Kolom Bersama

Pengembangan Diri ala Formula One

Kalau kita melihat pertandingan balap mobil formula one, ada sesuatu yang dapat kita ambil sebagai pelajaran untuk pengembangan diri dalam mencapai target. Beberapa hal yang kita dapatkan adalah sebagai berikut ini :

  1. Pembalap akan memacu mobil balapnya dengan kencang sejak start dilakukan.
  2. Pembalap tidak akan sedikitpun mengurangi kecepatannya sebelum pertandingan berakhir, kecuali saat akan berbelok tentunya.
  3. Setiap putaran berlangsung selalu kru menunjukkan informasi posisi dan waktu yang sudah ditempuh pembalap.
  4. Walaupun sudah nomor satu tetap saja masuk pits stop untuk:
    • Menambah bahan bakar
    • Menganti ban yang sudah aus
    • Membersihkan filter lubang angin
    • Merayakan setiap kemenangan yang diraihnya

Lalu pelajaran apa yang kita dapatkan ? Berikut ini beberapa pelajaran yang dapat kita terapkan dalam pekerjaan :

Mulailah semua hal dengan antusias.
Pembalap mobil formula one sejak dari start sudah tancap gas untuk memacu kinerja mesin mobilnya. Tidak ada lagi prinsip “ alon alon waton kelakon “ Memulai aktivitas dengan antusias akan memberikan energi positif dalam memulai kerja kita.

Menjaga antusias selama bekerja.

Pembalap mobil formula one, tidak akan mengurangi kecepatannya sebelum berakhirnya pertandingan, para pembalap akan selalu mempercepat laju mobil sampai batas optimal dan maksimal yang dapat dicapainya. Kalau kecepatan maksimal tercapai, mereka selalu berusaha untuk mempertahankan kecepatannya. Orang yang sukses adalah orang yang mampu menjaga antusias dirinya lebih lama dibanding lainnya.

Selama menjalankan pekerjaan selalu evaluasi hasil. Pembalap mobil formula one akan selalu melihat informasi yang disampaikan kru setiap masuk lintasan didepan kru, tujuannya supaya tahu posisinya dimana dan kalau belum baik posisinya akan berusaha untuk mempercepat laju mobilnya. Untuk yang sudah baik posisinya akan melihat selisih waktu dengan belakangnya, supaya bisa terus menjaga jarak atau terus menjauhinya. Selama bekerja jangan terlena dengan proses yang sudah nyaman, tetapi tetap evaluasi diri dengan cross check terhadap hasil yang ingin dicapai.

Perbaiki dan kembangkan kinerja kita. Pembalap selalu akan masuk pits stop, guna menambah bahan bakar, mengganti ban yang sudah aus, dan membersihkan lubang angin. Demikian juga kita selama bekerja, tambahkan motivasi diri, tambahkan pengetahuan dan keterampilan yang baru, buanglah hal-hal yang sudah usang yang tidak menunjang kinerja kita. Caranya dengan ikut training, membaca buku, diskusi dengan orang yang sudah sukses, dan sebagainya.

Rayakan setiap keberhasilan kita. Jangan sungkan untuk merayakan setiap keberhasilan kita walau orang melihatnya itu belum maksimal. Pembalap  juara ke 2 dan 3 pun ikut bersukaria bersama pembalap yang no 1. jadi kalau kita belum menjadi orang no 1 etapi sudah menunjukkan keberhasilan diri yang lebih tinggi dari yang lainnya, rayakanlah! Untuk memberi motivasi diri.

Nah sudahkah kita antusias selama bekerja, selalu menambah pengetahuan serta keterampilan kita dan memperbaharui persepsi dan perilaku kita dalam meraih sukses ?

Selamat berkompetisi.

Salam sukses

Penulis: Soewarto

Penulis dapat dihubungi di: suwarto@konimex.com

 

Telah di baca sebanyak: 2171
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *