Kolom Bersama

Perjalanan Kehidupan

Oleh: Erika Untung

“Passion” adalah jalan bercabang dan tak berujung, namun saling terhubung. Ketika sang supir yang menggerakkan kemudi kendaraan yang bernama “Loyalitas”, ia membutuhkan “Integritas” sebagai bahan bakar untuk melajukan kendaraannya.

Sang supir ingin menjelajahi setiap cabang tersebut, namun cabang tersebut terlalu banyak.
Pada akhirnya sang supir memutuskan untuk menekan pedal gas dan kendaraan melaju ke arah cabang yang dia pilih sebagai cabang pertama yang akan dijelajahi.

Selama di tengah perjalanan, sang supir pasti akan mencari pom bensin “Pembelajaran” untuk mengisi bahan bakarnya, dan membersihkan kendaraannya agar terlihat bersih lagi dari debu jalanan. Kadangkala di pom bensin”Pembelajaran” tersebut, ia berjumpa dengan pengemudi lainnya. Berbagi cerita mengenai setiap cabang yang telah mereka lalui sehingga masing-masing mendapatkan pengetahuan baru untuk menempuh perjalanan selanjutnya.

Ketika sang supir menghadapi percabangan, ia akan membutuhkan peta “Kesempatan” untuk membantu menentukan arah mana yang ia pilih.

Ada jalan yang panjang memutar dan ada yang pendek, ada jalan yang mulus namun ada yang berkerikil. Keputusan apapun yang diambil sang supir pasti akan dipengaruhi oleh kondisi bahan bakar “Integritas”, kendaraan”Loyalitas”, bahkan hingga berapa banyak jumlah pom bensin “Pembelajaran” yang kira-kira akan ada di setiap arah cabang.

Ketika sang supir telah yakin dan memperhitungkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada setiap cabang jalan tersebut, baru lah ia dapat memutuskan akan mengarahkan kemudi ke arah mana, kemudian menekan pedal gas nya dengan mantap sehingga melanjutkan perjalanan berikutnya. Dan, ingin mengetahui apa yang membuat sang supir tetap bergembira sepanjang jalan sekalipun pada waktu ia merasa lelah? Sang supir selalu berusaha untuk setia mendengarkan siaran radio “Tuntunan Allah”. Siaran radio tersebut bukanlah siaran berita yang hanya satu arah, melainkan siaran interaktif. Ketika sang supir membutuhkan merasa kesepian, bingung dan membutuhkan masukan, lelah, dan bahkan hampir ingin berhenti dan berkemah , ia segera mengambil handphone “Doa” dan menekan tombol bebas pulsa yang tersedia.

Apakah Anda mengetahui alasan yang membuat sang supir bangkit dan tetap setia?

Karena sang penerima telepon di saluran tersebut selalu berpesan di akhir teleponnya :
“Hey, keputusan apapun yang kamu pilih itu adalah kebebasanmu. Yang jelas, tenanglah. Aku mengetahui di manapun kamu berada dan telah mengetahui ujung dari jalan bercabang tersebut. Namun maaf, Aku tidak dapat memberitahukannya sekarang. Kenapa? Karena pada waktu yang telah Aku rencanakan, kamu baru akan mengetahui arti dari “pesta besar-Ku”. Di setiap pom bensin “Pembelajaran” tersebut, ada bukti pembayaran. Jumlah bilangan yang tertera pada bukti pembayaran tersebut akan menambah tabunganmu untuk membeli tiket masuk ke dalam “pesta besar-Ku”. Aku memang dapat memberikannya secara gratis, namun Aku menghargaimu dan Aku ingin melihatmu berbagi pembelajaran serta pengalaman yang telah kamu dapatkan pada pom bensin sebelumnya kepada setiap orang yang kamu jumpai di pom bensin berikutnya. Aku ingin melihatmu membantu yang lainnya untuk belajar dan bertumbuh juga..”

*) L. K. Erika Untung lahir di Jakarta, 24 Maret 1987. Setelah menamatkan S1 di BINUS University (Teknik Informatika, fokus pada teknologi sistem basis data ORACLE) pada tahun 2009, bekerja sebagai konsultan ICT yang berfokus pada industri telekomunikasi. Beberapa bulan setelahnya penulis mengembangkan ketertarikannya pada dunia ERP dengan mengikuti kursus dan sertifikasi SAP Procurement dan Finance. Minat utama penulis adalah pada dunia wirausaha dan teknologi yang diwujudkan dengan mendirikan usaha konsultasi dan pengembangan dunia web, yaitu Vodeca Abe Solusindo serta HostingBebas.com (Hosting Unlimited No.1 Indonesia) yang telah dipercaya oleh perusahaan, sekolah pemerintah, serta individual ;bersama dengan 3 orang rekannya. Gagasan dan pemikiran penulis dituangkan di weblog pribadinya yaitu http://www.tanpabatas.web.id/ .

Telah di baca sebanyak: 1679
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *