Emmy Liana Dewi

Prinsip Ayurveda untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan


Apabila Anda mengeluh sakit kepala atau mengalami insomnia, maka biasanya Anda akan menelan pil analgesik untuk mengurangi rasa sakit kepala dan obat tidur untuk membantu mengatasi insomnia yang sedang Anda alami. Sakit kepala akan segera lenyap dengan menelan pil analgesik dan Anda akan segera mudah tertidur dengan minum obat tidur.

Persoalannya adalah apabila obat-obatan tersebut yang biasanya diberikan untuk jangka waktu lima hari habis, sakit kepala Anda datang kembali dan insomnia juga menemani malam-malam Anda, then……, so what? Biasanya ya minum obat-obatan yang sama lagi dalam jangka waktu tertentu. Kalau penyakitnya terus kembali lagi, and again, then ….,so what? Biasanya minum obat lagi…, lalu sampai kapan Anda akan menggunakan obat-obatan bila penyakit Anda tidak kunjung sembuh?

Dunia pengetahuan modern memperlakukan penyakit sebagai gejaja fisik lalu diberi obat untuk mengatasi gejala simtomastis. Apabila diare, diberi obat untuk menghentikan diarenya. Apabila tekanan darah naik, pasien diberi obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Untuk sakit kepala, batuk, dan diare, kita juga akan dapat obat-obatan untuk meredam penyakit tersebut. Bahkan banyak jenis obat-obatan yang ditayangkan di tivi sampai-sampai kita hafal nama obatnya. Seperti seorang mekanik yang memperbaiki sebuah mobil di bengkelnya. Kalau ada masalah dengan rem, maka yang diperbaiki adalah remnya. That’s all.

Berbeda dengan pengetahuan modern, Ayurveda, sebuah pengetahuan pengobatan tradisonal kuno dari India, memperlakukan sebuah penyakit secara holistik atau mengacu banyak aspek apa yang menyebabkan tercetusnya penyakit tersebut. Seperti seorang tukang kebun yang melihat tanamannya tidak subur, maka ia akan menyiangi rumput yang mengganggu tanaman tersebut, member I pupuk, menyiraminya, memotong ranting keringnya agar tanamannya tumbuh lebih subur. Kata Ayurveda berasal dari kata ‘Ayus’ atau kehidupan, dan ‘Veda’ atau ilmu pengetahuan. Jadi Ayurveda adalah ilmu pengetahuan tentang kehidupan, sebuah filosofi yang lengkap tentang kehidupan manusia: yang menjabarkan tentang aktivitas dan gaya hidup dalam menunjang keselarasan dalam tubuh, pikiran, panca indera, dan jiwa. Keseimbangan dalam kehidupan, dan hidup selaras dengan alam menyebabkan diri kita sehat dan sejahtera, sedangkan apabila terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan kita, maka kita akan mengalami suatu penyakit. Dan apabila mengalami suatu penyakit, obat bukan satu-satunya yang dijadikan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Menurut para ahli Ayurveda, misalnya Deepak Chopra, M.D, dalam buku-buku yang ditulisnya yang selalu menyentuh nilai spiritual dan konsep ‘mind – body medicine’, serta dr. Partap Chauhan ahli Ayurveda ternama dalam bukunya: ‘Eternal health, the essence of Ayurveda’ dan ‘Eternal Beauty’ menyebutkan bahwa tujuan mempraktikkan Ayurveda adalah mencapai sehat secara holistik: sehat lahir, sehat batin/psikologis, dan sehat spiritual dengan jalan meningkatkan kualitas hidup kita. Sehat dicapai dengan menjaga keseimbangan , dan mengobati bila terjadi ketidakseimbangan.

Ayurveda memberi petunjuk untuk sehat secara fisiologis dengan membagi karakter tubuh /dosha menjadi tiga yaitu: kapha, pitta, dan vata.Tiap karakter biasanya sangat sensitive pada penyakit tertentu, misalnya tipe kapha mudah terserang masalah saluran pernafasan (batuk, pilek, radang tenggorokan), metabolism lamban, atau tipe pitta yang mudah terserang masalah pencernaan dan usus kecil maupun besar, kulit, dll, atau tipe vata mudah terserang masalah ‘kekeringan’ yang menyebabkan ketombe, konstipasi, nyeri sendi, sakit kepala, insomnia, dll. Mengenai keterangan lebih lanjut tentang doshas yaitu vata, pitta, dan kapha, akan ditulis pada artikel bagian ke dua.

Walaupun Ayurveda tergolong ilmu pengetahuan kuno, prinsip-prinsip dasarnya tetap bisa diadopsi oleh siapapun dan di manapun berada. Untuk menjaga kesehatan fisik, sebenarnya sangat mudah apabila kita mengenal karakteristik tubuh kita serta mengerti kualitas dari makanan yang kita santap. Ayurveda mengatur makanan yang sesuai dengan karakter tubuh seseorang dan mengajarkan pengobatan alami yang ada di dapur kita atau di halaman rumah kita. Selain itu, Ayurveda mengajarkan olah nafas (pranayama), gerakan tubuh (asanas), relaksasi, serta pola hidup yang selaras, yang apabila dipraktikkan dengan teratur akan memperpanjang usia kita.

Prinsip dasar Ayurveda untuk hidup sehat alami dan seimbang pada dasarnya dipraktikkan oleh sebagai berikut:
1. Bangun segera sebelum matahari terbit.
2. Langsung minum air hangat sebanyak 2-4 gelas (bagi yang baru memulai bisa dilakukan sedikit demi sedikit)
3. Basuh mata dengan air temperatur ruangan sebanyak lima kali. Menurut Ayurveda, kebiasaan ini akan menjaga pengelihatan tetap sehat dan mata jernih.
4. Ketika menggosok gigi, bersihkan juga lidah Anda.
5. Olah raga paling tidak 30 menit. Lalu diikuti olah nafas dan kemudian relaksasi/meditasi.
6. Pijatlah tubuh Anda (self-massage), bisa dengan minyak bisa tanpa minyak (dry massage) gunanya untuk memperlancar sirkulasi dan membuang toksin melalui pori-pori. Pijat kepala akan memperkuat daya memori.
7. Tertawalah karena tertawa membawa kesegaran dan keceriaan dalam kehidupan. Bisa melakukan tertawa: Hahaha…, hohoho…, hehehehe…., dan hihihi… berulang kali untuk mengaktifkan energy di rongga perut, dada, dan kepala.
8. Mandi dengan air hangat ketika uadara dingin.
9. Memakai pakaian yang nyaman serta dari bahan alami.
10. Makan pagi yang hangat dan mudah dicerna (bubur, buah, susu hangat).
11. Bekerja dengan hati dan fokus penuh. Nikmatilah pekerjaan Anda dan hari Anda dengan senyuman.
12. Makan siang tanpa kekenyangan, dengan makanan yang tidak diproses (whole food): 30% untuk cairan (minuman, sup), 30% untuk makanan padat (nasi, lauk lainnya) dan sisanya untuk oksigen. Hindari makanan yang terbuat dari terigu putih, makanan yang berminyak, gula olahan, terlalu banyak protein hewani, serta zat aditif dan makanan serta minuman yang bersifat stimulan (kafein, kola, alkohol). Setelah makan selalulah minum air hangat.
13. Kurangilah protein hewani, menyantap makanan vegetarian lebih menyehatkan.
14. Makan buah tidak dicampur dengan karbohidrat dan protein hewani.
15. Usahakanlah makan malam bersama keluarga atau sahabat-sahabat Anda dalam suasana yang nyaman dan penuh kasih.
16. Makan malam antara jam 6-7 petang, atau paling tidak dua jam sebelum tidur. Makan sederhana saja dan tidak perlu banyak.
17. Bila memungkinkan, jalan kaki sekitar 20 menit setelah makan malam, terutama bagi yang berbakat berperut besar.
18. Malam hari membaca atau menonton tivi yang bermutu dan menambah pengetahuan.
19. Usahakan tidur dalam keadaan pikiran tenang. Kalau memungkinkan sebelum tidur meditasi serta mendengarkan musik lembut.
20. Tidur dibiasakan paling lambat jam 11 malam.

Bila kita mempunyai ritme hidup yang teratur, pikiran positif dan optimis, maka daya tahan tubuh akan meningkat sehingga jarang terjangkiti penyakit (dalam hal ini prinsip Ayurveda untuk menjaga kesehatan dan memperpanjang usia). Dan apabila sakit, dengan usaha-usaha untuk lebih sehat dan sembuh serta keyakinan yang tinggi akan proses penyembuhan, penelitian-penelitian medis modern menemukan bahwa kelompok ini lebih cepat sembuh daripada orang-orang yang menyerahkan kesehatann mereka ditangan orang lain tanpa usaha dari dalam diri sendiri.

Salah satu pilar utama dari prinsip Ayurveda adalah pikiran kita tidak bisa dipisahkan dengan keadaan tubuh kita. Dengan pikiran yang optimis dan positif, dilengkapi dengan nutrisi yang seimbang serta kebiasaan hidup yang teratur dan sehat, maka tubuh yang sedang mengalami ketidakseimbangan akan segera pulih dan seimbang kembali.

Bisa disimpulkan untuk mencapai sehat raga, pikiran, dan jiwa, kita perlu pola hidup yang serba teratur, pikiran yang damai, dan selalu optimis dan berpikir positif. Dan kita perlu mengenal diri dan tubuh sendiri karena kesehatan kita berada di tangan kita sendiri dan tanggung jawab kita masing-masing. Tulisan ini adalah bagian pertama dari oleh-oleh kunjungan ke Faridabad dalam menimba pengetahuan Ayurveda & Nutrition serta Jivananda..

*) Emmy Liana Dewi, Alumnus Workshop “Cara Cerdas Menulis Buku Best-Seller”. Ibu Rumah tangga, pemerhati masalah pendidikan, dan kesehatan holistik ini dapat dihubungi langsung di esuhendro@yahoo.com

Telah di baca sebanyak: 5128
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *