Andrew Ho

Mengejar Kebahagiaan


“Happiness is not something ready made. It comes from your own actions. – Kebahagiaan bukan sesuatu yang tersedia, melainkan dengan usaha.”
Dalai Lama XIV

Semua orang menginginkan kebahagiaan tetapi, masih begitu banyak orang di muka bumi ini hidup tidak bahagia dan merasa hampa. Semua itu dikarenakan mereka menyamakan kebahagiaan dengan kesenangan atau materi. Sungguh keliru mengaitkan kebahagiaan dengan ukuran-ukuran tertentu misalnya saja, bahagia jika mempunyai pasangan hidup ‘idola’, mempunyai rumah dan mobil mewah, penghasilan naik 300%, menjadi direktur, menjadi ketua organisasi tertentu, menginjakkan kaki ke Tanah Suci, dan lain sebagainya.

Sekelompok pakar psikologi pada tahun 1970-an pernah melakukan penelitian terhadap seorang pemenang undian. Didapati bahwa pemenang undian tersebut kembali hidup merana dan tidak bahagia setahun kemudian. Masih banyak lagi hasil penelitian yang semakin menegaskan bahwa kebahagiaan sejati bukan berasal dari faktor eksternal atau segala sesuatu yang bersifat materi melainkan, berasal dari faktor internal yaitu pikiran.

“It isn’t what you have or who you are or where you are or what you are doing that makes you happy or unhappy. It is what you think about it. – Bukan soal apa yang Anda miliki, siapa Anda, dimana Anda, atau apa yang Anda kerjakan yang menetukan Anda bahagia atau tidak. Apa yang Anda pikirkan tentang semua itulah yang akan membuat Anda bahagia.”
Dale Carnegie, penulis buku laris berjudul How to Win Friends & Influence People

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda bahagia dengan kehidupan Anda sekarang? Hidup ini sangat singkat, sayang sekali jika Anda tidak mampu memperbaiki kualitas kehidupan Anda. Jika Anda ingin merasakan kebahagiaan setiap hari, Anda masih mempunyai banyak kesempatan. Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Memilih,

Hidup ini penuh dengan pilihan. Jika Anda memilih untuk melihat segala sesuatu di sekeliling Anda menggunakan lensa yang positif dan bersih, tentu Anda juga akan melihat semuanya membahagiakan. Lensa atau cara pandang yang bersih akan menjadikan segalanya nampak lebih terang, indah, dan cerah. Pilihlah lensa atau cara pandang yang jernih dengan cara membiasakan diri bersikap positif dan optimis. Sebab segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah yang terbaik.

2. Berterima kasih kepada semua orang yang Anda cintai dan telah berjasa dalam kehidupan Anda,

Luangkan waktu untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang Anda cintai dan menjadikan kehidupan Anda hebat luar biasa. Sampaikan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan kemampuan Anda, misalnya dengan kata-kata, uang, cenderamata, dan lain sebagainya. Berterima kasihlah untuk segala yang sudah Anda peroleh.

“We must find time to stop and thank the people who make a difference in our lives. – Kita harus menyediakan waktu dan menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah memciptakan perubahan dalam hidup kita.”
John. F Kennedy

3. Menjaga kesehatan fisik dan mental,

Kebehagaiaan dapat kita capai jika fisik dan mental sehat. Jangan pernah mengabaikan kesehatan jasmani karena, tubuh yang sakit juga mengakibatkan stres dan depresi. Sedangkan, mental yang tertekan juga dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh dan menimbulkan stres. Jagalah kesehatan dengan mengasup makanan sehat dan bergizi serta berolah raga. Tingkatkan kesehatan mental dengan melatih kemampuan introspeksi diri dan memperbaiki diri terus menerus.

4. Bersyukur,

Orang yang selalu bersyukur akan melihat sisi positif dari setiap kejadian. Selalu menghitung berkah dan anugrah yang ia terima. Sebaliknya, seseorang menjadi tidak bahagia karena selalu merasa kurang, misalnya kurang cantik, kaya, tinggi kekuasaan dan jabatan, dan lain sebagainya. Padahal anugrah yang kita miliki sangat banyak, seperti pekerjaan, kesehatan, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Tingkatkan terus rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala hal yang kita miliki. Hargailah segala yang telah kita miliki. Rasa syukur akan membuat kita dapat menikmati setiap proses perjuangan saat mewujudkan impian. Rasa syukur juga akan membuat kita lebih bijaksana karena selalu dapat memetik pelajaran berharga dari setiap kejadian pahit ataupun menyenangkan.

5. Bersabar

Kita semua pasti menghadapi tantangan hidup karena, kehidupan ini terus berputar kadang di atas dan kadang di bawah, kadang sulit dan kadang mudah sekali. Jangan berkecil hati ketika berada di bawah dan sedang mengalami kesulitan yang luar biasa. Semua kondisi sulit, tekanan luar biasa, atau apapun yang serba tidak menyenangkan itu hanyalah bersifat sementara. Habis gelap pasti terbitlah terang. Hidup ini tidak akan pernah sempurna dan bersabar akan lebih memastikan Anda merasakan kebahagiaan.

“Being happy doesn’t mean that everything is perfect. It means you’ve decided to look beyond the imperfections. – Menjadi bahagia bukan berarti segala sesuatu menjadi sempurna. Bahagia artinya Anda sudah memutuskan untuk melihat pelajaran dibalik ketidaksempurnaan.”
Unknown

6. Hidup bersahaja,

Hiduplah sederhana, sesuai dengan kemampuan. Jangan mengikuti gaya hidup tinggi, sementara kondisi keuangan tidak mencukupi. Karena itu, hanya akan menyebabkan hidup Anda merana. Misalnya saja memaksa membeli mobil mewah, padahal Anda masih pusing dengan cicilan bulanan dan kebutuhan hidup Anda sehari-hari.

Jangan menjadikan kehidupan ini semakin rumit dengan mengikuti gaya hidup yang lebih tinggi daripada kemampuan. Sesungguhnya hidup ini mudah dan sederhana. Life is simple! Pandai-pandailah membedakan mana kebutuhan (needs) dan mana keinginan (wants). Hidup bersahaja akan membuat Anda benar-benar menikmti indahnya hidup ini dan merasakan kebahagiaan.

“Simplicity is the ultimate sophistication. – Kesederhanaan adalah inti dari kesempurnaan.”
Leonardo Da Vinci

7. Mencintai apa yang Anda lakukan,

Melakukan tanggung jawab pekerjaan seringan apapun akan terasa melelahkan jika Anda melakukannya dengan berat hati. Tetapi, jika Anda melakukan suatu pekerjaan dengan rasa senang tentu akan mendatangkan kebahagiaan. Anda akan senang dengan apapun yang Anda kerjakan jika pekerjaan tersebut sesuai dengan hati nurani dan Andapun ikhlas mengerjakannya.

“Being deeply loved by someone gives you strength, while loving someone deeply gives you courage. – Ketika Anda sangat dicintai oleh seseorang itu akan memberikan kekuatan, sementara ketika Anda sangat mencintai seseorang itu akan memberi Anda keberanian.”
Lao Tzu

8. Memberi,

Semua yang Anda nikmati saat ini adalah pemberian Tuhan YME. Maka rajinlah memberi atau berbagi dengan orang lain. Memberi dapat berbentuk apa saja sesuai dengan kemampuan, misalnya uang, bantuan tenaga, nasehat, ataupun motivasi kepada mereka yang sangat membutuhkan suntikan semangat.

Dalam sebuah acara buka puasa bersama staff KK Indonesia di Jakarta saya menyampaikan pesan bahwa memberi atau berbagi zakat, infaq, atau sedekah semua adalah manifestasi rasa syukur dan sikap berbagi yang sangat luar biasa. Aktifitas seperti harus dijadikan budaya dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena, pada saat memberi itu muncul perasaan sangat bahagia.

If you want happines for an hour – take a nap.
– Jika Anda ingin kebahagiaan selama 1 jam – tidurlah siang.
If you want happines for a day – go fishing.
– Jika Anda ingin kebahagiaan selama 1 hari – pergilah memancing
If you want happines for a year – inherit a fortune.
– Jika Anda ingin kebahagiaan selama 1 tahun – raihlah kesuksesan.
If you want happines for a lifetime – help someone else.
– Jika Anda ingin kebahagiaan seumur hidup – bantulah orang lain.
Pepatah Cina

9. Memaafkan dan melupakan,

Banyak orang merasa tidak bahagia karena terbebani dengan masalah-masalah yang telah lalu, misalnya kebencian atau dendam terhadap orang lain atau kejadian-kejadian yang kurang baik. Hidup bukan untuk masa lalu, hidup adalah untuk saat ini dan masa depan. Jadi, jangan membiarkan sesuatu kejadian atau kesalahan seseorang mengganggu Anda bahagia.

Raihlah kebahagiaan dengan memaafkan mereka yang pernah melukai hati Anda dan lupakan kejadian sedih dan pahit di masa lalu. Lepaskan kemarahan, kebencian, dan banyak hal yang melukai perasaan Anda. Lepaskan semua emosi negatif, sehingga Anda dapat bebas hidup berbahagia.

“I don’t care too much what happened in the past. I prefer to focus on what is coming next and I am really looking forward to it. – Saya tidak lagi pedulikan apa yang sudah terjadi. Saya lebih fokus terhadap apa yang akan terjadi dan sedang saya nanti-nantikan.”
Sebastian Vettel

10. Melakukan yang terbaik,

Tidak semua orang mampu menjadi orang cerdas dan sukses seperti Bill Gates atau Mark Zukerberg. Begitu juga tidak semua orang dapat menjadi Thomas A. Edison atau Elbert Einstein. Tetapi, Anda pasti mampu menjadi Anda yang terbaik.

Tuhan YME sudah menetapkansetiap orang mempunyai keunggulan dan rejeki masing-masing. Tidak perlu berkecil hati melihat orang lain hidup dengan kekayaan berlimpah ruah atau hidup serba lebih dari diri Anda. Karena, yang terpenting adalah berusahalah melakukan yang terbaik, kembangkan semua keunggulan yang Anda miliki. Lalu biarkan Tuhan yang menentukan hasil terbaiknya. Dengan cara itu Anda akan merasa lebih berbahagia.

11. Tersenyum dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan siapapun,

Setiap hari mulailah dengan senyuman karena, senyuman akan turut menjadikan perasaan menjadi lebih baik. Senyuman mampu mencairkan situasi dan menumbuhkan keakraban. Seulas senyum juga dapat menjadi motivasi untuk melakukan tindakan yang lebih positif.

“A smile is happiness you”ll find right under your nose. – Senyuman adalah kebahagiaan yang mudah Anda temukan, tepat dibawah hidung Anda.”
Tom Wilson

Jika, Anda merasa bahagia maka, energi positif atau aura bahagia itu akan menyebar kepada orang lain. Terlebih jika energi tersebut menyebar dalam komunitas yang terdiri dari orang-orang yang selalu berbagi pengalaman, ilmu berbisis, serta menghargai ide-ide Anda. Karena itu, jangan pelit untuk tersenyum dan luangkanlah waktu untuk berkumpul bersama anggota keluarga tercinta, teman-teman yang baik yang berpikir positif dan beriman.

12. Menyayangi orang-orang di sekeliling Anda,

Kebahagiaan akan selalu ada di dalam kehidupan Anda jika, Anda selalu mempererat kasih sayang dengan keluarga maupun orang-orang di sekeliling Anda. Caranya adalah dengan selalu menunjukkan sikap dan bertutur kata yang baik, berbagi humor, saling membantu, atau menyapa. Jagalah hubungan dengan orang lain selalu harmonis dan menyenangkan.

13. Meningkatkan kekuatan spiritual dengan rajin beribadah, berdoa, dan menjalankan nilai-nilai keimanan,

Orang-orang yang memiliki kekuatan iman yang baik akan lebih siap menerima apapun yang terjadi di dalam kehidupan mereka. Mereka juga tidak mudah merasa resah atas apapun yang terjadi karena yakin itulah yang terbaik bagi dirinya. Mereka juga merasa lebih berbahagia karena mengetahui Tuhan selalu berada di sisinya. Jalani kehidupan Anda dengan doa atau selalu mengingat Tuhan YME.

“Prayer does not change the purpose of God. But prayer does change the action of God. – Do’a tidak akan mengubah tujuan Tuhan. Tetapi do’a akan mengubah tindakan Tuhan terhadap kita.”
Chuck Smith

14. Harapan.

Manusia mungkin dapat bertahan beberapa hari tanpa makan dan minum. Tetapi, manusia tidak akan bertahan sedetikpun tanpa harapan. Mempunyai harapan, seperti menurunkan berat badan, mencapai target penjualan, dan lain sebagainya akan mendatangkan kebahagiaan.

Oleh sebab itu, tetapkan sebuah tujuan yang lebih besar setiap saat. Tulislah secara jelas apa target yang ingin Anda capai, beserta langkah-langkah untuk mewujudkan impian tersebut. Pastikan selalu ada target baru dalam hidup Anda.

“Hope is the dream of a waking man. – Harapan adalah impian semua mahkluk hidup.”
Aristotle

Yang terpenting untuk mendapatkan kebahagiaan adalah tidak menunggu kebahagiaan turun tiba-tiba dari langit. Kebahagiaan tidak akan pernah datang tanpa usaha nyata dan kesungguhan. Kejarlah kebahagiaan Anda karena, siapapun Anda juga pasti bisa memperoleh dan menikmati kebahagiaan.

* Andrew Ho adalah seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku best seller.
www.andrewho-uol.com


Telah di baca sebanyak: 2970
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *