enterpreneur
Andrew Ho Kolom Bersama Kolomnis

Semangat Wirausaha

Sungguh menyenangkan membaca kisah tentang kesuksesan pebisnis profesional. Dari kisah hidup mereka kita akan memahami bahwa membesarkan sebuah bisnis itu tidak dapat dilakukan dalam semalam. Perjalanan mereka menuju kesuksesan pasti melewati proses yang diwarnai dengan tantangan dan kegagalan. Tetapi mereka mampu bangkit sekali lagi dan lagi.

Dari kisah hidup mereka dan pengalaman pribadi, saya merasa bahwa keputusan untuk menerjuni wirausaha harus disertai dengan semangat berbisnis, disamping bersikap jujur, sabar, disiplin, dan tekun bekerja. Hasil awal yang bagus tentu memacu semangat Anda untuk berusaha dengan lebih baik lagi. Kalaupun hasil awal tidak sesuai harapan, Anda harus tetap memacu semangat wirausaha. Ingat bahwa pebisnis sukses adalah mereka yang mampu bangkit lagi walaupun berkali-kali terjatuh.

Semangat wirausaha mungkin sulit dijelaskan terperinci, tetapi semangat wirausaha memiliki beberapa ciri khusus. Semangat kewirausahaan sering dikaitkan dengan dunia bisnis dan tidak selalu melekat pada pebisnis sukses. Coba teliti apakah 8 hal di bawah ini melekat dalam diri Anda? Jika ya, berarti Anda memiliki semangat wirausaha yang sangat bermanfaat untuk membangun bisnis dan sukses di masa depan.

1. Keunikan.
Semangat wirausaha ditandai dengan kemampuan menghasilkan ide-ide unik, orisinil, dan cerdas. Orang-orang yang memiliki semangat wirausaha akan dengan cerdas menemukan peluang dalam setiap kesempatan. Selain itu, ia memiliki cara-cara yang cerdik untuk mewujudkannya. Seorang diantaranya adalah Steve Jobs. Selain menciptakan IPOD Apple yang canggih, ia juga menerapkan pola pemasaran modern dengan memanfaatkan teknologi komunikasi sehingga produk-produknya cepat diserap pasar.

2. Kreatifitas.
Orang yang memiliki semangat kewirausahaan cenderung lebih kreatif menciptakan peluang dan produk-produk unik serta sarat manfaat. Mereka kreatif karena secara aktif belajar dan mengadopsi tehnik-tehnik baru untuk menciptakan kemajuan. Disamping kreatif, mereka juga pantang menyerah walaupun harus menghadapi tantangan maupun diejek dan dianggap aneh ketika memperkenalkan ide-ide maupun produk kreatif mereka kepada orang lain.

3. Keberanian menghadapi resiko.
Orang-orang yang memiliki semangat wirausaha memiliki keberanian yang luar biasa dalam menghadapi resiko. Resiko yang mereka hadapi sangat tinggi karena pendekatan-pendekatan yang mereka lakukan sesuai dengan perubahan yang cepat. Walaupun berani menghadapi resiko, mereka mahir memperhitungkan risiko dan tidak ceroboh.

4. Keamanan berbisnis.
Seorang pebisnis yang memiliki semangat wirausaha sangat terampil dalam melihat ceruk usaha yang dapat menghasilkan keuntungan dengan resiko minimal. Keberanian dalam melangkah selalu mereka imbangi dengan keahlian yang mereka butuhkan untuk menghadapi tantangan dan meningkatkan kepercayaan diri.

5. Mengembangkan potensi.
Orang-orang yang memiliki semangat wirausaha pandai menemukan solusi yang tepat untuk masalah bisnis yang berbeda-beda. Hal itu dikarenakan mereka selalu dinamis dan aktif mengembangkan potensi yang mereka miliki. Mereka tidak pernah mengandalkan pola lama yang terbukti sukses di masa lalu, tetapi belum tentu sukses dengan dinamika sekarang. Semangat wirausaha akan terus melakukan perbahan dan terobosan baru agar bisnisnya bergerak maju.

6. Terbuka terhadap masukan dan beradaptasi.
Semangat kewirausahaan terlihat ditandai oleh sikap pebisnis yang terbuka terhadap masukan dan selalu beradaptasi dalam setiap perubahan. Keterbukaan menerima masukan dan belajar akan membuat pebisnis memiliki wawasan yang lebih luas dan belajar hal-hal penting tentang produk maupun diri sendiri. Sikap yang terbuka akan memudahkan seseorang beradaptasi dan melakukan perubahan agar selalu eksis. Mereka bahkan sanggup memanfaatkan perubahan untuk mempercepat pengembangan bisnisnya.

7. Delegasi pekerjaan.
Semangat kewirausahaan ditandai dengan kemampuan memanajemen dan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain. Manajemen dan delegasi pekerjaan akan memungkinkan pebisnis mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting dan memberikan lebih banyak keuntungan. Semangat kewirausahaan sejati akan lebih fokus untuk menciptakan kreatifitas dan perubahan untuk mengembangkan bisnis dan jaringan.

8. Ciptakan Pengingat
Semangat wirausaha tidak selalu berkobar, khususnya ketika menghadapi hari-hari terberat yang sarat tantangan. Seorang pebisnis sejati pasti memiliki pengingat agar selalu ingat terhadap tujuan dan semangatnya berkobar kembali. Oleh sebab itu, ciptakan pengingat yang membuat Anda selalu terkoneksi dengan tujuan yang Anda impikan.

Banyak sekali pebisnis di muka bumi ini, tetapi hanya sedikit dari mereka yang sukses. Sebagian besar pebisnis gagal karena tidak mampu bangkit lagi ketika menghadapi tantangan berat. Satu hal yang terpenting dalam mengembangkan usaha dan sukses berbisnis adalah semangat dan usaha untuk bangkit sekali lagi dan lagi. Maka pastikan kesuksesan Anda di masa datang dengan mengobarkan semangat wirausaha dan bekerja sesuai dengan tujuan dan rencana kerja yang sudah Anda tetapkan.

 

*Andrew Ho adalah seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku best
seller.Kunjungi websitenya di : www.andrewho-uol.com

Telah di baca sebanyak: 3483
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *