Andrew Ho

PAY IT FORWARD

02 Desember 2006 – 07:32   (Diposting oleh: Editor)

“To give pleasure to a single heart by a single act is better than a thousand heads bowing in prayer. – Memberi kebahagiaan kepada sebuah hati dengan suatu tindakan nyata yang sederhana adalah lebih baik dibandingkan ribuan kepala yang bersujud dalam do’a.”
~ Mahatma Gandhi

Pay It Forward adalah sebuah judul film drama Hollywood yang diproduksi pada tahun 2000. Film yang disutradarai oleh Mimi Leder itu mengisahkan tentang sebuah ide sederhana dari seorang anak kecil berusia 11 tahun, Trevor Mckinney, yang dibintangi oleh Haley Joel Osment. Trevor Mckinney hidup bersama ibunya, Arlene, yang diperankan oleh aktris Helen Hunt. Dikisahkan bahwa ibu Mckinney adalah seorang pemabuk, sedangkan ayahnya jarang berada di rumah.

Kisah film tersebut berawal pada saat seorang guru ilmu sosial di sekolah Mckinney memberikan sebuah tugas. Sang guru, Mr. Simonet, yang diperankan oleh Kevin Spcey, meminta para murid memikirkan sebuah ide yang dapat mengubah dunia. Para murid juga diminta untuk mewujudkannya langsung ke dalam tindakan nyata.

Pada saat itulah Mckinney Trevor mencetuskan ide Pay It Forward atau bayar dimuka. Inti dari ide Mckinney tersebut adalah ia hanya perlu menolong tiga orang. Tahap pertama Mckinney membantu temannya, seorang guru ilmu sosial di sekolahnya, dan seorang pemakai narkoba.

Sedangkan orang yang ditolong tidak perlu memberikan imbalan apa pun, kecuali menolong tiga orang lainnya. Ide Mckinney sangat sederhana, tetapi mekanismenya menciptakan mata rantai yang luas dan berkesinambungan. Dalam film tersebut dikisahkan bahwa ide sederhana Mckinney berpengaruh cepat dan meluas ke beberapa kota di sekitar tempat tinggalnya.

Mekanisme dalam ide Mckinney tersebut sebenarnya mirip dengan mekanisme dalam bisnis network marketing. Hanya saja selama ini banyak sekali penyelewengan dengan skema cepat kaya yang mengatasnamakan network marketing. Sehingga bisnis network marketing mendapatkan citra buruk di mata masyarakat. Seandainya bisnis network marketing dijalankan dengan benar atau sesuai prinsip dasar bisnis network marketing, bisnis tersebut dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengangkat kondisi kehidupan masyarakat misalnya dalam segi ekonomi, harkat dan martabat, maupun kualitas hubungan sosial.

Terlepas dari semua itu, ide Mckinney sebenarnya dapat kita terapkan untuk menekan jumlah masyarakat miskin. Memberikan bantuan sederhana yang sesuai dengan kondisi diri kita sebenarnya mudah kita terapkan. Misalnya memulai dari diri kita sendiri, yaitu dengan bantuan kepada tiga orang dalam bentuk materi, tenaga, pikiran atau mungkin hanya berupa dukungan dan motivasi.

Seandainya kita sudah hampir frustasi, bukankah kita menjadi kembali bersemangat bila ada orang yang membantu meringankan beban kita? Setelah itu kita pasti tergerak untuk membalas kebaikan orang itu, karena manusia memiliki kecenderungan alami untuk membalasnya. Seperti kata Imanuel Kant, “Hati manusia menolak untuk mempercayai suatu dunia yang tanpa makna.” Ada kekuatan tersendiri dalam setiap bantuan yang kita berikan. Selain membuat kepedihan dan keputusasaan sirna, dampaknya akan berkelanjutan dan meluas karena ada kecenderungan alami manusia untuk membalas bantuan tersebut.

Bukan berarti bantuan yang kita berikan merupakan solusi dari semua masalah. Bukan pula bermakna bila kita menerapkan mekanisme ide dalam Pay It Forward maka semua persoalan bisa terselesaikan. Tetapi cara tersebut mungkin awal yang sangat baik untuk memupuk sisi positif dalam diri kita, dan sekaligus memulai sebuah kehidupan lebih baik yang penuh dengan kepedulian dan cinta kasih.

Telah di baca sebanyak: 1154
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *