekedar membaca, tetapi juga memahami buku yang dibaca.”

Dengan mata terkesan kagum dan kepala mangut-mangut, dia mengatakan bahwa dia juga mau mencoba untuk meluangkan waktu untuk membaca. Karena katanya dia malu dengan status yang masih single, masa ngga punya waktu untuk membaca di rumah.

Bukan ada atau tidak ada waktu untuk membaca, tetapi mau atau tidak mau. Karena saya yakin dimana ada kemauan, disana pasti ada jalan.

Salam Hebat Luar Biasa!

Suherny Yoe

*) Suherny Yoe adalah seorang wanita karier yang mendedikasikan diri selama hampir 16 tahun di salah satu perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Beliau membuktikan bahwa setiap orang bisa sukses walaupun tanpa gelar. Dengan kemauan dan tekad untuk terus belajar, hanya dengan lulusan D2 Informatika Komputer, akhirnya beliau berhasil menapaki jenjang karier di perusahaannya mulai dari bawah hingga akhirnya menjadi General Manager.

Telah di baca sebanyak: 2315
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *