Eni Kusuma

Sukses dengan Pelayanan dan “Public Relations” yang Baik

“Memberi lebih kepada orang lain akan membuatmu kaya dikemudian hari. Memberi kontribusi untuk orang lain, kamu akan mendapatkan balasannya.”
~ Lao Zi

Hidup dengan pelayanan dan pengabdian yang tulus sehingga kita menjadi luar biasa dan keluar sebagai pemenang! Anehnya, kita terlalu terburu-buru ingin menikmati hasil-hasil segera secara instan. Yang terkadang lupa akan keuntungan jangka panjang. Ibarat ingin memetik buah yang pohonnya baru ditanam kemarin.

Banyak diantara kita yang tidak sabar dalam menghadapi segala hal. Mulai dari menghadapi pelanggan, tantangan, atau proses menuju tujuan. Mudah emosi dan bertindak ceroboh adalah hal yang bisa menutup jalur-jalur sukses kita sebagai pemenang.

Ada sebuah kisah dari negeri China yang bisa kita jadikan pelajaran. Wang Mou, pemilik toko sutera dan satin Dong Hua yang terkenal di Hua Dong pada jaman dinasti Qing, dulu hanyalah seorang pedagang kaki lima yang berjualan sutera dan satin di pinggir jalan. Karena pelayanannya kepada para pelanggan baik, maka dagangannya sangat laris. Akibat pelayanan yang baik itu pulalah ia mendapat modal dari salah seorang pelanggan yang kaya untuk membuka toko sutera dan satin. Pelayanan yang baik dan memuaskan telah menjadikan tokonya sangat terkenal.

Sampai akhirnya, kemahsyuran toko Wang Mou sampai ke telinga rajanya. Sehingga sang raja tertarik untuk menawari modal kepada Wang Mou untuk mendirikan pabrik sutera dan satin. Sehingga kini, semakin mahsyur saja Wang Mou dengan pabrik dan tokonya. Sementara itu ada dua orang pegawai kerajaan yang cemburu atas keberuntungan Wang Mou. Mereka merencanakan sesuatu untuk menjatuhkan Wang Mou. Mereka diam-diam memasukkan kain satin lama diantara satin baru, pesanan seorang pelanggan yang sangat berpengaruh. Akibatnya, pelanggan tersebut merasa ditipu oleh Wang Mou. Tetapi Wang Mou tetap santun dan berkepala dingin. Wang mou meminta maaf atas kesalahan yang tidak ia perbuat. Ia juga memberi ganti rugi untuk melegakan perasaan pelanggannya itu. Pelayanan yang baik Wang Mou tersebar dari mulut ke mulut. Dan itu membuatnya semakin terkenal. Ia mengerti betul keuntungan jangka panjang. Modal tak selamanya berbentuk uang. Ia sudah membuktikan sendiri bahwa modalnya adalah pelayanan dan public relation yang baik. Ini seperti magnet yang membawanya kepada keberuntungan.

So, hidup dengan pelayanan dan pengabdian yang baik dan tulus akan membawa kita kepada kesuksesan. Dan itu bisa dilakukan dengan kesabaran dan kepribadian yang baik. Sifat instan, terburu-buru, ceroboh, gampang emosi,gampang menyerah, justru akan menjegal langkah-langkah kita dan menutupjalur-jalur sukses kita. Mengejar keuntungan jangka pendek akan menjadi bumerang bagi kita di masa yang akan datang.

Formula dari kisah di atas bisa kita adopsi untuk kemudian kita praktekkan dan “Make our businesses a success” di segala bidang!

Bagaimana pendapat Anda? [*]

Telah di baca sebanyak: 2625
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *