Kolom Alumni

Rambut Anda Rontok? Hypno Aja La Yauw …

Oleh: Yus Santos

Apa hubungannya rambut rontok dengan hypnotherapy? Hubungannya baik baik saja kok, he … he … JIka dilakukan dengan teratur ternyata selfhypnotherapy bisa untuk mencegah kerontokan rambut, ikutilah tip di bawah ini.

Punya Problem Kerontokan Rambut?
Periksa helai demi helai rambut. Amati ketika Anda bangun tidur kalau-kalau Anda menemukan berapa serpihan rambut di kasur. Atau teliti sisir rambut Anda. Adakah di antara jerujinya tersangkut rambut Anda? Boleh deh sekarang juga usap-usap batok kepala Anda menggunakan kedua tapak tangan! Jika Ada beberapa rambut gugur, artinya lampu kuning bagi kesehatan rambut Anda.

Apakah Anda mempunyai problem rambut yang mulai berguguran? Memang kalau masih sekitar 1-10 helai masih dianggaap normal. Namun kalau angkanya sudah mencapai 50-100 helai atau lebih, Anda sudah masuk lampu merah merah. Saatnya memperhatikan lebih seksama kesehatan rambut Anda.

Banyak cara untuk mencegah kerontokan rambut. Mulai dari memilih jenis sampo, pemberian vitamin-vitamin tertentu bagi rambut, hingga konsultasi ahli khusus untuk mencegah alopecia atau kebotakan. Namun tidak ada salahnya kalau Anda melakukan self-hypnotherapy untuk mencegah kerontokan rambut Anda.

Rambut Tumbuh dengan Hypnotherapy
Sejak sekitar 10 tahun lalu saya juga mempunyai problem rambut berguguran. Berbagai vitamin dan sampo untuk mencegahnya sudah saya lakukan, namun hasilnya tidak signifikan. Sampai kemudian saya mempraktekkan self hypnosis untuk mencegah rambut rontok selama 8 bulan terus menerus. Hasilnya lumayan deh. Kalau sebelumnya setiap kali menyisir rambut, banyak yang rontok termasuk ketika bangun tidur. Kini ketika menyisir rambut sudah jarang ada kerontokan. Termasuk kalau bangun tidur, kini berubah hanya beberapa helai saja yang rontok. Malah ada daerah kebotakan kecil kini tumbuh rambut rambut halus. “Miracle” kataku dalam hati. Harapan saya akan jauh lebih baik.

Dalam tulisan ini saya membagikan kiat sederhana self hypnosis untuk mencegah kerontokan rambut.

Mengapa Sugesti Subconscious Mind diikuti oleh Anggota Tubuh?
Tubuh termasuk batok kepala dan akar rambut bisa merespon sugesti dari subconscious mind karena ternyata kita memiliki system neuro-transmiter. Neuro-transmitter ini berhubungan erat dengan pikiran bawah sadar. Ketika pikiran bawah sadar memberikan perintah, neuro-transmitter bertugas membawa perintah itu ke setiap sel, jaringan, dan kesadaran tubuh, tentu saja termasuk jaringan rambut dan sel-sel akar rambut dan batok kepala. Kalau sugestinya, efektif maka akan bereaksi dan mengikuti perintah pikiran bawah sadar.

Dalam training hytpnotherapy yang saya berikan, peserta bisa mengalami beberapa percobaan bagaimana pikiran bisa memerintahkan tubuh, dan tubuh akan mereaksi. Contoh adalah bagaimana peserta masuk dalam self hypnosis untuk menghangatkan tubuh. Walau diterjang udara AC 17 C, subjek masih merasa kegerahan alias kepanasan dan berkeringat. Sama halnya ketika peserta membayangkan mengunyah jeruk, walau tidak ada jeruknya, ternyata sebagaian besar peserta mengaku ada rasa asam di mulut dan air liur deras mengalir.

Ternyata imaginasi dan sugesti yang adequate memberikan rangsangan atau reaksi dari tubuh. Dan benar adanya keyakinan klasik dalam hypnosis bahwa mind heals body, pikiran menyehatkan tubuh. Untuk kesehatan tubuh Anda, tokoh besar hypnotist Emile Coue menegaskan untuk melakukan self-sugesti berupa ucapan dan imaginasi. Day by day in every way – I am getting healthier and better, itulah pijakan self hypnosis untuk kesehatan.

Namun jika pikiran sadar Anda ragu maka antara imaginasi atau sugesti yang Anda inginkan konflik dengan pikiran sadar Anda. Meski menurut Coue kalau ada konflik antara kehendak pikiran sadar dengan imaginasi plus sugesti, imaginasi yang kuat dan sugesti yang adequate yang akan menang. Kenapa? Karena proporsi pikiran bawah sadar (88%) jauh lebih besar dari pada pikiran sadar yang hanya 12%. Nah hypnosis sebetulnya salah satu perannya adalah mensikronkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Sugesti hypnosis bisa diprogram oleh pikiran sadar untuk men-direct pikiran bawah sadar, bisa dengan cara direct dan in-direct suggestion. Bisa dilakukan oleh orang lain yang disebut hetero hypnosis atau hypnosis dan dilakukan sendiri atau self-hypnosis. Tulisan di sini hanya memberikan tips ringan melakukan self hypnosis untuk mencegah kerontokan rambut, yang asumsinya tidak ada masalah lain. Sebagai catatan kalau kerontokan rambut berkait dengan masalah lain seperti stress atau kelainan organic yang lain, tidak dibahas dalam tulisan ini. Kenapa? Karena kalau ada berbagai masalah lain yang menjadi akar dari kerontokan rambut, masalahnya harus digali, dan diperlukann hypnotherapist untuk melakukannya. Kecuali Anda menguasai hypnotherapy, self-hypnotherapy sederhana ini tidak bisa untuk mencari benang merah akar permasalahan.

Tip Self hypnotherapy untuk Mencegah Rambut Rontok
Ada tiga cara bisa dilakukan satu persatu atau boleh simultan ketiganya.
1. Waking Hypnosis – affirmasi
2. Visualisasi and touch healing
3. Relaksasi

Cara pertama, waking hypnosis adalah hipnosis yang dilakukan dengan mata terbuka. Caranya kita fokus pada suara batin yang kita “generate” bahwa “rambutku tumbuh sehat, kuat, dan sehat”, dan diulang terus menerus. Cara ini bisa dilakukan saat mandi sewaktu mengguyur rambut atau menggunakan shower. Lalu rasakan dan boleh ditambahkan dalam hati, air yang mengalir di sela sela rambut membuat rambutku subur, kuat dan sehat. Setiap semburan air membuat rambutku kuat sehat. Resepnya diulang terus menerus.

Anda juga boleh melakukan afirmasi, yaitu mengucapkan kata-kata yang menguatkan kehendak anda dengan berulang-ulang. Afirmasi yang efektif dilakukan dengan penuh emosi. Kenapa harus emosi? Karena dengan emosi, gerbang bawah sadar kita yang berupa RAS (Reticulum Activating System) membuka sehingga kita bisa mengakses pikiran bawah sadar kita. Sama seperti waking hypnosis, Anda ucapkan dengan kata yang sama berulang-ulang. Kata-kata yang diucapakan bisa sama, tetapi boleh juga ditambahkan, seperti wahai rambut aku mencintaimu, wahai rambut aku menyanyangimu.

Catatan: kekuatan kata-kata memang sudah banyak diketahui dan punya power luar biasa (Yvonne Oswalt, 2008). Dalam workshop saya juga ada percobaan bagaimana efek kata-kata terhadap tenaga peserta. Di sana peserta bisa membuktikan, bahwa bagaimana kata-kata negatif membuat orang lemah, dan sebaliknya kata-kata positif bisa memperkuat orang. Kata-kata punya power terhadap tubuh.

Cara kedua adalah Visualisasi dan Touch Healing. Caranya bisa tutup mata atau membuka mata, terserah, namun visualisasikan bahwa rambut Anda tumbuh kuat, tebal, dan sehat. Bayangkan Anda memerintahkan batok kepala dan akar-akar rambut bersinergi untuk kekuatan rambut Anda. Akan lebih baik jika dibarengi rileksasi. Sambil melakukan visualisasi kita bisa melakukan sentuhan tapak tangan ke rambut kita. Sentuhkan kedua tapak tangan anda selama 10-20 menit ke rambut Anda dan rasakan getaran halus, atau rasa hangat–dingin yang mengalir dari kedua tapak tangan Anda. Ini baik untuk sirkulasi energi di seluruh kepala Anda. (Tentang healing touch akan saya jelaskan dalam tulisan lain).

Cara ketiga, Relaksasi. Caranya adalah ambil posisi bersandar sesantai mungkin. Suasana bisa ditambah dengan iringan musik hypnotic yang akan membantu Anda untuk rileks. Kemudian tutup mata Anda, perintahkan dan rasakan dahi semakin rileks, kelopak mata rileks, pipi rileks, dan seluruh wajah rileks. Katakan dalam hati, seluruh wajah dan kepalaku menjadi rileks … sangat rileks … dan lebih rileks. Dan aku merasa gelombang rileksasi merambat ke leher dan sekaligus mengusir rasa penat dan ketengangan. Karena setiap tarikan nafasku mengirim seluruh tubuhku dari leher terus ke dada semakin rileks. Bahu dan punggungku semakin rileks … rileks menjalar ke sekujur tubuhku. Aku merasakan kerileksan dari ujung kepala hingga kaki.

Lalu perdalam rileksasi anda dengan menghitung dari 7 hingga 1, dan katakan dalam hati, setiap hitungan membuat seluruh tubuhku jauh lebih rileks enam kali lebih … lima jauh lebih rileks … empat, tiga, dua dan satu aku masuk rileksasi yang dalam.

Lalu berikan sugesti kepada rambut Anda, wahai rambut … aku mencintaimu, tumbuhlah sehat, kuat, dan tebal seiring dengan tarikan nafasku. Lakukan sugesti berulang-ulang, boleh divariasi. Dan kesehatan fisik dan mentalku membuat seluruh rambutku tumbuh lebat, kuat, dan sehat sesuai dengan kebaikan tertinggi dan akar budiku. Aku bahagia dengan rambut kokoh tebal dan sehat.

Setelah selesai dengan pemberian sugesti, hitung satu … kesadaranku semakin meningkat naik dan tubuhku lebih segar. Dua … aku mempersiapkan diriku bangun dan sugesti itu efektif untuk kesehatanku. Tiga … aku membuka mata dengan keadaan sangat segar.

Sebagai catatan: Pertama, Anda tidak boleh menggunakan sugesti dengan kata kata negatif seperti tidak, jangan, atau tidak boleh. Contoh sugesti yang salah tiap hari rambutku tidak akan rontok lagi.

Kedua, ketika Anda melakukan relaksasi, mungkin mata Anda akan berat sehingga pada beberapa orang malah sulit membuka kelopak mata atau menggerakkan anggota tubuh. Tidak usah kuatir, itu malah bagus. Itu berarti tubuh Anda sudah sangat rileks. Sensasi lain ketika melakukan rileksasi, Anda akan merasa sensasi mengambang, berat, suara makin jauh atau malah jelas, atau gambaran warna warni. Itu semua pertanda Anda sudah masuk relakasasi dalam. Atau mungkin Anda tidak merasa apa apa, tidak juga masalah lakukan saja terus menerus.

Ketiga, lakukan pengulangan terus menerus, karena pengulangan adalah ibu seluruh pengetahuan “repetitio es Mater Scienciarum”. Sebetulnya proses satu, dua, tiga adalah proses pembelajaran bagi pikiran bawah sadar untuk meng-generate tubuh.

Oke para pembaca. Segera lakukan, baik yang pertama, kedua, atau ketiga. Karena sekarang ini bukan jamannya knowledge is power lagi, karena pengetahuan tanpa dipraktekkan bukan kekuatan lagi. Knowledge is power if you to imply this knowledge,/i>. Segera praktekkan.

Perhatian: JANGAN PRAKTEKAN tip ini kecuali Anda ingin diri Anda 10 tahun jauh lebih muda.

* Yus Santos, MM CCHT. Certifiet Clinical Hypnotherapist, member American Hypnosis Association dan alumni TICHER USA. Telah memberikan training hypnotherapy lebih dari 97 batch di seluruh kota besar. Jika menginginkan training hypnotherapy bisa menghubungi www.proaktif.biz

Telah di baca sebanyak: 2379
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *