Andrew Ho

MEMBERI HADIAH DI HARI ISTIMEWA

15 September 2006 – 13:51   (Diposting oleh: Editor)

“To be kind to all, to like many and love a few, to be needed and wanted by those we love, is certainly the nearest we can come to happiness.
– Bersikap baik kepada semua orang, menyukai banyak orang dan mencintai sebagian kecil diantara mereka, dibutuhkan dan diinginkan oleh orang-orang yang kita cintai, sungguh merupakan posisi yang paling dekat untuk berada dalam kebahagiaan.” Mary Roberts Rinehart

Hari yang istimewa bagi seseorang misalnya hari ulang tahun, hari perjumpaan, hari bapak, hari ibu, dan lain sebagainya. Pada hari-hari yang dianggap istimewa tersebut merupakan kesempatan yang paling tepat untuk mengungkapkan penghargaan kepada orang-orang yang teristimewa dalam kehidupan kita. Lewat pemberian hadiah, kita juga bisa mengungkapkan cinta kasih.

Sebuah hadiah istimewa tidak harus selalu mahal, melainkan mengandung sesuatu yang khusus. Meskipun hadiah itu sifatnya sederhana, tetapi bila disampaikan dengan cara yang lebih kreatif maka akan terasa lebih spesial atau menjadi sesuatu yang unik dan tak mudah dilupakan si penerima. Begitu terkesannya, sampai-samapi sang penerima tak pernah bosan mengingat kebahagiaan yang berasal dari pemberian hadiah spesial kita.

Saya dan istri sebagai orang tua sangat jarang menghadiahi putra dan putri kami sebuah perayaan ulang tahun yang mewah. Untuk menandai ulang tahun anak-anak, paling sering kami hanya membeli sebuah kue tart dan menikmatinya bersama. Terkadang saya memesan sebuah poster besar dengan desain unik yang terdiri foto-foto lucu kami sekeluarga. Bagi kami itu sungguh mengesankan.

Di hari ulang tahun mertua di Malaysia beberapa waktu yang lalu, kami tak bisa pulang untuk merayakannya bersama. Lalu saya dan istri sengaja menghadiahkan sebuah CD yang merekam kami sekeluarga saat serempak mengucapkan kata selamat ulang tahun untuk beliau. CD tersebut diputar di tengah suasana suka cita saat pesta ulang tahun berlangsung dan dihadiri sanak keluarga terdekat. Coba bayangkan betapa indah momen itu. Hadiah ulang tahun dengan sedikit kreatifitas seperti itu bukankah jauh lebih berharga dibandingkan sebuah cincin mahal?

Manusia tidak pernah berubah sejak ribuan tahun silam, yaitu masih membutuhkan cinta dan kasih sayang. Sophocles menyatakan, “One word frees us from the weight and pain of life; that word is love. – Satu kata yang dapat membebaskan kita dan beban dan penderitaan hidup; kata itu adalah cinta.” Hari istimewa merupakan saat yang tepat untuk mengungkapkan kepada orang-orang yang kita cintai bahwa cinta dan kasih sayang kita akan selalu tersedia meskipun segalanya terus berubah.

Alkisah hari itu merupakan hari ulang tahun seorang pejabat tinggi di Amerika Serikat. Hari itu ia sangat girang karena menerima sebuah hadiah istimewa dari istrinya, yaitu sebuah pohon bunga. Ia segera membawa pohon tersebut, dan pulang ke rumah bersama istrinya.

Sesampai di rumah ia melihat pemandangan yang berbeda dari biasanya. Thomas, seorang anak negro yang biasa bekerja membersihkan dan memelihara kebun mereka, terlihat sedang menggali lubang di tempat itu. Ia bertanya, “Thomas, bukankah hari ini kamu libur?”

“Seharusnya saya memang libur. Tetapi saya ingin memberi hadiah istimewa untuk ulang tahun Bapak hari ini. Karena saya tidak punya uang, saya hanya bisa membuat sebuah lubang untuk menanam pohon itu,” jawab Thomas lugas. Pejabat itu tersenyum. Dalam sebuah kesempatan, pejabat tersebut mengatakan bahwa hadiah dari Thomas dan istrinya adalah hadiah yang paling istimewa dan mengesankan.

Saya begitu terkesan ketika pagi-pagi anak-anak saya sudah mempersiapkan sebuah sarapan spesial. “Ada apa ini? Tak biasanya begitu?” batin saya. Sebuah kejutan yang menyenangkan ketika mereka memberikan sebuah hadiah yang di dalamnya terdapat empat boneka kecil, mewakili ibunya dan mereka tiga bersaudara. Ada sebuah pesan khusus di sana, “Happy Father Day! We love U! – Selamat Hari Bapak. Kami Mencintaimu.” Tanpa mereka katakan, hadiah itu sudah cukup memberitahu betapa mereka sangat mencintai saya.

Memang di jaman yang modern ini, hadiah spesial dapat dikemas secara profesional dan mewah. Bahkan tersedia jasa yang khusus memilihkan, membungkus, dan mengirimkannya. Tetapi yang terpenting dibandingkan semua fasilitas dan kemewahan dalam sebuah hadiah adalah cinta dan kasih sayang kita. “Love is, above all, the gift of oneself. – Cinta, diatas segalanya, hadiah dari Anda,” kata Jean Anouilh. Karena hadiah spesial hanya dapat kita rasakan dari seberapa besar makna cinta yang terkandung di dalamnya.

Telah di baca sebanyak: 1331
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *