Emmy Liana Dewi

Superfood: Seabreg Khasiat dari Buah Goji

Kalau Anda pernah minum jamu godog ala cina dari seorang sinshe, maka dalam ramuan yang terdiri dari lebih dari 10 macam herbal Anda akan menemukan buah kering kecil dan pipih berwarnah merah terang. Buah kering tersebut biasa disebut buah goji. Buah goji (Lycium barbarum L.), dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama kechi, adalah tanaman jenis beri-berian, termasuk tanaman malam (Solanaceae) seperti tanaman tomat, kentang, cabai, dan terung. Buah goji yang berasal dari negara China mirip buah tomat cherry (tomat mini) dan rasanya manis. Di negara asalnya, buah goji banyak dibudidayakan di daerah Ningxia maupun di daerah lainnya, dipanen sekitar bulan Juli hingga September. Buah goji yang berasal dari Ningxia dikenal memiliki kandungan anti oksidan yang tertinggi di banding buah goji yang ditanam di daerah lainnya.

Buah goji yang dalam bahasa Mandarinnya: Gou qi zi, yang mempunyai arti: ‘wolf’+ ‘energy’+ ‘berry’ sejak 2000 tahun yang lalu telah dibudidayakan dan dipakai sebagai tanaman obat di China. Buah goji dimasukkan dalam kategori: superfood yaitu jenis makanan yang juga bisa mengobati, termasuk juga ginseng dan Ling Zhi. Buah goji merupakan salah satu yang memberi nilai ekonomi yang cukup berarti bagi produk ekspor dari China ke Amerika Serikat dan Eropa. Di Amerika Serikat dan Eropa, buah goji dibuat jus, herbal tea, buah kering (dimakan seperti kismis atau ditaburkan di atas salads, untuk campuran cake, dll).

Pada tahun 2004, tren minum jus buah goji sebagai minuman kesehatan mengalami booming, dan ramai dipasarkan lewat internet dengan iklan segudang manfaat dari mengasup jus merah buah goji: awet muda, meningkatkan daya imun, meningkatkan penglihatan, antiviral, aphrodisia, menambah energi, meringankan masalah jantung, mengatasai kelelahan, dll. (Dr. Paul Gross).

Kandungan Buah Goji
Buah goji merupakan sumber penting dari nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh kita, termasuknya adalah karbohidrat (68%), protein (12%), lemak sehat dan serat makanan (10%), tetapi mengandung indek glikemik rendah. Memberikan 370 kalori/100 gram. Dibandingkan dengan kandungan nutrisi makro di antara bahan pangan lainnya, buah goji merupakan sumber pangan yang paling lengkap. Kedelai (173 kalori) yang dikenal mempunyai kandungan nutrisi makro yang lengkap masih kalah dibandingkan dengan kandungan nutri makro dari buah goji. Buah blueberry yang tinggi anti oksidannya, namun nutrisi makronya tidak setinggi buah goji.

Biji buah goji mempunyai manfaat yang tinggi, mengandung lemak polyunsaturated seperti linoleic acid (omega-6) dan linolenic acid (omega-3). Selain itu buah goji mengandung: -kalsium, potassium, zat besi, zinc, selenium, Riboflavin, Vitamin C dan kandungan anti oksidannya termasuk tinggi sehingga membuat yang sering mengasupnya akan awet muda.Buah goji mengandung 4 zat polysaccharide yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, dan melindungi jantung. Kandungan asam aminonya meningkatkan hormon pertumbuhan dari kelenjar pituary.

Manfaat Buah Goji
Berikut ini manfaat seabreg dari buah goji, dari meningkatkan daya imun, menyehatkan fungsi organ hati, meningkatkan penglihatan, melindungi jantung .
(sumber: health.learninginfo.org/wolfberries.htm):

– Meningkatkan Sistem Imun Tubuh: Sistem imun dalam tubuh manusia diciptakan oleh polysaccharides (glycoproteins). Kandungannya adalah protein yang membutuhkan ‘zat gula baik’ (gula putih/zat gula jahat menurunkan daya pertahanan tubuh manusia, tetapi ‘gula baik’ sebaliknya meningkatkan daya pertahanan tubuh kita). Buah goji, menghasilkan zat gula yang baik. Sehingga sering mengasup buah goji akan meningkatkan daya pertahanan tubuh kita disamping menambah energi pada tubuh kita.

-Melindungi dari Penyakit Jantung: Stress, tekanan darah tinggi, peradangan, tingginya zat gula dalam darah, tingginya reaksi protein merupakan penyebab utama pada penyakit jantung. Buah goji menurunkan kadar triglyceride dan kolestrol sampai 80%, menurunkan faktor peradangan, memperlambat kerusakan oksidasi terhadap kolestrol LDL (kolestrol baik), menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kekentalan darah, dan bisa bereaksi seperti warfarin dan aspirin (mengencerkan darah). Sehingga mengasup buah goji bisa membantu masalah jantung.

-Menghindari dari Penyakit Kanker: Buah goji melindungi DNA. Sehingga buah goji bisa melawan kanker dan penuaan dini dengan jalan:

-Memaksimalkan pembuangan racun dari organ hati.

-Meningkatkan daya imun tubuh (kandungan polysaccharides yang meningkatkan daya imun tubuh yang bisa membunuh sel yang bermutasi atau kanker).

-Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan DNA dan mutasi DNA dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

-Meningkatkan Kesehatan Organ Hati: Buah goji mengembalikan kadar glutathione. Salah satu prediksi yang bisa dipercaya dari harapan hidup yang panjang adalah tingkat kesehatan organ hati. Glutathione paling banyak terdapat di organ hati daripada organ lainnya sehubungan dengan peran pentingnya dalam membuang racun (detoxifying) radikal bebas di dalam tubuh kita. Sebagai agen anti oksidan yang sangat berpengaruh, buah goji mempunyai kualitas yang penting dalam peran melindungi organ hati dengan cara mengembalikan kadar glutathione, bahkan dalam mengatasi masalah kerusakan yang disebabkan oleh hepatitis.

-Meningkatkan Daya Penglihatan: Buah goji mengandung Lutein dan Zeaxanthin dua zat penting untuk penglihatan kita. Melalui perpaduan mineral dan caretonoid, buah goji dari Ningxia memberikan perlindungan yang significant terhadap penurunan terhadap penglihatan yang disebabkan oleh bertambahnya faktor usia. Percobaan terhadap tikus dengan masalah diabetes yang diberi 1 gram buah goji setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan lipid peroxides pada retina mereka sebanyak 20% dan kadar anti oksidan SOD mereka naik 80% lebih.

-Masalah Diabetes: Kandungan Polysaccharides membantu sel-sel dalam tubuh saling berkomunikasi. Seperti yang kita ketahui bahwa mengasup makanan yang tepat dapat mempengaruhi pengendalian kadar gula dalam darah dan kesehatan kita daripada insulin atau obat-obatan yang menurunkan kadar gula dalam darah, misalnya sulfonylureas. Sebuah riset mutakhir menunjukkan bahwa buah goji mengandung komponen bioaktive yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa menurunkan resiko komplikasi yang diakibatkan oleh masalah diabetes. Selain itu indek glikemik pada buah goji sangat rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Harap diperhatikan, bagi yang mengalami diabetes, tetaplah untuk mengasup obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan selalu dalam pengawasan dokter Anda.

Pengobatan dengan Ramuan Cina
Bila kita melihat dengan seksama ramuan jamu cina, rata-rata setiap ramuan mempunyai kandungan buah goji di antara sekian banyak herbal yang ditimbang dengan teliti. Memang, dalam penyembuhan dengan ramuan cina, buah goji mempunyai peran penting, yaitu sebagai berikut:

-Energi dan rasanya digolongkan: netral dan manis
-Afinitas: lever, paru-paru dan ginjal, menguatkan darah.
-Dan biasanya digunakan untuk: meredakan anemia, mata kering, pusing-pusing, pandangan kabur, dan sensitif terhadap cahaya, rabun senja, mata yang lemah, impoten, emisi malam hari, tuberkulosisi, punggung, lutut dan kaki sakit.
-Dosis rebusan jamu: 6 sampai dengan 18 gram.
-Perhatian: Dalam pengobatan dengan ramuan cina, buah goji tidak dianjurkan bila panas berlebih atau diare. (Penyembuhan Dengan Ramuan Cina, Lesley Tierra).

Buah Goji lebih banyak dipasarkan dalam bentuk buah kering dan di Indonesia mudah di dapat di toko obat cina atau pasar swalayan dalam kemasan setengah kilo dengan nama wolfberries. Di Indonesia orang memakai buah goji untuk teh herbal: 1 sendok teh penuh buah goji direbus bersama 5 buah red jujube/angcho/kurma cina merah dengan segelas air sampai mendidih: untuk tambah darah, energi, atau meningkatkan penglihatan. Juga dimasak bersama sup dan beberapa masakan lainnya. Caranya menambahkan sekitar satu sendok teh untuk satu porsi sup ayam (bisa dilebihkan takarannya) bersama beberapa buah angch. Buah goji juga enak dimakan sebagai snek sehat (dicampur dengan kismis dan kacang walnut) dan juga sebagai pemanis yogurt, dengan jalan mencampur buah goji kering yang telah direndam dengan air panas. Atau ditaburkan di atas salads, dicampur untuk brownies, Atau direndam semalam dalam kulkas, lalu dilembutkan di blender, saring dan Anda mendapatkan jus yang nikmat penuh khasiat. Jus buah goji bisa langsung dirasakan manfaatnya yaitu langsung bisa menambah energi dan mengurangi rasa letih. Jus buah goji ini sekarang di jual dengan sistem MLM melalui internet dengan harga 4 botol besar US$. 166,95. Anda bisa membuat sendiri dengan membeli buah keringnya di toko bahan pangan di kawasan pecinan dengan harga sangat murah. Harga di Pekanbaru Rp. 50,000,-/500 gram (harga awal Feb. 2009). Bisa dibuat lebih dari 10 gelas jus buah goji.

Catatan: Bila Anda sedang panas dalam, konstipasi disertai panas berlebih, sariawan, demam, maupun diare, untuk sementara waktu tidak dianjurkan mengasup buah goji.

*) Emmy Liana Dewi, Alumnus Workshop “Cara Cerdas Menulis Buku Best-Seller”. Ibu Rumah tangga, pemerhati masalah pendidikan, dan kesehatan holistik ini dapat dihubungi langsung di esuhendro@yahoo.com

Telah di baca sebanyak: 38170
admin
Admin Pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *