Training Motivasi – Pelatihan Menulis – Training for Trainer – Publik Speaking – Andrias HarefaNews FeedTraining Motivasi – Pelatihan Menulis – Training for Trainer – Publik Speaking – Andrias HarefaComments Subscribe to Training Motivasi – Pelatihan Menulis – Training for Trainer – Publik Speaking – Andrias HarefaSitemap

Yang Muda Yang Berwirausaha

August 16, 2010 by  
Filed under Kolom Bersama

Oleh: Pratama Puji

Perjalanan 1000 langkah selalu dimulai dari langkah pertama, kalo tidak berani melangkah dari sekarang, kapan lagi ? Action saja (Mas Mono)

Tulisan di atas selalu saya ingat terus sepanjang hari, setelah saya mengikuti Seminar Entrepreur University Rabu (21/7) kemarin. Kebetulan yang mengisi acara tersebut adalah Mas Mono, pemilik waralaba Ayam Bakar Mas Mono yang sudah terkenal di Jakarta. Mas Mono berkisah pada awal perjalanannya tahun 2001 yang bekerja sebagai Office Boy (OB) di salah satu perusahaan di Jakarta, karena ingin maju dia membuat surat “memajukan diri” (bukan pengunduran diri) dan berjualan gorengan, setelah itu mencoba peruntungan dengan berjualan nasi uduk pada pagi hari dan ayam goreng kalasan pada siang harinya. Suatu hari, Mas Mono mendapat omset sangat tinggi karena berhasil menghabiskan 80 ekor ayam, namun keesokan harinya usaha tersebut digusur. Berawal dari situlah, Mas Mono berpindah tempat di daerah Tebet, dan membuka cabang. Usaha yang menggurita itu kini mempunyai brand “Ayam Bakar Mas Mono”. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, nama Mas Mono tentu sudah tidak asing lagi.

Di Jakarta ada Mas Mono, dari Surabaya ada ada Hendy Setiono, pemilik Waralaba “Kebab Turki Baba Rafi”. Di usianya yang tahun ini baru menginjak 27 tahun, Hendy berhasil mengembangkan usaha yang dirintisnya 4 tahun lalu menjadi sangat fenomenal sekali, tercatat sekitar 600 outlet dan gerai “Baba Rafi” eksis di berbagai penjuru negeri. Setelah Baba Rafi, kini lahir adiknya yaitu Piramizza dan Roti Maryam. Berbagai prestasi baik dari dalam dan luar negeri telah dia dapatkan. Bagi saya, 2 orang Entrepreneur Muda ini adalah Inspirasi Luar Biasa untuk membangun usaha. Ketika ada niat dan konsisten, yang Maha Kuasa pasti memberi jalan. Saya sangat percaya itu.

Kalau kita amati, berapa banyak dari sekian ratus juta penduduk Indonesia yang terjun ke dunia usaha? Data yang saya dapat dan sering disebutkan di berbagai forum atau seminar, ”hanya” 0,08% dari 200 juta lebih penduduk Indonesia yang berwirausaha. Sedikit sekali rupanya, di Asia angka tersebut termasuk yang paling rendah. Sangat jauh dari Singapura yang 5% lebih. Oleh karena itu, Singapura cepat sekali berubah wajahnya dari negara berkembang menjadi negara maju karena syarat suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju apabila ”minimal” 2% dari penduduknya adalah pengusaha.

Jadi masih ada sekitar 4 juta lowongan kerja menjadi wirausaha, siapa tertarik? Tidak seperti lowongan kerja yang dipajang di headline media seperti Kompas, Sindo, dan yang lainnya. Lowongan ini tidak mempunyai banyak syarat. Tidak perlu menjadi sarjana terlebih dahulu. Banyak sekali pengusaha sukses Indonesia yang sekolahnya S3 (SD, SMP, SMU). Pak Purdi E.Chandra dan Andrie Wongso contohnya. Hayoo siapa yang tertarik jadi pengusaha angkat tangan?

Menjadi seorang wirausaha bagi kebanyakan orang merupakan pilihan sulit, itu yang saya lihat. Ketika bertemu teman atau saudara, pertama kali yang ditanyakan adalah ”Sekarang bekerja di mana?”, mungkin itulah salah satu penyebab kenapa orang berlomba-lomba menjadi seorang pegawai atau karyawan, hal ini juga saya rasakan setelah lulus kuliah. Tidak ada pikiran mau membuka usaha apa, yang ada hanyalah membuat lamaran kerja, kirim sana sini, menunggu panggilan, interview dan bla, bla, bla. Job Fair selalu penuh, antriannya berjubel sekali seperti orang yang antri beras. Itu juga saya alami sendiri setahun kemarin.

Pengalaman selalu memberi hikmah tersendiri, dan setelah menjadi seorang pegawai seperti sekarang ini, saya justru mendapat pencerahan untuk memulai terjun ke dunia usaha. Sayang kalau seumur hidup, kita jadi orang yang gajian, begitu pak Valentino Dinsi pernah bilang. Sekali-kali kita menggaji orang dan membuka lapangan usaha bagi banyak orang atau masyarakat sekitar kita. Bukankan pengangguran sudah semakin parah saat ini? Bekerja dan Berwirausaha, biar seimbang antara otak kiri dan otak kanan. Begitulah motivasi yang ada di benak saya sekarang.

Berwirausaha adalah suatu hal yang mulia, bahkan panutan kita sampai akhir zaman Rasulullah Muhammad SAW adalah seorang Pengusaha Sukses dan Amanah. Beliau memulai usaha di usia remaja. Kalau Rasul kita saja seorang pengusaha dan saudagar kaya, apakah kita tidak tertarik untuk mengikutinya? Kalau tidak memulai dari sekarang, kapan lagi? Niat Positif dan Action Saja. Yang Muda, yang Berwirausaha. SOS, Salam Optimis Selalu!!!

Semoga bermanfaat tulisan ini. Mohon Maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan.

*) Pratama Puji Widiyanto lahir di Pekalongan, 2 Agustus 1988. Alumni S1 Ekonomi Akuntansi dari UNSOED Purwokerto ini punya hobi berorganisasi, sepakbola, membaca, menulis, silaturahmi dan ”belajar” dari pengalaman hidup sehari-hari. Sewaktu kuliah pernah mendapat amanah sebagai Ketua Umum HMJA FE UNSOED 2008/2009. Saat ini bekerja sebagai Penata Keuangan di Satpol PP Kota Pekalongan, berwirausaha batik dan tas laptop, serta bergabung di Komunitas Entrepreneur University. CP: pratamapuji.widiyanto@gmail.com – 085 6260 4580.

Telah di baca sebanyak: 479

Rating This Post

Comments

4 Responses to “Yang Muda Yang Berwirausaha”

  1. Mukhrisotun Khasanah on March 1st, 2011 2:36 pm

    Mumpung masih muda kita berwirausaha, 0ptimis nkita pasti bisa walaupun mengalami kegagalan. terima kasih untuk tulisannya semoga bisa menginspirasi kita semua. Aminnnn……

  2. Program kasir murah on March 9th, 2011 8:37 am

    sangat menginspirasi……. terimakasih dah sharing

  3. Musikbuku Jadoel Shop on March 17th, 2011 10:06 am

    Ayo berwirausaha selagi muda….yang masih malu berjualan, bisa kok jualan lewat online terlebih dahulu….ingat penduduk indonesia 200 Juta dari sabang sampai merauke, saudara -saudara kita jauh disana banyak yang tidak tersentuh jalur distribusi berbagai macam barang….sedangkan penetrasi operator jaringan hp dengan internetnya sudah sampai pelosok……bisa ngobrol ngobrol dengan saya seputar jualan online di yames : dkrist03@yahoo.com…salam sukses

  4. elka maulana,biasa dipanggil el on March 21st, 2011 12:12 pm

    assalamualaikum

    mas saya lagi bingung untuk berwirausaha,karena apa karena saya bingung apa yang saya usaha kan di kota jambi ini

    karena saya tinggal di kota jambi mas,nah sedangkan saya sudah ada konsep untuk berwirausaha
    konsep 1 saya didunia fotografi
    2 dimakanan mas

    mohon bantuannya mas,saya bingung gimana usaha saya bisa banyak konsumen dan pelanggan nya

Feel free to leave a comment...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!





Top