Andrew Ho

NEW HOPE & NEW SPIRIT


Temukan Harapan dan Semangat Baru
di Tahun Baru

“Cheers to a New Year and another chance for us to get right. – Selamat datang tahun baru dan kesempatan untuk kita menjadi lebih baik.”
Oprah Winfrey

Tahun baru 2013 akan segera menjelang, dan tahun 2012 akan segera kita tinggalkan. Begitu besar harapan untuk menjadi lebih baik di tahun mendatang, dan begitu banyak impian telah tersusun. Tetapi seringkali hingga akhir tahun kembali datang, tak satupun harapan terpenuhi, dan tidak sedikitpun impian tercapai. Apa sebenarnya kesalahan yang telah terjadi? Jika, dikaji dengan seksama inilah 3 penyebab kegagalan tersebut.

1. Rentang waktu yang terlalu singkat;

Kita tidak akan mungkin mampu mewujudkan sebuah tujuan hanya dalam waktu singkat. Segalanya memerlukan proses atau tahapan-tahapan. Jika, batas waktu sudah habis sedangkan proses baru berjalan setengahnya tentu ketidakberhasilan menyelesaikan target itu akan melemahkan semangat untuk terus memperjuangkannya.

2. Tidak ada struktur pendukung;

Anda tidak akan sukses membangun impian di atas struktur yang rapuh. Misalnya saja, Anda ingin membuka wahana olah raga fitness, tentu Anda harus menyediakan alat-alat olah raga untuk keperluan tersebut. Tidak mungkin Anda bermimpi memiliki usaha wahana olah raga fitness jika, tidak memiliki alat-alat olah raga fitness. Dengan demikian, siapkan struktur pendukung terlebih dahulu untuk memudahkan langkah-langkah Anda mewujudkan impian.

3. Tidak memiliki perencanaan yang jelas.

Semua pebisnis sukses pasti memiliki perencanaan kerja yang jelas. Rencana tersebut harus dilengkapi dengan strategi pencapaian berikut sarana pendukung. Ibarat berperang, perencanaan dan strategi adalah senjata untuk memenangkan pertarungan.

Meskipun tahun-tahun sebelumnya kurang berhasil, bukan berarti semua peluang kesuksesan sudah buntu. Pastilah ada harapan di tahun mendatang impian-impian kita dapat terwujud dan hidup Anda menjadi lebih baik. Harapan itulah sumber energi, yang memberi kita alasan untuk berusaha meningkatkan kehidupan kita dan orang lain.

Tetapi, harapan itu hanya akan menjadi impian kosong jika, tidak disertai tindakan nyata. Mulailah melakukan tindakan segera, karena tindakan sekecil apapun akan bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan menekan rasa takut. Pastikan momentum pergantian tahun ini sebagai pintu gerbang harapan dan semangat baru menyongsong kehidupan yang lebih sukses dan bahagia, dengan melakukan beberapa tindakan penting berikut ini:

“The world is a dangerous place, not because of those who do evil, but because of those who look on and do nothing.”
Albert Einstein

1. Menetapkan tujuan sekaligus memahami tujuan tersebut;

Anda tidak akan menjadi orang yang lebih baik dan sukses jika, Anda tidak mempunyai gambaran yang jelas akan impian dan kesuksesan yang Anda inginkan? Sebab pikiran Anda akan bekerja jika, Anda mempunyai impian yang jelas dan terperinci.

Contohnya saja jika Anda ingin langsing maka, Anda harus memastikan berapa kilogram berat badan yang ingin Anda kurangi. Misalnya Anda memutuskan untuk mengurangi 10 kg dari berat badan Anda saat ini. Setelah tujuan itu jelas dan terperinci, pada saat itulah Anda baru dapat menentukan perencanaan untuk memastikan program diet yang Anda jalankan berhasil.

2. Gunakan sebuah struktur pendukung untuk memastikan perencanaan dan pelaksanaan kerja Anda berjalan;

Persiapkan struktur pendukung untuk mencapai kesuksesan yang Anda harapkan. Misalnya, Anda ingin sukses di dunia bisnis pemasaran, persiapkan kemampuan memasarkan produk, mempelajari produk yang berkualitas, dan memahami manfaat produk, serta belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan. Itu akan mempermudah usaha Anda nantinya dalam memasarkan produk.

Anda juga memerlukan orang-orang yang positif dan mendukung Anda. Jika, Anda dikelilingi oleh orang-orang yang peduli, positif, memiliki komitmen yang sama, dan terpercaya maka, Anda akan selalu bersemangat dan berani melakukan tindakan kreatif untuk mewujudkan harapan Anda.

3. Dapatkan seorang pembimbing, karena prestasi yang hebat tidak akan pernah terjadi dengan sedirinya;

Pastikan Anda mempunyai seorang guru, yaitu orang yang bersedia membimbing, memotivasi, dan menginspirasi. Carilah pembimbing yang menguasai bidang yang sedang Anda tekuni, sehingga mereka dapat memantau langkah-langkah Anda dan mendorong Anda menciptakan kemajuan. Seorang guru atau pelatih akan Anda butuhkan untuk memastikan Anda mampu mencapai kesuksesan.

4. Membuat satu perencanaan yang jelas dan terperinci, serta memantau perkembangannya dari waktu ke waktu;

Miliki sebuah perencanaan yang jelas dan bersifat fleksibel. Lalu, Anda harus memantau perkembangannya dalam rentang waktu tertentu misalnya, sebulan sekali atau 2 bulan sekali. Jangan takut untuk merevisi perencanaan kerja Anda jika, dirasa kurang berjalan dengan baik. Ubahlah rencana kerja Anda, lalu gunakan rencana kerja baru yang lebih memastikan Anda mampu menciptakan kemajuan.

5. Visulisasikan tujuan Anda;

Visualisasikan tujuan Anda, seakan-akan Anda sudah menikmati, merasakan, dan menyentuh impian-impian Anda. Visualisasi akan meningkatkan semangat, kepercayaan diri dan keberanian Anda secara alamiah. Letakkan gambar atau tulisan akan impian-impian Anda di tempat-tempat yang mudah terlihat, misalnya di laptop, telepon seluler, meja makan, ruang keluarga, cermin, dan lain sebagainya.

Misalnya Anda ingin langsing, visualisasikan bentuk tubuh ideal. Visualisasikan Anda mengenakan pakaian favorit, serta berpenampilan menarik. Visualisasi kemungkinan besar akan meningkatkan semangat dan usaha untuk mengejar harapan tersebut. Seeit, feel it, achieve it!

6. Segera lakukan tindakan nyata.

Jangan pernah menunggu, tetapi segeralah melakukan tindakan. Jangan membiarkan rasa malas atau takut menyabotase keinginan Anda untuk mewujudkan impian. Lakukan tindakan secara konsisten. Lalu jika Anda berhasil menciptakan kemajuan, itu akan menjadikan Anda lebih antusias mengejar impian hingga benar-benar terwujud.

Satu hal yang terpenting untuk memastikan Anda selalu berhasil mewujudkan impian adalah menjaga semangat tetap tinggi dan antusias. Cara terbaik untuk tetap antusias adalah bertindak antusias, karena suatu saat Anda akan teribasa bertindak antusias. Tindakan yang antusias akan membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda impikan. Selamat mencoba & salam sukses!

*Andrew Ho adalah seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku best seller.
Kunjungi websitenya di : www.andrewho-uol.com.


Telah di baca sebanyak: 3158
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *