Kolom Alumni

Personal Power Management

Oleh: Sugeng Widodo

Pendeta sekaligus motivator AS, Robert Schuller, mengatakan “Masa sulit tidak akan pernah berakhir, tetapi orang yang ulet akan berhasil mengatasinya”.

Anda sekarang sedang terpuruk dalam karir, bisnis, maupun hubungan antar pribadi? Jangan Anda terburu-buru menyerah apalagi berputus asa. Sekarang justru waktu yang tepat untuk melakukan konsolidasi seluruh potensi dalam diri Anda. Kenali dan berdayakanlah mulai sekarang harta karun terpendam dalam diri Anda, yang selama ini Anda abaikan begitu saja.

Walaupun Anda menyia-nyaikan aset pribadi Anda, Tuhan tidak mencabut aset itu dari dalam diri Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berjanji dengan diri sendiri sekarang untuk tidak lagi menyia-nyiakannya. Aset itu bisa Anda gunakan untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Aset itu bisa juga menjadi kendaraan Anda untuk meraih sukses yang lebih besar dari yang pernah Anda capai sebelumnya.

Personal power Anda itulah aset dan harta karun Anda. Apakah Anda sudah tahu dan mengelolanya dengan baik. Kesalahan Anda dalam mengelola personal power membuat potensi Anda tidak berkembang, tidak banyak tindakan yang Anda lakukan, dan akibatnya hasil yang Anda capai pun tidak maksimal. Hasil itu mencakup semua area kehidupan baik karir, bisnis, keluarga, kesehatan, hubungan sosial, spiritual, dan sebagainya. Berikut empat personal power utama Anda yang wajib dikelola dengan baik.

Spiritual
Manusia adalah makhluk spiritual yang mendiami fisik. Kita dianugerahi oleh Tuhan berupa modal spiritual yang ada di dalam diri kita maupun di luar diri kita. Modal spiritual itu berlimpah di mana-mana seperti halnya udara yang kita hirup dan membuat kita bertahan hidup.

Dalam teori fisika quantum, segala sesuatu yang ada di dunia ini termasuk apapun yang ada di dalam diri dan lingkungan kita pada hakekatnya adalah energi cerdas yang disebut quanta. Quanta bersifat spiritual atau nonmateri. Dengan ijin dan kuasa Tuhan kita mampu mengarahkan dan mengendalikan kekuatan spiritual ini. Caranya mudah, yakni dengan mengarahkan kesadaran pikiran dan hati kita. Agar kekuatan spiritual itu selalu berdampak positif dalam kehidupan kita, maka kesadaran kita hendaknya disandarkan pada kuasa dan kehendak sang Khaliq, Allah SWT.

Pikiran
Pikiran Anda adalah aset Anda yang potensinya luar biasa. Pikiran Anda terdiri dari dua bagian, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar Anda kekuatannya 12%, sedang pikiran bawah sadar memiliki kekuatan dahsyat sebesar 88%. Kabar baiknya, kalau Anda bisa mengelola pikiran bawah sadar Anda, maka ia akan membantu mewujudkan perintah dari pikiran sadar Anda.

Fokus pikiran sadar Anda selain menggerakkan pikiran bawah sadar, juga menarik hal-hal seperti orang, peristiwa, sumber daya maupun lainnya yang menjadi fokusnya.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda pikirkan, karena apa yang Anda pikiran secara berulang, sadar atau tidak sadar, menjadi perintah bagi pikiran bawah sadar Anda. Perhatikan nasihat Dr. Norman Vincent Peale, “Apa yang Anda bayangkan dalam pikiran cenderung menjadi kenyataan.” Jaga agar pikiran selalu segar dan membuahkan hasil positif. Caranya, masukkanlah informasi-informasi yang bermutu ke dalam pikiran Anda dan pilihlah secara sadar ide-ide yang positif, yang membuat perasaan Anda nyaman.

Perasaan
Perasaan Anda berhubungan dengan pikiran dan tubuh Anda. Dengan mengelola pikiran dan tubuh, Anda bisa mengelola perasaan Anda. Perasaan seperti cinta, berani, tenang, tentram, damai, puas, sabar, optimis, dan perasaan lain yang positif tentu dapat membuat Anda berpikir jernih dan tubuh Anda sehat. Sebaliknya perasaan yang negatif seperti marah, sedih, dendam, terburu-buru, kecewa, takut, dan sejenisnya dapat mengakibatkan pikiran menjadi kalut dan tubuh menjadi berpenyakit.

Mulai sekarang kendalikan perasaan Anda agar mendukung dan membantu Anda mewujudkan sasaran yang akan diwujudkan. Kegagalan sering terjadi hanya akibat perasaan kita tidak mendukung, karena dikuasasi perasaan yang negatif. Cara mengelola perasaan itu mudah. Anda cukup dengan memiliki dan memilih ide-ide dalam pikiran Anda, tentu saja yang dipilih adalah ide-ide yang baik, enak bagi perasaan Anda. Cara lainya, cukup dengan mengubah fisiologis Anda seperti cara bernafas, ekspresi wajah, posisi tubuh, dan gerakan tubuh.

Fisik
Tubuh, fisik Anda adalah kendaraan Anda. Jika kendaraan Anda mengalami gangguan maka Anda pun juga tidak bisa pergi ke tempat ujuan Anda. Jadi, menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah penting.

Banyak cara untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar seperti misalnya dengan memakan makanan bergizi dan berolahraga secara berkala, sekaligus menghindari minuman yang memabukkan, merokok, dan yang tidak kalah penting adalah menjaga pikiran maupun perasaan agar tetap positif.

Tubuh kita selain membutuhkan makanan bergizi, juga sangat membutuhkan udara. Sel-sel dalam tubuh kita khususnya otak sangat membutuhkan udara. Seperti kita ketahui, otak itu mengendalikan seluruh organ tubuh kita. Apa yang terjadi bila otak kita mengalami gangguan. Otomatis organ tubuh kita menjadi tidak berfungsi maksimal.

Berlatih mengatur nafas dengan cara tertentu sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh, pikiran, dan perasaan agar sehat dan segar. Lakukan latihan mengatur nafas, tiga hingga tujuh kali setiap pagi, siang, dan sore hari, sbb; 1) Tarik nafas panjang untuk menghirup udara lewat hidung hingga hitungan keempat. 2) Tahan di dada sampai hitungan kesepuluh. 3) keluarkan nafas lewat mulut pelan-pelan sampai hitungan kelima.

Akhirnya, sadari aset luar biasa dalam diri Anda itu. Semua sumber daya untuk hidup sukses dan bahagia sudah diberikan oleh Tuhan kepada kita. Tinggal bagaimana kita memberdayakannya. Berbahagialah. ***

*) Sugeng Widodo, Alumni Writer Schoolen “Cara Cerdas Menulis Buku Best-Seller batch VI”. Penulis adalah trainer dan saat ini masih aktif sebagai staf ahli direksi AJB Bumiputera 1912.

Telah di baca sebanyak: 1242
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *