Her Suharyanto

MENGINTIP PROGRAM AWAL SPP

16 Mei 2007 – 13:36 (Her Suharyanto)   Diposting oleh: Editor

(Rate: 0 / 0 votes)

Para pembaca, kali ini saya tidak menulis soal keuangan dulu, melainkan sedikit soal Sekolah Penulis Pembelajar (SPP) yang sebagian sudah ditulis oleh Pak Andrias Harefa. Saya memang dilibatkan dalam proyek itu bersama dengan beberapa nama yang sudah biasa muncul di Pembelajar.com seperti Pak Andrias Harefa, Bung Edy Zaqeus, Bung RAB Adi Broto atau mitra Pembelajar.com seperti Bung Ang Tek Khun, Bung Hendry Bun dan teman-teman lain dalam jaringan kami, seperti Bung Hasudungan Sirait, Bung Salomo Simanungkalit, Bung Agoeng Widyatmoko, dan Bung Dodi Mawardi.

Kebetulan sekali dalam tim ini saya diminta untuk merumuskan program-program yang akan dijalankan oleh SPP. Untuk tahap awal SPP akan menyelenggarakan pelatihan untuk umum pada 13-14 Juni dan 15-16 Juni di Ruang Jahe, Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat.

Program pertama ini didesain lebih-lebih untuk mereka yang sama sekali belum pernah menulis, atau mereka yang berpikir bahwa menulis adalah tugas yang mahaberat. Bung Andrias Harefa dalam pelatihan ini akan membongkar hambatan terbesar dalam dunia kepenulisan. Tema ini akan dibahas pertama karena begitu hambatan ini teratasi, proses penulisan seseroang akan tidak terbendung.

Sesi Bung Andrias akan dilanjutkan dengan sharing dari saya yang melengkapi gagasan Bung Andrias. Kalau Bung Andrias lebih akan menyoroti hambatan dalam proses penulisan, saya akan lebih banyak berbagi mengenai bagaimana menumpah-tuntaskan segala yang ada di kepala tanpa hambatan. Dengan dua sesi ini kami yakin para peserta tidak akan lagi punya keraguan untuk menulis. Dengan dua sesi ini peserta akan yakin bahwa mereka bisa menulis dan memang ternyata memang bisa.

Nah, setelah tidak ada lagi hambatan dalam menulis, sesi berikutnya adalah soal merancang dan menata gagasan. Akan ada juga sesi mengenai bagaimana membuat tulisan lebih enak dibaca. Sesi lain lagi adalah soal bagaimana memoles tulisan, yang secara teknis sering disebut sebagai proses penyuntingan atau editing. Sesi-sesi ini akan dibawakan bergantiann antara Bung Hasudungan Sirait dan Bung Salomo Simanungkalit.

Tak kalah pentingnya adalah satu sesi mengenai penerbitan yang akan dibawakan oleh Bung Edy Zaqeus.

Mengapa pelatihan ini disusun dengan cara demikian? Asumsi kami adalah bahwa satu tulisan yang utuh adalah seperti layaknya satu bangunan. Dia memerlukan kerja seni seorang arsitek, pekerjaan teknis batu-kayu-besi, sampai dengan sentuhan akhir termasuk seni penataan interior dan interior. Yang umum terjadi, sebuah karya tulis adalah karya satu orang yang mencakup seluruh proses kerja tadi. Seorang penulis harus seperti seorang arsitek yang mempunyai citarasa seni sekaligus kemampuan melakukan rekayasa yang canggih. Dia sudah harus bisa membayangkan akan seperti apa tulisannya nanti. Seperti tukang batu dan tukang kayu yang membangun struktur bangunan, seorang penulis juga harus piawai menyusun kata, kalimat dan paragrap dengan baik. Dan sama seperti seorang ahli finishing bangunan (pengecatan, penataan taman dan ruangan), seorang penulis juga harus mampu memoles karya tulisnya menjadi lebih indah dan lebih siap untuk disodorkan kepada pembaca.

Soalnya adalah bahwa seluruh kualifikasi itu sebaiknya dikuasai oleh seorang penulis. Dan inilah yang akan ditawarkan dalam pelatihan di SPP Juni ini. Jaminan yang bisa kami berikan adalah bahwa setelah mengikuti pelatihan peserta akan mampu menjalankan seluruh fungsi tersebut di atas. Dia akan bisa menuangkan gagasan tanpa hambatan, bisa merancang satu tulisan yang utuh dan indah, bisa menata tulisan sesuai dengan arsitektur yang sudah dirancang, bisa melakukan sentuhan akhir secara prima, dan pada akhirnya tahu kemana karya tulisnya akan dipublikasikan. Namun mohon diingat, jaminannya adalah mampu menulis.

Mengapa kami tidak menjamin bahwa peserta pasti akan menjadi penulis? Sederhana sekali. Untuk menjadi penulis yang diperlukan bukan hanya kemampuan, tetapi juga kemauan.

Apakah ini adalah satu-satunya program kami? Tentu bukan. Kami juga sudah merancang program yang lebih spesifik seperti pelatihan Penulisan Laporan Kegiatan (proceeding report), Penulisan Siaran Pers, Penulisan untuk Corporate Media, Penulisan untuk Knowledge Management, dll. Bahkan kami juga siap merancang tema-tema yang bersifat tailor-made yang akan disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Nah, sampai bertemu di workshop SPP.[her]

* Her Suharyanto adalah editor ekonomi, penulis buku, tariner penulisan, dan konsultan penerbitan. Ia dapat dihubungi di: her_suharyanto@hotmail.com.

Telah di baca sebanyak: 886
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *